Mudik Besok, Sudah Ada Sanksinya! Dirumah Aja Jaga Kesehatan Bersama Ciputra

3 min. membaca Oleh CekAja on

Larangan mudik mulai berlaku tegas per tanggal 7 Mei 2020 besok. Kamu yang selama ini masih berangan untuk mudik ke kampung, lebih baik diurungkan niatannya. Karena pemerintah mematiskan bakal mengenakan sanksi penuh kepada siapa saja yang berupaya untuk melakukan perjalanan mudik.

mudik lebaran 2018

Kementerian perhubungan (Kemenhub) selaku pihak penanggung jawab kebijakan berencana segera merilis Peraturan Menteri Perhubungan sebagai peraturan turunan dari arahan Presiden Joko Widodo.

Sejak mulai diberlakukannya larangan mudik pada tanggal 24 April lalu hingga kemarin 5 Mei 2020, terjadi 11 ribu-an pelanggaran.

Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, sebanyak 868 pelanggaran terjadi di jalur arteri.

Pihak Kepolisian sudah menempatkan 18 pos pengamanan terpadu yang disebar di 2 gerbang tol dan 16 jalan arteri.

Jika saat ini sanksi yang masih diberlakukan adalah putar balik, besok kamu yang masih berupaya kucing-kucingan untuk mudik bakal diganjar hukuman yang lebih berat.

Aturan mudik berlaku untuk semua moda transportasi. Baik itu pesawat terbang, kapal laut, kereta api, kendaraan pribadi dan juga sepeda motor. Semua yang bertujuan untuk pulang ke kampung halaman dilarang.

Hal itu dilakukan demi memutus rantai penyebaran virus novel corona alias Covid-19 yang belum juga menunjukkan tren penurunan.

Namun untuk menjaga pasokan bahan makanan dan bahan bakar, terdapat beberapa angkutan truk yang diperbolehkan untuk melintas antar wilayah.

Selain itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga memberikan pengecualian bagi perjalanan bisnis.

Hal itu tentunya harus dibuktikan dengan sejumlah underlying perjalanan. Nah berikut merupakan hukuman yang bakal kamu terima jika tetap kekeuh mudik.

(Baca juga: 5 Tips Bisnis Saat Gagal Mudik Agar Tetap Ada Pemasukan)

1. Kendaraan yang digunakan dikembalikan ke daerah asal

Sanksi ini merupakan sanksi paling ringan yang bisa diterima pemudik nekat. Kendaraan yang ditumpanginya akan diminta untuk putar balik dan Kembali ke daerah asal.

Jika kamu kucing-kucingan sekalipun, di pos terjauh kamu ternyata tertangkap maka kamu akan diminta untuk Kembali ke wilayah asal.

Sebelum adanya larangan mudik, sebanyak 700 ribu orang berhasil masuk ke wilayah Jawa Tengah. Tidak ingin kecolongan, Kepolisian menggelar operasi ketupat candi 2020 yang digelar lebih cepat dari biasanya.

Ternyata sudah ada 100 ribu orang pemudik yang masuk wilayah Jawa Tengah. Kepolisan bertindak tegas dengan memaksa pemudik tersebut untuk Kembali keluar Jawa Tengah dan kembali ke asal.

Jadi kamu jangan coba-coba melakukannya ya. Diam dirumah dan berdoa untuk keselamatan bersama.

Karena hal tersebut tidak hanya kamu yang mengalami, jutaan orang diluar sana juga tidak bisa pulang ke kampung halamannya saat Lebaran.

2. Pidana penjara

Sesuai dengan Undang – Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, di pasal 93 disebutkan bahwa sanksi terberat bagi pelanggar adalah pidana penjara maksimal 1 Tahun atau denda maksimal Rp100 juta.

Diambilnya payung hukum berupa UU Karantina cukup beralasan. Pasalnya larangan mudik ini merupakan kebijakan turunan dari peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sudah dijalankan oleh beberapa wilayah.

3. Penundaaan kenaikan gaji dan penurunan pangkat

Sedangkan untuk Aparat Sipil Negara (ASN) dan keluarga yang nekat pulang kampung, bisa diganjar hukuman berupa penundaan kenaikan gaji, penurunan pangkat dan teguran.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 11/SE/IV/2020 tentang Pedoman Penjatuhan Hukuman Disiplin bagi Aparatur Sipil Negara yang Melakukan Kegiatan Bepergian ke Luar daerah pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019

Namun ternyata masih ada sanksi berat yang siap diberikan ke ASN yang mangkreng ingin pulang kampung dan terbukti terjangkit covid-19.

Yakni berupa pencopotan jabaran, pemberhentian dengan hormat hingga pemberhentian dengan tidak hormat.

Bagaimana, jangan bandel ya. Ikuti aturan pemerintah. Karena bagaimanapun, aturan dibuat untuk menciptakan ketertiban umum. Sanksi mudik siap menghampiri  kamu nantinya.

Kalau sayang, jangan pulang. Biar Ciputra yang urus

Kalau kamu memang sayang dengan anggota keluarga di rumah. Jangan pulang kampungn. Karena dengan begitu, kamu ikut menjaga keluarga dirumah tetap dalam keadaan sehat. 

Karena namanya perjalanan panjang, kita tidak tahu apa-apa saja yang akan ditemui selama perjalanan. Apalagi dalam kondisi kepungan corona seperti sekarang.

Akan lebih baik jika kamu bisa memberikan ketenangan kepada keluarga dirumah dengan mendaftarkan mereka pada program proteksi Kesehatan Ciputra Life.

Jadi meskipun kamu tidak berada disana, kamu tetap bisa menjamin Kesehatan anggota keluarga di kampung tetap sehat dan terlindungi.

Preminya murah namun memilki pertanggungan yang tinggi. Akses CekAja.com dan temukan produk keuangan yang cocok dengan kebutuhanmu.

Tentang kami

CekAja

CekAja