Nadiem Makarim Gak Sendirian, Ini Deretan Menteri Milenial Dunia

3 min. membaca Oleh CekAja on

Sebagian besar dari kita menghabiskan masa muda dengan menyelesaikan pendidikan, menikmati masa-masa awal bekerja, bersenang-senang, mengaktualisasikan diri, menjalani hobi, hingga mengikuti perkembangan tren terkini di bidang fesyen, kuliner, maupun teknologi. Hanya sebagian kecil dari kita yang tertarik dengan urusan politik, apalagi terlibat di dalamnya. Sebagian mungkin malah masih apatis dan tidak peduli dengan urusan politik.

Nadiem Makarim

Namun, akhir-akhir ini banyak generasi muda yang mulai melek dengan urusan politik. Setidaknya, banyak anak muda yang mulai menunjukkan keberanian dengan mengikuti perkembangan politik dalam dan luar negeri. Banyak juga yang berani menyuarakan pendapat atau bahkan mengkritik kebijakan pemerintah.

Tak sedikit juga anak muda yang turut andil terjun langsung ke dalam dunia politik. Kita bisa melihat dengan semakin banyaknya anak muda yang mencalonkan diri dalam bursa pemilihan anggota legislatif. Tidak sedikit pula yang terpilih menjadi wakil rakyat. Di antara banyak anak muda yang terjun ke dunia politik ini, ada juga beberapa yang terpilih untuk menjadi menteri. Berikut ini daftar menteri termuda di dunia termasuk Nadiem Makarim:

1. Shamma Al Mazrui (UEA)

Shamma Al Mazrui diangkat menjadi menteri pada tahun 2016. Ia dipercaya menduduki posisi Menteri Urusan Kepemudaan Negara di Uni Emirat Arab. Saat jabatan itu diberikan padanya, usianya baru 22 tahun.

Jangan salah, Shamma punya latar belakang pendidikan yang keren. Ia menerima gelar Bachelor of Arts di bidang Ekonomi dari New York University di Abu Dhabi. Ia juga mengantongi gelar Magister Kebijakan Publik dari Oxford University pada tahun 2015.

Pada tahun 2018, Ia berhasil memecahkan rekor Guinnes World of Records sebagai menteri termuda di dunia. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Syed Saddiq.

(Baca juga: Mengintip Kekayaan Nadiem Makarim, Calon Menteri Baru Jokowi)

2. Syed Saddiq (Malaysia)

Pemberitaan mengenai Syed Saddiq sempat viral di dunia maya termasuk di Indonesia. Hal itu dikarenakan prestasinya yang telah menjabat sebagai menteri pada usia muda.

Syed Saddiq menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga di Malaysia. Saat menerima jabatan tersebut, usianya baru 25 tahun. Ia tercatat sebagai menteri termuda di Malaysia sepanjang sejarah.

Menteri yang dikenal memiliki wajah rupawan ini adalah lulusan International Islamic University Malaysia jurusan hukum.

3. Sebastian Kurz (Austria)

Austria pernah mengambil keputusan besar dengan mengangkat Sebastian Kurz sebagai menteri pada tahun 2017. Kurz menerima jabatan sebagai Menteri Urusan Luar Negeri dan Integrasi. Saat itu usianya baru 27 tahun.

Ia sudah terjun ke panggung politik sejak tahun 2013 sebagai anggota Partai Rakyat di Austria. Pada usia 31 tahun, ia menjadi salah satu politikus Austria termuda yang pernah dimiliki Austria.

4. Simon Harris (Irlandia)

Pada tahun 2016, Simon dipercaya untuk menjadi Menteri Kesehatan di Irlandia. Saat menerima jabatan itu, usianya baru 29 tahun.

Pengalaman Simon di bidang politik tidak hanya itu. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Bagian di Departemen Keuangan PER dan Taoiseach periode 2014-2016. Saat itu ia bertanggung jawab atas pengadaan umum dan internasional.

5. Anupriya Patel (India)

Perempuan kelahiran Kanpur, negara bagian Uttar Pradesh ini dinobatkan Majelis Parlemen India sebagai Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga pada tahun 2016. Saat menerima jabatan itu, usianya baru 35 tahun. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Apna Dal.

Anupriya Patel adalah penyandang gelar S2 Psikologi dan Master in Business Administration dari Universitas Lady Shri Ram, Universitas Amity, dan Universitas Kanpur.

6. Nadiem Makarim (Indonesia)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim merupakan sosok menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju. Founder Gojek Indonesia ini lahir di Singapura pada 4 Juli 1984. Artinya, pemilik gelar MBA dari Harvard University ini sekarang baru berusia 35 tahun.

Terpilihnya Nadiem sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sempat menjadi sorotan karena pendidikan bukanlah bidang yang digeluti Nadiem. Namun, Presiden Joko Widodo memiliki alasan tersendiri ketika mengambil keputusan itu. Katanya, Indonesia membutuhkan orang yang memahami penggunaan dan pengelolaan Internet of Things (IoT), artificial intelligence, hingga big data.

Seperti kita semua ketahui, capaian Nadiem di bidang ini memang tidak main-main. Setelah menyelesaikan kuliahnya, Nadiem kembali ke Indonesia dan sempat bekerja di tiga perusahaan yakni perusahaan konsultan McKinsey & Company, Zalora Indonesia, dan Kartuku.

(Baca juga: Gaji Menteri, Berapa Sih Kira-kira?)

Pada Oktober 2010, Nadiem bersama dua orang kawannya mendirikan PT Karya Anak Bangsa yang memiliki platform Gojek. Gojek kemudian berkembang menjadi super app yang menyediakan berbagai layanan dalam satu aplikasi. Gojek merupakan satu-satunya startup decacorn asli Indonesia.

Terlibatnya generasi muda dalam dunia politik praktis tentu mengubah wajah perpolitikan. Anggapan bahwa pejabat sudah pasti bapak-bapak atau politik hanya untuk orang tua sudah tidak berlaku lagi. Diangkatnya beberapa menteri muda juga makin meningkatkan kepedulian generasi muda di dunia politik. Semoga daftar menteri termuda di dunia ini menginspirasi kita semua untuk memanfaatkan masa muda kita sebaik mungkin, ya. Eits, tapi catat ya, gak semua pejabat pemerintahan sekelas menteri ini berasal dari kalangan politikus. Nadiem misalnya, ia berasal dari kalangan profesional.

Tentang kami

CekAja

CekAja