Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Musisi Dengan Subscriber Youtube Terbanyak di Dunia, Ada Idolamu?

by Estrin Vanadianti Lestari on 29 Januari, 2020

Bukan lagi televisi, kini Youtube sudah menjadi salah satu platform menonton video, yang sangat digemari. Mulai dari streaming televisi, serial, film, drama, komedi, kartun, video tutorial, hingga video klip musik bisa kamu tonton melalui Youtube. Bicara soal video klip musik, apa kamu tahu bahwa ada musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia?

musisi dengan subscriber youtube terbanyak

Pasalnya, Youtube bukan hanya sekedar platform video biasa, yang bisa kamu tonton kapan saja dan di mana saja. Bagi pemilik channel Youtube, memiliki banyak pelanggan (subscriber) dan penonton, bisa membuat mereka untung besar. Terlebih, dalam data Google, pengguna Youtube saat ini jumlahnya sudah lebih dari 1,8 miliar per bulannya.

Banyak Subscriber, Banyak Penghasilan

Maka dari itu, banyak para musisi, grup musik, band, hingga DJ, memiliki channel Youtube. Sehingga, para musisi tersebut bisa membagikan video klip terbaru mereka kepada penggemar. Platform ini juga sekaligus bisa membuat mereka kaya, karena Youtube akan memberikan ‘gaji’ hingga penghargaan kepada mereka yang memiliki subscriber dan view terbanyak.

Maka tak heran jika, kini banyak tokoh publik termasuk musisi, berlomba-lomba menjadi musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia. Sebab, hal tersebut sangat bagus bagi keberlangsungan karir mereka ke depannya.

10 Musisi Dengan Subscriber Youtube Terbanyak di Dunia

Lantas, siapa sajakah musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia? Berikut musisi yang memiliki banyak subscriber terbanyak per Januari 2020:

1. Justin Bieber – 49,3 Juta Subscriber (142 video)

Justin Bieber - 49,3 Juta Subscriber (142 video) - Musisi Dengan Subscriber Youtube Terbanyak di Dunia, Ada Idolamu

Musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia yang pertama adalah Justin Bieber. Musisi kelahiran London, Ontario, 1 Maret 1994 ini memang terkenal dengan suara emasnya yang khas.

Tidak hanya itu, sebelum meledak dan terkenal, suami dari Baldwin ini sendiri memang sudah menggunakan Youtube untuk meng-cover lagu sejak tahun 2008. Hingga pada akhirnya Justin Bieber dikontrak dan merilis EP debutnya yakni My World pada akhir 2009.

Bahkan, Justin Bieber saat ini merupakan musisi pertama yang memiliki tujuh lagu dari rekaman debut di tangga lagu Billboard Hot 100.

2. Ed Sheeran – 43,4 Juta Subscriber (161 video)

Ed Sheeran - 43,4 Juta Subscriber (161 video) - Musisi Dengan Subscriber Youtube Terbanyak di Dunia, Ada Idolamu

Musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia yang kedua adalah Ed Sheeran. Bukan hanya menjadi musisi, pria kelahiran 17 Februari 1991 ini juga merupakan penulis lagu, produser rekaman, dan juga aktor berkebangsaan Inggris.

Ed Sheeran sendiri mulai melakukan rekaman musik pada 2004, dan secara independen merilis koleksi pertamanya, yakni Spinning Man. Pelantun Photograph ini juga mulai dilihat lebih banyak orang melalui Youtube sejak tahun 2010-an, sehingga penggemarnya semakin tumbuh.

Hingga 2019, Ed Sheeran merilis single terbarunya berjudul I Don’t Care, yang berkolaborasi dengan Justin Bieber. I Don’t Care sendiri telah tayang di channel Youtube official-nya, dan sudah ditonton sebanyak 343,9 juta kali.

3. Marshmello – 42,6 Juta Subscriber (408 video)

Marshmello - 42,6 Juta Subscriber (408 video) - Musisi Dengan Subscriber Youtube Terbanyak di Dunia, Ada Idolamu

Musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia selanjutnya, datang dari DJ terkenal Marshmello. Identik dengan penutup kepala atau topeng, yang mirip dengan makanan ringan Marshmallow ini, memiliki nama asli Christopher Comstock.

