Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mudik dengan Bus Bersama Balita? Simak Tipsnya Biar Tetap Nyaman!

by Teti Purwanti on 23 Mei, 2019

Kamu salah satu orang yang terimbas mahalnya harga tiket pesawat sehingga akhirnya mudik dengan bus? Padahal kamu harus tetap mudik dan membawa balita?

persiapan mudik _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Tenang, kamu masih bisa mudik dengan menggunakan bus meski harus memakan lebih banyak waktu dan juga tenaga. Apalagi kalau kamu pulang kampung dengan balita, persiapan kamu harus lebih lagi dibandingkan sebelum-sebelumnya. Simak beberapa tips agar perjalanan kamu dan si kecil nyaman.

Belikan satu tiket penuh untuk si kecil

Jangan mentang-mentang kamu mau berhemat kamu mengesampingkan kenyamanan. Jangan memaksakan memangku si kecil apalagi kalau perjalanan kamu antar kota antar provinsi alias AKAP. Apalagi kalau kamu mudik ke Sumatera, terbayang betapa pegalnya diri kamu dan si kecil.

Belikan satu tiket dan biarkan dia duduk sendirian. Selain untuk kemandiriannya, dia juga bisa mencari posisi ternyamannya selama di perjalanan. Usakan pula mencari bus yang memiliki tiga kursi.

Dengan begitu, si kecil masih mungkin untuk merebahkan diri meski kakinya berarti akan numpang di paha ibu dan bapaknya. Hal ini masih lebih nyaman dibandingkan dua kursi yang sangat tidak memungkinkan si kecil untuk merebahkan diri.

(Baca juga: Daftar Tarif Tol dan Jalur Mudik yang Bisa Kamu Pilih Tahun Ini)
Siapkan cemilan favorit dan kegiatan bermanfaat

Mudik dengan bus bisa memakan waktu lama, tentu si kecil akan mudah merasa bosan. Oleh karena itu, memberikan gadget saja bisa jadi belum cukup. Siapkan cemilan favoritnya dan kegiatan lain yang bermanfaat. 

Dibandingkan memberikannya gawai, lebih baik ajak si kecil bernyanyi atau mendengarkan dongeng sambil melihat pemandangan kota-kota kecil selama perjalanan. Usahakan pula, cemilan yang disiapkan adalah cemilan yang sehat seperti buah-buahan.

Hindari cemilan yang mengandung MSG dan membuat si kecil cepat haus serta berdampak sering kebelet pipis. Jangan pula memberikan makanan terlalu manis seperti permen, karena akan sulit bagi si kecil menggosok gigi sebelum tidur di perjalanan. 

Baju yang nyaman

Pilihlah baju yang nyaman untuk si kecil, termasuk kaos kaki dan perlengkapan lainnya. Apalagi kalau si kecil mudah berkeringat, akan sangat tidak nyaman baginya berjam-jam di dalam bus tanpa henti. Meski hanya di perjalanan, tidak ada salahnya tetap mengganti baju saat si kecil bangun tidur dan akan tidur. Hal ini akan sangat berguna untuk menjaga kesehatan anak-anak yang biasanya lebih sensitif.

Termasuk juga orang tua, meski sudah memiliki kursi sendiri, si kecil tentu lebih memilih untuk dipangku. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memakai baju yang nyaman dan tidak perlu memakai jeans ketat yang akan sangat tidak nyaman dipakai lebih dari 12 jam.

Pulang bersama orang yang dikenal si kecil

Biasanya para perantau di pulau Jawa punya perkumpulan warganya yang tengah berada di Jakarta dan menginisiasi untuk mudik bersama. Dibandingkan pulang hanya bersama keluarga inti, cara ini bisa mengurangi kebosanan selama di jalan.

Selain berinteraksi dengan orangtua, si kecil pun bisa berinteraksi dengan orang lain yang sudah dikenalnya, sehingga akan terasa lebih menyenangkan. Cara ini lebih aman daripada membiarkan si kecil berinteraksi dengan orang tak dikenal selama perjalanan. 

(Baca juga: Bawa Bayi Mudik dengan Mobil? Jangan Lupa Bawa Barang Ini)
Mintalah diputarkan lagu yang nyaman

Kita semua tentu tahu bukan kalau bus akan identik dengan lagu koplo sepanjang jalan perjalanan. Sayangnya, lagu-lagu seperti itu justru membuat tidak nyaman untuk tidur. Karena itu, mintalah supir untuk setidaknya menghentikan lagu hingga si kecil tidur terlelap. Si supir memang butuh terus terjaga selama perjalan. Akan tetapi, si kecil yang tidak bisa tidur juga akan membuatnya rewel sepanjang perjalanan dan bukan hanya mengganggu keluarga tetapi seluruh penumpang bus tersebut.

Saat ada waktu turun beristirahat, jangan lupa untuk menggunakannya sebaik-baiknya. Kamu bisa mengajak si kecil pemanasan untuk merenggangkan otot-ototnya sehingga si kecil tidak merasa terlalu pegal.

Selamat mudik dengan bus ya! Semoga perjalanannya lancar dan bisa kembali ke perantauan dengan selamat. Cek pilihan produk finansial yang bisa membantu memenuhi kebutuhan mudik di CekAja.com!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami