Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mulai Suntuk di Rumah Aja? Coba Lakukan 7 Aktivitas Ini, Anti Boring!

by Sindhi Aderianti on 20 Maret, 2020

Wabah COVID-19 kian merajalela di Tanah Air. Sampai dengan hari ini (20/3), virus corona telah menelan 369 kasus, 32 meninggal, dan 17 sembuh. Pasien yang meninggal juga rata-rata sudah memiliki riwayat penyakit, seperti diabetes dan hipertensi. Data jumlah kematian terbaru ini menempatkan tingkat kematian atau case fatality rate (CFR), melampaui angka 8,37 persen. Artinya, Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat fatalitas tertinggi mengalahkan Italia dan Iran.

7 Pilihan Aktivitas Selama di Rumah

Di sinilah pentingnya menuruti aturan social distancing, alias menghindari keramaian dengan di rumah saja untuk sementara waktu. 14 hari adalah waktu yang amat berharga untuk sama-sama bergotong royong menekan penularan virus corona.

Social distancing baru saja dilakukan selama lima hari. Bagi yang terbiasa mobile atau beraktivitas di luar rumah, mungkin kebijakan demi menghindari penularan virus corona ini cukup membosankan. Masih ada waktu 10 hari lagi samapai himbauan #dirumahaja selesai. Jangan takut keburu lumutan! Ada banyak aktivitas selama di rumah yang bisa dilakukan dan pasti bikin kamu tetap happy. Berikut 7 pilihannya:

1. Perawatan Diri

Jika ke kantor setiap hari membuatmu terpapar polusi, kini saatnya meliburkan kulit sementara dari paparan langsung sinar matahari dan asap kendaraan bermotor dengan merawatnya. Tak perlu ke salon, perawatan tubuh bisa kamu lakukan sendiri di rumah selagi masa social distancing ini berlangsung. Gunakan sheet mask yang selama ini hanya menumpuk di laci kamarmu setiap hari. Sempatkan melulur seluruh tubuh untuk mencerahkan kulit. Rambut pun bisa kamu manjakan, cukup dengan membalurinya krim creambath dan dibalut pakai handuk hangat selama 1 jam .

 2. Membuat hand sanitizer sendiri

Hand sanitizer yang kini harganya melambung jauh, memang bikin kesal. Daripada beli ratusan ribu dengan ukuran kecil, mending buat sendiri di rumah. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Mulai dari kandungan alkohol hingga penambahan moisturizer. Hindari alkohol yang hanya 70% saja, karena akan menguap ketika dicampur bahan lain. Cara membuat hand sanitizer ini sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan alkohol 96% dan aloe gel.
  • Campurkan kedua bahan secukupnya pada wadah steril.
  • Masukkan ke dalam botol spray.
  • Hand sanitizer siap dipakai.
(Baca Juga: Cara Membuat Hand Sanitizer Semprot dan Gel, Gampang Banget!)

3. Coba memasak

Saatnya mempelajari keterampilan yang belum pernah kamu miliki. Kapan lagi punya waktu luang untuk memasak? Kamu bisa mencoba resep masakan baru, jika bosan delivery makanan yang belum pasti terjamin higienitasnya. Saat ini, banyak tutorial masak dari sejumlah chef seperti Farah Quinn yang diupload melalui YouTube. Mulai dari masakan Indonesia, Jepang, hingga Barat. Jenis makanannya pun beragam, ada main course, camilan, atau dessert. Kamu tinggal mengikuti step by step cara memasaknya saja. Pastikan kamu memasak kudapan yang sehat ya, agar imunitas tubuh selalu terjaga dan terhindari dari penyakit.

4. Olahraga di rumah

Kesehatan fisik perlu dijaga semaksimal mungkin di musim penyakit ini. Tetaplah bergerak dengan melakukan olahraga dari rumah. Yoga adalah olahraga yang paling bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, untuk menggerakkan tubuhmu sekaligus menyehatkan mental dari pikiran negatif. Tak dapat dipungkiri, melihat berita tentang virus ini pasti cukup membuatmu ikut merasa stres. Selain yoga, olahraga lain yang bikin keringat ‘gombyos’ seperti zumba, pilates, atau body combat juga dapat kamu lakukan sendiri hanya dengan bermodalkan video tutorial Youtube.

6. Deep cleaning dan decluttering

Waktu luang ketika melakukan social distancing, tentu wajib kamu gunakan untuk membersihkan rumah. Lakukan deep cleaning dengan memebersihkan seluruh permukaan benda di rumah menggunakan cairan disinfectan. Saat mengepel, tambahkan cairan anti-septic untuk memastikan lantai bersih dari bakteri dan virus. Kalau sudah beres, decluttering barang-barang yang sudah tak terpakai. Decluttering adalah metode beberes dengan membuang, memberikan, dan mengurangi barang-barang yang tidak diperlukan lagi. Istilah ini dipopulerkan oleh tidying expert, Marie Kondo.

6. Netlix and chill

Punya akun Netflix, bayar langganan per bulan, tapi kesibukan membuatmu tak sempat menonton deretan film dan series terbaiknya? Beruntung ada social distancing ini. Jika kamu tetap harus work from home, setelah itu tonton tayangan yang sedang direkomendasikan. Untuk series, coba habiskan seluruh episode Kingdom 1 dan 2. Rating serial tentang zombie di kerajaan ini menurut rotten tomatoes sangat tinggi, yaitu 4/5. Sementara film, kamu tinggal melihat di fitur ‘New Release’ atau ‘Popular on Netflix’ untuk memilih tayangan yang banyak disukai.

7. Buat video TikTok

Jika kamu sebelumnya anti TikTok, jangan salah kaprah dulu. Platform yang satu ini tak sealay yang dibayangkan. Pun, kamu tidak perlu jago dance untuk bisa membaur dan membuat kontennya. Membuat video di aplikasi itu justru ampuh mengasah kreativitas seseorang. Selain dance, kamu juga bisa membuat video aktivitas selama #dirumahaja, dengan menyisipkan humor-humor kekinian yang mengundang tawa penggunanya. Lewat TikTok, kamu juga bisa sembari belajar mengedit video, sound, efek, hingga green screen sekaligus karena aplikasi ini menghadirkan semua fitur tersebut.

Jadi, mana aktivitas pilihanmu selama di rumah menjalani social distancing? Dijamin, beberapa hari ke depan tak akan merasa bosan lagi. Justru berkat kebiasaan baru ini, malah lebih kreatif dan produktif.

Dapatkan pinjaman dari JULO untuk memenuhi segala kebutuhanmu agar survive melawan virus corona. Ajukan secara online melalui CekAja.com sekarang juga. Lebih mudah, cepat, dan pasti cair!

(Baca Juga: WFH Saat Corona, Tambah Cuanmu Lewat Job Asyik Ini)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.