Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Musim Hujan, Gini Caranya Merawat Motor Biar Tetap Prima

by Miftahul Khoer on 5 Desember, 2019

Musim hujan telah tiba. Selain membawa suka cita karena tersedianya air, udara yang lebih sejuk, dan suasana romantis, musim hujan juga memiliki beberapa kekurangan tersendiri. Salah satunya adalah sedikit merepotkan pemilik kendaraan bermotor.

motor musim hujan

Saat musim hujan, kendaraan bermotor memang membutuhkan perhatian lebih. Pasalnya, air hujan bisa menjadi penyebab rusaknya motor atau kinerja motor kurang optimal. Misalnya, saat melewati jalan yang tergenang air sehingga beberapa komponen motor terendam.

Kamu pasti nggak mau motormu menjadi rusak akibat air hujan kan? Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips merawat motor saat musim hujan:

1. Segera cuci motor

Segera cuci motor - Musim Hujan Gini Caranya Merawat Motor Biar Tetap Prima

Tips pertama adalah segera cuci motor kamu setelah terkena hujan. Air hujan yang bersifat asam dapat memicu munculnya karat pada motor. Apalagi kalau kamu baru saja melewati jalanan becek berlumpur. Kotoran juga bisa menyebabkan karat dan kerusakan lain sehingga motor tidak berfungsi optimal. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan motor sesegera mungkin.

(Baca juga: Ternyata 5 Presiden Indonesia Anak Motor Lo! Ini Buktinya)
2. Keringkan secara sempurna

Keringkan secara sempurna - Musim Hujan Gini Caranya Merawat Motor Biar Tetap Prima

Setelah itu, keringkan motor secara menyeluruh terutama rantai, kanvas rem, penutup busi, kabel body, sampai jari-jari atau velg roda. Hal ini tentu saja untuk menjaga masing-masing komponen bekerja maksimal sesuai fungsinya.

Misalnya saja kanvas rem yang terbuat dari asbes. Bahan tersebut kalau terkena air akan menggelembung kemudian mengeras saat kering. Akibatnya, rem akan terasa keras saat pedal rem diinjak dan biasanya menyebabkan bunyi berdecit.

3. Gunakan pelindung

Gunakan pelindung - Musim Hujan Gini Caranya Merawat Motor Biar Tetap Prima

Setelah motor dicuci bersih dan dikeringkan, kamu bisa juga menyemprotkan cairan pelindung mesin dan body. Cairan pelindung ini berfungsi untuk melindungi motor supaya kotoran tidak menempel. Dengan demikian motor jadi lebih aman dan awet.

4. Periksa komponen motor

Periksa komponen motor - Musim Hujan Gini Caranya Merawat Motor Biar Tetap Prima

 

Kamu harus rajin memeriksa komponen kendaraan apakah masih berfungsi dengan baik. Misalnya saja saringan udara yang berperan penting dalam pembakaran. Jika saringan udara ini terkena air dan air merembes masuk ke dalamnya, maka udara yang masuk akan bercampur embun dan akan mengganggu proses pembakaran bahan bakar.

Perhatikan juga kondisi rantai motor. Kencangkan kembali kalau rantai kendur, dan lumasi dengan menggunakan pelumas rantai.

5. Parkir di tempat kering

Parkir ditempat kering - Musim Hujan Gini Caranya Merawat Motor Biar Tetap Prima

Satu hal penting yang harus kamu perhatikan adalah, usahakan untuk memarkirkan motormu di tempat kering dan teduh. Jangan sampai motormu terguyur air hujan dalam waktu lama, apalagi sampai terendam genangan air beberapa lama.

Itu tadi adalah beberapa tips merawat motor saat musim hujan. Intinya adalah, kamu harus selalu memperhatikan kebersihan motor dan memastikan masing-masing komponen berfungsi baik.

Selain itu, berikut ini tips tambahan untuk merawat motor baik saat musim hujan maupun kemarau:

1. Memeriksa tekanan ban

Mungkin hal ini terkesan sepele, tapi memeriksa tekanan ban sangat penting untuk dilakukan setiap hari. Selain untuk alasan keamanan, memeriksa tekanan ban juga baik untuk keawetan ban itu sendiri. Pastikan tekanan ban sesuai dengan standar pabrikan. Ban yang tekanan anginnya kurang dari standar akan lebih cepat aus. Hal ini terjadi karena ketika tekanan ban kurang, maka permukaan ban yang bersentuhan langsung dengan aspal jalan menjadi semakin banyak.

2. Servis rutin

Servis rutin adalah satu kegiatan yang tidak boleh dilewati kalau mau motor awet di segala musim. Saat servis, petugas akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memperbaiki kalau ada bagian yang berfungsi kurang optimal. Servis rutin sangat berguna untuk mencegah motor dari kerusakan. Selain itu, motor juga akan semakin awet serta aman dan nyaman dikendarai.

(Baca juga: Ini Fakta Ecgo, Motor Listrik Kekinian Rp4 Jutaan!)
3. Menggunakan cover pelindung

Ada baiknya juga kamu menggunakan cover pelindung motor yang melindungi motor dari debu dan kotoran. Selain supaya motor tetap terjaga kebersihannya, hal ini juga bisa membantu melindungi mesin motor tetap bersih sehingga makin awet dan tidak mudah rusak.

Demikianlah beberapa tips untuk merawat motor saat musim hujan beserta tips tambahan agar motor awet di segala cuaca. Merawat motor bukan hanya untuk keawetan motor itu sendiri, tapi terutama adalah untuk keamanan berkendara. Jangan sampai karena kondisi motor yang kurang diperhatikan, hal itu malah menyebabkan malfungsi yang bisa mengakibatkan kecelakaan. Selalu utamakan keamanan, ya!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.