Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Mudik ke 5 Daerah Ini? Berikut Oleh-Oleh Selain Makanan yang Bisa Kamu Cari

by Surtan Siahaan on 10 Juli, 2016

belanja oleh-oleh hemat_kartu kredit - CekAja.com

Tidak cuma makanan, souvenir juga layak lho dijadikan sebagai oleh-oleh mudik Lebaran. Selain lebih tahan lama, khususnya bagi kamu yang harus menempuh perjalanan jauh untuk mudik, souvenir juga bisa dipakai lebih lama dibandingkan makanan yang habis setelah dimakan.

Untuk membantu kamu, berikut ini ada sejumlah ide oleh-oleh bukan makanan jika kamu berencana mudik ke lima daerah berikut ini:

Cirebon

Dari Cirebon kamu bisa membawa oleh-oleh berupa batik. Kota yang terletak sekitar 4 jam perjalanan dari Jakarta ini punya corak batik khas yang dikenal dengan nama mega mendung. Kalau kamu tertarik membelinya, tidak ada salahnya mendatangi sentra batik Cirebon yang berada di daerah Trusmi. Jaraknya dekat kok dari pusat kota Cirebon. Paling hanya menempuh waktu 30 menit perjalanan. Selain lebih banyak pilihan, berbelanja batik langsung di sentranya juga lebih murah.

Yogyakarta

Oleh-oleh dari Kota Gudeg Yogyakarta bukan cuma Bakpia lho. Kalau ingin buah tangan yang lebih awet ada berbagai alternatif seperti pakaian dan barang kerajinan. Untuk pakaian, salah satu yang khas dari Yogyakarta adalah kaos Dagadu. Lokasi gerai kaos ini bisa ditemukan di sekitar Tugu. Selain itu, barang-barang kerajinan khas Yogyakarta juga cocok sebagai oleh-oleh selepas libur Lebaran. Mulai dari blangkon, gantungan kunci hingga tas batik adalah buah tangan yang awet namun menarik.

Makassar

Makassar tidak hanya terkenal dengan otak-otak, pisang epe atau makanan-makanan lainnya, Ibu Kota Sulawesi Selatan ini juga punya banyak souvenir yang cocok dijadikan sebagai buah tangan. Salah satunya adalah sarung khas Makassar. Sarung sutra Bugis tersebut sangat cocok dijadikan oleh-oleh bagi perempuan maupun laki-laki. Selain sarung, ada juga oleh oleh berupa songkok atau peci yang khas dari Bone, sebuah Kabupaten di dekat Makassar. Songkok Bone banyak dijual di Makassar dan layak dijadikan alternatif oleh-oleh.

Palembang

Ibu Kota Sumatra Selatan ini memang terkenal dengan pempek yang lezat lagi gurih. Biasanya, pempek adalah oleh-oleh wajib yang dibawa seseorang sebagai oleh-oleh. Namun, ada juga alternatif buah tangan lain yang lebih tahan lama dari pempek yakni kain songket. Jika butuh dalam jumlah banyak, kain songket memang cukup mahal dijadikan sebagai oleh-oleh. Namun, kamu bisa membeli souvenir berbahan songket seperti dompet yang harganya lebih terjangkau.

Lombok

Masyarakat di daerah yang berbatasan dengan Bali ini memang didominasi oleh umat Muslim. Tidak heran ketika Lebaran tiba Lombok jadi penuh oleh para pemudik yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Kalau kamu salah satunya, ada banyak alternatif oleh-oleh selain makanan. Bila oleh-olehnya untuk perempuan, kamu bisa beli kain khas Lombok yang punya motif indah atau mutiara Lombok.

Tentang Penulis