Pria kelahiran Amerika Serikat, 19 Mei 1992 ini, juga merupakan seorang produser musik, yang pertama kali mendapatkan pengakuan internasional, dengan mendaur ulang lagu-lagu dari Jack U dan Zedd, pada 2015.

Marshmello juga pernah menorehkan pencapaian pada Juli 2016, di musiknya yang berjudul Alone. Pasalnya, di Youtube, musik Alone disaksikan hingga lebih dari 100 ribu penonton, dalam tiga bulan terakhir setelah dirilis.

4. Eminem – 40.8 Juta Subscriber (117 video)

Eminem - 40.8 Juta Subscriber (117 video) - Musisi Dengan Subscriber Youtube Terbanyak di Dunia, Ada Idolamu

Musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia berikutnya adalah Eminem. Dikenal luas sebagai rapper, pria kelahiran Amerika Serikat 17 Oktober 1972 ini juga ternyata seorang penulis lagu, produser rekaman, eksekutif rekaman, dan aktor.

Bukan musisi baru, Eminem merupakan musisi dengan penjualan terlaris di tahun 2000-an di Amerika Serikat. Tidak hanya itu, Eminem juga sempat memenangkan Youtube Music Awards 2013, sebagai Artist of the Year yang pertama.

(Baca Juga: Pendapatan Musisi dari Aplikasi Musik, Apakah Sebanyak Album Fisik?)
5. Ariana Grande – 39,6 Juta Subscriber (171 video)

Ariana Grande - 39,6 Juta Subscriber (171 video) - Musisi Dengan Subscriber Youtube Terbanyak di Dunia, Ada Idolamu

Ariana Grande juga termasuk musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia. Penyanyi bersuara tinggi, kelahiran Amerika Serikat, 26 Juni 1993 ini, pertama kali memulai karier pada 2008, di drama musikal Broadway berjudul 13.

Selain itu, per Juni 2018 video-video musik Ariana Grande di Youtube, telah dikunjungi total lebih dari 10 miliar kali. Bahkan, single utamanya yakni Thank U, Next, yang dirilis pada November 2018 ini, menjadi single nomor satu di Billboard Hot 100, dan memecahkan rekor sebagai video musik paling banyak ditonton dalam 24 jam sesudah rilis di Youtube.

Tidak hanya di Youtube, Ariana Grande juga mempunyai banyak pengikut di media sosial. Sebut saja, pengikutnya di media sosial Instagramnya sudah mencapai 172 juta.

6. Taylor Swift – 36,9 Juta Subscriber (178 video)

Taylor Swift - 36,9 Juta Subscriber (178 video) - Musisi Dengan Subscriber Youtube Terbanyak di Dunia, Ada Idolamu

Musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia yang tak kalah tenar adalah Taylor Swift. Wanita bertalenta kelahiran Amerika Serikat, 13 Desember 1989 ini, sudah sangat tertarik dengan dunia musik, dan sempat tampil di empat produksi Berks Youth Theatre Academy, ketika usianya masih sembilan tahun.

Tidak kalah dengan musisi lainnya, Taylor Swift juga pernah menoreh rekor sebagai video klip musik, paling banyak ditonton. Video klipnya tersebut juga mendapatkan lebih dari 43,2 juta pengunjung di Youtube, kurang dari 24 jam.

7. Katy Perry – 36 Juta Subscriber (103 video)

Katy Perry - 36 Juta Subscriber (103 video) - Musisi Dengan Subscriber Youtube Terbanyak di Dunia, Ada Idolamu

Musisi wanita selanjutnya, yang masuk dalam daftar musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia adalah Katy Perry. Lahir di Amerika, 25 Oktober 1984, Katy Perry ketika kecil sering mengisi masa kecilnya dengan bernyanyi di gereja.

Tidak sampai di situ, Katy Perry akhirnya bisa memasuki masa ketenarannya pada 2008. Sepanjang perjalanannya menjadi penyanyi, pelantun lagu Roar ini juga banyak menerima banyak penghargaan.

Maka tak heran jika Katy Perry memiliki banyak subscriber di channel Youtube-nya. Bahkan, ia juga pernah melakukan Live di Youtube pada 2017, dan siaran langsung tersebut berhasil mendapatkan 49 juta penonton.

8. Rihanna – 33,5 Juta Subscriber (78 video)

Rihanna - 33,5 Juta Subscriber (78 video) - Musisi Dengan Subscriber Youtube Terbanyak di Dunia, Ada Idolamu

Masih bicara tentang penyanyi wanita, Rihanna ternyata juga masuk dalam daftar musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia. Memiliki 33,5 juta subscriber, tentunya bukan pencapaian yang mudah.

Penyanyi sekaligus pengusaha ini memulai karirnya pada 2003, dengan membentuk sebuah trio musik dengan teman sekelasnya. Pelantun lagu Umbrella, yang juga pemilik nama lengkap Robyn Rihanna Fenty ini, sering mendapat penghargaan dari pencapaian yang sangat luar biasa.

Hingga saat ini, Rihanna secara resmi mengungkapkan bahwa, ia telah mulai mengerjakan studio ke sembilannya.

9. Blackpink – 32,8 Juta Subscriber (255 video)

Blackpink - 32,8 Juta Subscriber (255 video) - Musisi Dengan Subscriber Youtube Terbanyak di Dunia, Ada Idolamu

Musisi yang berikutnya ini merupakan sebuah grup girlband, asal Korea Selatan. Meski ber-grup, Blackpink juga berhasil menjadi salah satu musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia.

Selain banyak memiliki penggemar, kualitas suara, kecantikan personil, aksi panggung, hingga koreografi yang sangat sempurna, juga menjadi nilai lebih Blackpink, untuk menjadi musisi internasional.

Grup yang dibentuk dari YG Entertainment ini terdiri dari Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa. Semua personil memiliki peran penting dan memiliki kemampuan yang bisa saling melengkapi, sebagai seorang musisi dalam grup.

Tidak hanya itu, mereka juga merupakan grup K-pop wanita pertama yang memiliki empat lagu, di tangga lagu Billboard World Digital Song Sales. Bahkan, di waktu yang sama saat rilis, lagu Ddu-Du-Ddu-Du memecahkan rekor sebagai video musik Korea yang paling banyak ditonton di Youtube, dalam waktu 24 jam.

10. Alan Walker: 32,2 juta 213 video

Alan Walker - 32,2 juta 213 video - Musisi Dengan Subscriber Youtube Terbanyak di Dunia, Ada Idolamu

Tidak hanya Marshmello yang berhasil menjadi DJ atau musisi dengan subscriber Youtube terbanyak di dunia, karena Alan Walker juga memiliki subscriber yang tak kalah banyak, yakni 32,2 juta. DJ asal Norwegia yang lahir pada 24 Agustus 1997 ini, bahkan mampu menempati peringkat 36 dalam DJ Mag’s Top 100 DJs list of 2008.

Meski masih muda, ia sangat lihai mempelajari musik secara otodidak dari komputer. Alan Walker juga tidak memiliki sejarah musik, namun dengan kegigihannya, ia belajar musik dengan menjelajahi video-video di Youtube, tentang produksi musik.

Hingga akhirnya, ia meluncurkan lagu berjudul Faded pada tahun 2014, dan langsung meledak d Youtube. Bahkan, ia berhasil mendapatkan lebih dari 200 juta penonton di Youtube dari lagunya tersebut.

Pada 22 Februari 2019, Walker merilis single baru berjudul Are You Lonely. Sampai pada saat ini, video klip lagu tersebut sudah tembus 28 juta view.

(Baca Juga: Kebiasaan Unik Musisi Dunia)
Indonesia Juga Punya Tokoh Publik Dengan Subscriber Terbanyak

Tidak hanya musisi di mancanegara, Indonesia sendiri juga punya tokoh publik yang memiliki jumlah subscriber Youtube terbanyak. Sebut saja seperti Atta Halilintar dan Ricis Official, yang sampai saat ini masih menjadi youtuber dengan subscriber terbanyak di Indonesia.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa banyaknya subscriber akan sangat memengaruhi pendapatan pemilik channel Youtube tersebut. Bahkan, pendapatan yang bisa kamu dapatkan, bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Punya Pendapatan Besar? Diinvestasikan Saja!

Nah, mumpung masih muda, kamu bisa loh menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk investasi. Terlebih, kini banyak youtuber-youtuber baru, yang memiliki jumlah subscriber cukup banyak.

Kamu bisa lihat berbagai informasi tentang jenis-jenis investasi, yang bisa kamu pilih. Mulai dari reksadana, saham, deposito, dan lain-lain. Yuk, investasikan sebagian gajimu, untuk masa depan yang lebih cemerlang.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk