Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Mudik ke Semarang, Tempat Wisata Murah Ini Layak untuk Dikunjungi

by Tisyrin N. T on 26 Juni, 2017

wisata mudik di Semarang _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang memiliki destinasi wisata yang terbilang lengkap mulai dari wisata sejarah, religi, alam hingga wahana permainan.

Apabila mudik lebaran ke Semarang, sempatkan mengunjungi tempat wisata murah agar waktu bersama keluarga terasa lebih menyenangkan.

Untuk berwisata bersama keluarga, ada berbagai pertimbangan dalam memilih lokasi yang tepat. Yang terpenting adalah akses yang terbilang mudah. Selain itu, apakah tempat tersebut cocok untuk dinikmati seluruh anggota keluarga?

Jika ada tempat yang sudah pernah dikunjungi mengingat berada di kampung halaman sendiri, tak ada salahnya bukan untuk datang lagi? Apalagi bagi yang sudah bertahun-tahun merantau dan jarang pulang, tentu ingin melepas rindu. Berikut ini beberapa tempat wisata pilihan yang cocok untuk menghabiskan libur lebaran di Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah

Pernah mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah? Nah, Masjid Agung Jawa Tengah ini akan mengingatkan kepada Masjid Nabawi karena memiliki payung elektronik otomatis yang mirip dengan masjid tersebut.

Jika mudik ke Semarang, datanglah ke masjid dengan arsitektur cantik ini. Suasananya yang nyaman dan adem akan membuat kita betah. Atau bagi yang kebetulan melewati Kota Semarang saat menempuh perjalanan arus balik nanti, mampirlah untuk beristirahat sejenak.

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti sangat cocok sebagai tujuan wisata bersama keluarga saat lebaran. Kawasan wisata pegunungan di ketinggian 1.200 mdpl ini menyuguhkan udara sejuk dan suasana yang sangat nyaman.

Terdapat berbagai fasilitas untuk menghabiskan waktu di sana,  mulai dari kolam renang, fasilitas outbond hingga camping ground. Lokasinya di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Water Blaster

Water Blaster sangat cocok untuk liburan bersama anak-anak. Berada di kawasan perumahan elit Graha Candi Golf, tempat ini punya wahan yang terkenal yaitu kolam renang dan perosotan setinggi 25 meter dan panjang 230 m.

Tak hanya itu, terdapat permainan lain yang bisa dinikmati antara lain flying fox dan ATV. Liburan keluarga akan semakin berkesan bukan?

Kebun Binatang Semarang

Pilihan lain yaitu mengajak anak-anak mengenal satwa ke Kebun Binatang Semarang. Selain melihat aneka ragam satwa, ada juga berbagai fasilitas untuk pengunjung mulai dari permainan anak, museum, fasilitas outbond, hingga waterboom. Dijamin pengunjung tak akan mudah bosan saat travel ke tempat ini

Waduk Jatibarang dan Gua kreo

Gua Kreo berada di tengah Waduk Jatibarang, satu-satunya bendungan di Indonesia yang berada di kota. Gua Kreo telah lama populer di Semarang, ciri khasnya adalah keberadaan kera-kera liar di sana.

Waduk Jatibarang mulai beroperasi bertepatan dengan peringatan Hari Air Dunia yaitu 5 Mei 2014. Selain untuk melawan masalah banjir, waduk ini juga dikembangkan sebagai destinasi wisata baru.

Kota Lama

Jika Jakarta punya kawasan Kota Tua, Semarang punya Kota Lama. Deretan bangunan peninggalan Belanda akan menyambut para pengunjung. Bangunan tersebut antara lain Gereja Blenduk, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Gedung Marba, Gedung Marabunta, Masjid Layur, dan Kantor Pos.

Tak perlu takut kelelahan untuk berkeliling, karena saat ini telah ada fasilitas yang membantu pengunjung menikmati Kota Lama yaitu bus tingkat.

Lawang Sewu

Masih bernuansa jadul, datanglah ke ikon Kota Semarang yaitu Lawang Sewu. Bangunan dengan banyak jendela dan pintu ini sangat cantik, atau apabila meminjam istilah kekinian, Lawang Sewu sangat instagramable atau cocok dipamerkan melalui Instagram.

Mengunjungi Lawang Sewu sangat menyenangkan, mengingat bangunan ini ada sejak tahun 1900-an dan pernah menjadi kantor perusahaan kereta api di masa dahulu.

Pantai Marina

Berwisata ke pantai bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan libur lebaran. Salah satu pantai yang populer di Semarang adalah Pantai Marina.

Datanglah, dan ajak keluarga berkeliling naik perahu atau sekedar berpiknik dan menikmati semilir angin.

 

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.