Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mudahnya Syarat Pinjam Uang di Bank Bagi Ibu Rumah Tangga

by lhmdi on 24 November, 2016

izin usaha - CekAja.com

Tidak semua syarat pinjaman uang di bank itu mudah. Hal ini yang mungkin sering muncul di benak para calon debitur. Hal ini pun juga berlaku bagi Ibu rumah tangga.

Apalagi, jika perannya ditambah untuk mengatur keuangan bagi seluruh anggota keluarga. Kurang atau lebih, tidak jarang Ibu rumah tangga menjadi solusi bagi permasalahan dengan keuangan keluarga.

Jika ini terjadi meminjam uang di bank bisa menjadi solusinya. Kebutuhannya pun bermacam-macam mulai dari memperbaiki rumah, pendidikan anak, biaya kesehatan keluarga, hingga membuat bisnis ibu rumah tangga untuk kembali meningkatkan keuangan keluarga.

Namun, dibalik semua itu, Ibu rumah tangga yang memiliki kendala tertentu ketika ingin membuat pengajuan peminjaman uang. Namun, bagi seorang Ibu rumah tangga, syarat pinjam uang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah.

Sebagai tahap awal, perlu dipersiapkan beberapa persyaratan umum dari pengajuan pinjaman.

  • Siapkan identitas diri berupa kartu tanda penduduk dan salinannya.
  • Menunjukkan bukti kartu tanda penduduk dari suami, agar pihak bank mengetahui bahwa pinjaman diketahui oleh pihak keluarga yang lain.
  • Salinan akta nikah yang bertujuan agar mengetahui apakah ada barang atau harta yang digunakan untuk jaminan.
  • Siapkan juga jaminan salinan kartu keluarga dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada anggota keluarga atau anak yang menjadi tanggungan.
  • Siapkan juga buku tabungan yang sudah difoto kopi untuk mengetahui arus kas tabungan dalam tiga  bulan terakhir. Dari sini, sebuah bank akan melihat kemampuan keuangan calon nasabah yang akan meminjam uang apakah akan menyetujui permintaan pinjaman atau tidak.

Tentunya beberapa persyaratan umum ini hanya syarat pinjam uang sementara yang bisa dilakukan oleh seorang Ibu rumah tangga. Jika masih ragu, maka Ibu rumah tangga bisa menanyakan kembali serta melihat secara detil persyaratan yang diberikan oleh pihak bank.

Banyak cara yang yang bisa dilakukan untuk hal ini. Salah satunya adalah datang ke bank yang bersangkutan serta bertanya seperti apakah persyaratan yang perlu dipersiapkan oleh seorang Ibu rumah tangga.

Selain itu, jika tidak punya banyak waktu yang cukup banyak untuk langsung datang ke bank seorang Ibu rumah tangga bisa memeriksa persyaratan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk meminjam uang bank secara online di situs-situs yang terpercaya.

Siasat Jitu Bagi Ibu Rumah Tangga

Tidak hanya perlu meyiapkan persyaratan, sebenarnya seorang Ibu rumah tangga punya strategi atau siasat tersendiri agar pinjaman yang diajukan dapat diterima pihak bank. Apa saja siasat yang perlu dipersiapkan? Ikuti penelusurannya berikut ini:

1. Saldo tabungan yang tersimpan

Seorang Ibu rumah tangga yang memiliki nominal saldo yang “sehat” biasanya akan mendapatkan pinjaman yang lebih mudah disetujui. Pihak bank akan melihat catatan-catatan saldo yang  dari tabungan.

Jika dirasa tepat, maka pihak bank akan dengan mudah menyetujui memberikan pinjaman.

2. Arus kas tabungan

Arus kas tabungan yang “hidup” juga bisa dijadikan andalan seorang Ibu rumah tangga saat melakukan pinjaman. Jika arus kas atau pemasukan dan pengeluaran di tabungan berjalan dengan normal, artinya tabungan yang dimiliki Ibu rumah tangga bisa menjadi celah bagi bank untuk memberikan pinjaman.

Bank tidak akan menghitung darimana sumber tabungan, namun ketika pengeluaran berjalan seimbang, maka seorang Ibu rumah tangga mendapatkan kesempatan untuk meminjam uang di bank melalui produk KTA atau kredit tanpa agunan.

Mudah kan syarat pinjam uang di bank bagi Ibu rumah tangga?

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami