Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

9 Museum Hits Jakarta dan Galeri Seni Instagramable Kekinian

by Vera Khairifah on 8 January, 2020

Kini, mengunjungi museum tidak lagi dianggap membosankan. Sebab banyak museum hits Jakarta dan galeri yang menjadi pusat seni dengan tampilan modern. Museum bahkan dianggap sebagai tempat kekinian yang instagramable alias cocok untuk berfoto-foto.

Museum Hits Jakarta dan Galeri Seni Instagramable

Berikut 9 museum hits Jakarta dan galeri seni yang wajib kamu kunjungi di tahun 2020 ini.

1. Museum Macan

Museum Macan - 9 Museum Hits Jakarta dan Galeri Seni Instagramable Kekinian

Alamat: AKR Tower Level M, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Instagram: @musemmacan

Ini adalah museum hits Jakarta yang sudah ada sejak tahun 2017. Ada banyak koleksi seni dan pameran yang bisa kamu kunjungi setiap hari Selasa sampai Minggu, pukul 10.00 sampai 18.00 WIB.

Instalasi seni yang paling terkenal di sini adalah Infinity Room karya seniman asal Jepang Yayoi Kusama. Biaya masuk ke Museum Macan adalah Rp 100 ribu untuk per satu orang dewasa, Rp 90 ribu untuk pelajar, dan Rp 80 ribu untuk anak-anak.

2. Museum Nasional atau Museum Gajah

Museum Nasional atau Museum Gajah - 9 Museum Hits Jakarta dan Galeri Seni Instagramable Kekinian

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat.

Instagram: @museum_nasional_indonesia

Museum Nasional adalah museum hits Jakarta yang dikelola pemerintah. Tak heran jika biaya masuknya murah meriah. Yakni hanya Rp 5 ribu untuk dewasa dan Rp 2 ribu untuk anak-anak.

Di dalamnya terdapat bermacam koleksi,ulai dari koleksi keramik, arkeologi etnografi, numesmatik dan heladrik, koleksi prasejarah dan sejarah. Selain itu, di waktu-waktu tertentu, Museum Nasional membuat pameran karya seni lokal.

Museum Nasional buka di hari Selasa – Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB, dan Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 17.00 WIB.

3. ART: 1 New Museum

ART 1 New Museum - 9 Museum Hits Jakarta dan Galeri Seni Instagramable Kekinian

Alamat: Jl. Rajawali Selatan Raya No.3, Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Instagram: @art1newmuseum

ART: 1 New Museum adalah museum yang terbilang baru di Jakarta. Sebelum re-branding, museum hits Jakartadan galeri seni ini bernama Mon Décor Gallery. Enggak heran jika kamu menganggap koleksi di dalamnya masih fresh.

Untuk masuk ke sini, harga yang dipatok tergantung dengan jenis pameran yang digelar. Rata-rata, pengunjung dimnta membayar Rp 75 ribu sampai rp 100 ribu. Namun tak jarang juga ada pameran yang menggratiskan biaya masuk.

4. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia - 9 Museum Hits Jakarta dan Galeri Seni Instagramable Kekinian

Alamat: Jalan Lada 3 No.6, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Instagram: @museum_bi

Ini adalah salah satu useum yang berada di komplk wisata kota Tua Jakarta. Hal yang membedakan Museum Bank Indonesia dengan museum lainnya di lokasi yang sama adalah arsitektur museum yang menarik, serta tampilan koleksi yang unik.

Meskipun koleksi di dalamnya tak jauh dari arsip dan benda yang berkaitan dengan sejarah keuangan perbankan Indonesia, namun disajikan menarik Mulai dari display bingkai, hingga video.

Biaya masuk ke museum hits Jakarta ini hanya Rp 5 ribu per orang.

5. RUCI Art Space

RUCI Art Space - 9 Museum Hits Jakarta dan Galeri Seni Instagramable Kekinian

Alamat: Jl. Suryo Blok S No.49, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Instagram: @ruci.art

Museum hits Jakarta Selatan ini menjadi wadah bagi seniman yang ingin memamerkan karyanya ke publik. Setiap bulan pasti ada pameran yang ditampilkan untuk jangka waktu tertentu.

Yang menyenangkannya, kamu bisa datang gratis tanpa dipugut biaya. Karya seniman lokal wajib kamu lihat dan sebagai tambahannya, bisa kamu menjadikannya sebagai background foto Instagram-mu.

6. Galeri Nasional

Galeri Nasional - 9 Museum Hits Jakarta dan Galeri Seni Instagramable Kekinian

Alamat: Jl. Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat.

Instagram: @galerinasional

Galeri Nasional diolah langsung oleh Kemendikbud. Lokasinya tak jauh dari Museum Masional. Sama seperti museum milik pemerintah pada umumnya, terdapat banyak koleksi seni rupa di sini sebagai pameran tetap.

Serta pameran yang diadakan dalam beberapa waktu tertentu atau pameran temporer. Kamu tidak dipungut biaya untuk masuk ke museum hits Jakarta ini. Galeri Nasional buka di jam 09.00 – 16.00 WIB, mulai dari Selasa hingga Minggu.

7. Dia.Lo.Gue

Dia.Lo.Gue - 9 Museum Hits Jakarta dan Galeri Seni Instagramable Kekinian

Alamat: Jl. Kemang Selatan No.99A, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Instagram: @dialogue_arts

Ini adalah salah satu museum hits Jakarta yang berlokasi di Kemang. Selain merupakan galeri seni, kamu juga bisa nongkrong di tempat kekinian ini. Sebab ada restoran yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman.

Pameran yang digelar di Dia.Lo.Gue sifatnya beragam, ada yang terbuka untuk publik secara gratis, ada pula yang sifatnya terbatas. Namun, kamu bisa mengunjungi restorannya kapan saja kok. Yakni setiap hari pukul 09.30 – 18.00 WIB.

8. Ruang Rupa

Ruang Rupa - 9 Museum Hits Jakarta dan Galeri Seni Instagramable Kekinian

Alamat: Jl. Pancoran Timur II No.4, Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan.

Instagram: @ruangrupa

Ruang Rupa adalah wadah kreasi seni bagi seniman Jakarta maupun daerah lain. Selain enampilkan hasil karya seni rupa, ada pula acara lainnya seperti pameran, bedah buku, talkshow, dan lain sebagainya. Kamu enggak perlumenyiapkan biaya masuk karena gratis!

9. Komunitas Salihara

Komunitas Salihara - 9 Museum Hits Jakarta dan Galeri Seni Instagramable Kekinian

Alamat: Jl. Salihara No.16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Instagram: @komunitas_salihara

Terakhir, ada pusat seni Komunitas Salihara yang juga menampilkan banyak pertunjukan seni. Mulai dari pameran karya seni rupa, pertunjukan musik, kelas akting, talkshow, dan masih banyak lagi.

Biaya untuk masuk tergantung pada acara yang digelar, ya. Info lengkapnya bisa kamu lihat di situs www.salihara.org atau di akun Instagram-nya.

See? Enggak perlu pergi jauh-jauh untuk cari hiburan di Ibu kota. Selain Jalan-jalan keliling museum hits Jakarta, kamu juga bisa lebih mudah berbelanja dengan promo kartu kredit. Yuk, ajukan kepemilikan kartu kredit melalui CekAja!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast