Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mudik Pakai Mobil? Perlengkapan Ini Jangan Sampai Lupa Dibawa Ya!

by Miftahul Khoer on 31 Mei, 2019

Rutinitas tahunan mudik tampaknya akan selalu menjadi tradisi warga Muslim khususnya di Indonesia. Mudik atau pulang ke kampung halaman pada momen Lebaran merupakan kegiatan wajib untuk bertemu sanak famili di kampung. Maka jangan heran jika hampir seluruh tiket transportasi umum ludes jauh-jauh hari oleh para pemudik. Mudik pakai mobil atau motor pun bisa jadi solusi. 

mudik dengan mobil pribasi _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Mudik pakai mobil pribadi memang seru. Kita bisa memilih jalur sendiri hingga bisa berhenti sesuka hati. Berbeda dengan kendaraan umum yang gak bisa berhenti kapan dan di manapun.

Nah, buat yang mau mudik menggunakan mobil pribadi, jangan lupa untuk membawa semua perlengkapan penting selama perjalanan. Karena gak jarang para pemudik selalu lupa membawa perlengkapan yang sangat dibutuhkan selama di perjalanan. Yuk simak!

  • Kotak P3K

Kamu gak tahu akan terjadi apa selama dalam perjalanan. Namun untuk jaga-jaga, sebaiknya kamu harus bawa perlengkapan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan alias P3K. Perlengkapan ini biasanya berisi perban, kain kasa gulung, gunting, tisu pembersih, peniti, hingga sarung tangan.

Kotak P3K diperlukan ketika para pemudik mengalami insiden. Hmm.. Tapi amit-amit ya, semoga kita semua dijauhkan dari kecelakaan selama di perjalanan mudik. Hanya saja yang namanya sedia payung sebelum hujan memang harus dipersiapkan segalanya.

Dengan adanya perlengkapan P3K, setidaknya kamu akan sedikit tentram. Jangan lupa juga bawa obat-obatan yang diperlukan. Ini untuk meminimalisir terbuangnya waktu dan tenaga untuk pergi ke warung atau apotek disaat obat-obatan dibutuhkan.

(Baca juga: Tempat Wisata Penghilang Penat di Jalur Mudik Lampung, Cek Yuk!)
  • Toolkit standar

Perangkat ini wajib tersedia di dalam mobil selama perjalanan untuk memudahkan perbaikan mobil jika terjadi masalah. Toolkit standar biasanya berisi kunci pas, kunci inggris, tang, obeng, hingga selotip. Siapkan juga perangkat cadangan seperti busi, hingga minyak rem.

Tanpa peralatan standar ini, maka kamu akan kerepotan jika mobil kamu tiba-tiba mengalami masalah. Nah, paling tidak, peralatan di atas bisa membantu untuk bongkar apapun selama kamu merasa ada yang bermasalah dengan kendaraan kamu. Daripada pinjem ke orang dan bengkel mobil jauh dari lokasi, mending kamu bawa sendiri, ya kan?

  • Dongkrak

Selain peralatan di atas, barang satu ini juga wajib tersedia di mobil. Mungkin akan sangat keterlaluan jika pemilik mobil gak membawa dongkrak ketika melakukan perjalanan jauh termasuk mudik ke kampung halaman.

Dongkrak berfungsi sebagai alat untuk mengangkat mobil dengan mudah. Jika kamu belum memiliki sama sekali, maka kamu bisa membeli dongkrak di berbagai tempat yang menjual segala peralatan otomotif.

  • Ban cadangan

Sebagian besar pemudik biasanya memilih untuk menggunakan jalur tol menuju lokasi tujuan. Tol diketahui merupakan jalur bebas hambatan. Namun, biasanya pada momen Lebaran baik jalur biasa maupun tol akan sama-sama macet karena banyaknya para pemudik.

Selama di jalur tol, akan minim sekali tempat bengkel yang bisa ditemui. Nah, dengan begitu, lebih baik kamu persiapkan ban cadangan untuk jaga-jaga jika selama dalam perjalanan ban kamu pecah atau kempes di tengah jalan yang jauh dari area bengkel, maka kamu bisa ganti ban cadangan sendiri.

(Baca juga: Pertamina Kasih Diskon BBM 30% di Jalur Mudik, Tapi Ada Syaratnya..)
  • Perlengkapan tambahan

Mudik ke kampung halaman yang lokasinya jauh memang cukup melelahkan. Namun, jangan sampai kamu tambah lelah karena ada banyak perlengkapan yang seharusnya kamu bawa malah tertinggal di rumah.

Nah, sebaiknya cek kembali yuk perlengkapan tambahan yang harus di bawa seperti senter. Terdengar sepele, tetapi senter merupakan perlengkapan wajib yang harus ada saat mudik. Senter akan sangat bermanfaat untuk dibawa saat perjalanan mudik di malam hari. Fungsinya bisa untuk memberi cahaya ketika mengecek mesin mobil yang bermasalah. 

Selain itu, usahakan juga membawa tabung pemadam kebakaran. Perjalanan yang jauh selama mudik dikhawatirkan bisa membuat mobil bermasalah dan terbakar. Namun, semoga saja gak bakal terjadi ya. Hanya saja untuk jaga-jaga, bawalah tabung pemadam kebakaran. Selain berfungsi untuk mobil kita, mungkin juga berfungsi untuk mobil orang lain karena kebakaran akibat overheat mungkin saja terjadi.

Nah, itulah beberapa perlengkapan yang harus dibawa selama mudik Lebaran pakai mobil pribadi. Jangan sampai lupa ya bawa perlengkapan tersebut kalau kamu gak mau repot nanti di tengah jalan.

Selain itu, ada juga yang benar-benar wajib dibawa saat mudik tak lain dan tak bukan adalah uang. Ya, kamu wajib bawa duit kalau mau mudik ke kampung halaman buat bagi-bagi angpau ke sanak saudara di sana. Kalau pun kamu masih kesulitan soal keuangan untuk mudik, kamu bisa akses CekAja.com untuk mendapat panduan finansial yang terpercaya. Kuy!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami