Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Naksir Sama Bos? Begini Caranya Agar Tetap Profesional di Tempat Kerja

by Ariesta on 20 Juni, 2016

uu ketenagakerjaan _ CekAja.com

Ladies, jatuh cinta pada bos mungkin saja terjadi. Apalagi kalau bosmu merupakan sosok mengagumkan dan menginspirasi.

Ada banyak keuntungan kalau pacarmu adalah bosmu sendiri. Salah satunya, kamu bisa lebih sering bertemu dan bisa saling mengawasi. Namun keuntungan ini sebanding dengan risikonya. Pacaran dengan rekan kerja yang selevel saja bisa menjadi masalah, apalagi dengan bos. Minimal kamu harus tahan menerima sangkaan buruk kalau kamu cuma memanfaatkan status  untuk kemajuan karier.

Jadi apabila kamu belum benar-benar jadian alias baru lirik-lirikan saja, kamu harus sadar kalau punya hubungan personal dengan bos bisa sangat rumit. Nah untuk kamu yang sedang kasmaran dengan si bos, ini tips agar tetap profesional di kantor.

Ketahui batas

Jangan campur urusan pribadi dengan pekerjaan. Kamu mungkin punya hubungan spesial dengan bos, tapi bukan berarti kamu punya kuasa untuk menggunakan statusmu di kantor. Jangan Bawa-bawa soal cinta karena kamu tidak digaji untuk itu. Di kantor, tetap anggap dia sebagai bos yang harus kamu hormati. (Baca juga: Pelajaran Karier dari Film My Stupid Boss) 

Jangan mau disetir

Kamu mungkin berhasil meraih hati si bos. Dan kamu merasa beruntung karena dari sekian banyak wanita, kamulah yang dipilih. Tapi jangan biarkan hal ini membuatmu disetir. Bukan berarti karena berpacaran dengan bos, kamu harus menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’ sesuai keinginan bos, termasuk dalam kehidupan pribadi sekalipun. Kalau kamu memberikan keleluasan ini pada bos, dia akan menaruh lebih banyak ekspektasi dan tuntutan dalam pekerjaanmu.

Kamu dan bos setara

Seperti yang sudah disebutkan tadi, kamu harus memisahkan urusan pribadi dengan profesional. Di kantor, kalian adalah atasan dan bawahan. Tapi di luar kantor, kalian setara. Pastikan pasanganmu memeperlakukan kamu bukan seperti bos memperlakukan bawahannya. Misalnya senang menyuruh, menuntut atau bahkan tidak menghormatimu. Kalau kamu merasa diperlakukan demikian, segera bicarakan demi kelangsungan hubungan.

Jangan mengumbar kemesraan

Saat kamu jatuh cinta dengan seseorang, memang sulit untuk tidak saling tatap saat berpapasan dan sulit mengontrol muka yang merah merona. Tapi sikap seperti ini harus dihentikan. Selain membuatmu terlihat tidak profesional, rekan kerja yang lain jadi punya alasan untuk membencimu. Jadi sebelum menerima perasaan si bos, baiknya pertimbangkan dulu hal ini:

Hidup bisa berubah jadi buruk

Berpacaran dengan bos menempatkanmu dalam posisi berisiko. Saat dia marah, dia bisa mengabaikanmu di tempat kerja sehingga mempengaruhi nilai kinerjamu. Atau saat dia kesal, dia bisa menggunakan dominasinya untuk mengancam. Kondisi seperti ini tidak akan membuat hidupmu bahagia.

Rekan kerja yang lain bisa memandang rendah dirimu 

Saat mereka tahu tentang hubunganmu dengan bos, siap-siap saja menjadi bahan gunjingan banyak orang. Mereka akan menganggap promosi yang kamu dapatkan berhubungan dengan statusmu sebagai pacar si bos. Mereka mungkin tidak menganggap usaha dan keahlianmu karena kamu adalah ‘anak emas’. 

Jangan jadi si mulut ember

Mungkin tanpa sengaja kamu menceritakan gosip kantor pada pasangan yang juga bosmu. Dan meski kamu berusaha memisahkan urusan kantor dan pribadi, bos yang juga pasanganmu akan membuat kebijakan berdasarkan omonganmu! Sudah siap jadi bahan cibiran rekan sekantor?

Cemburu di tempat kerja

Bosmu akan banyak berinteraksi dengan kolega maupun klien. Dan jika dia terlalu banyak menghabiskan waktu dengan orang lain bahkan kelewat ‘ramah’ dengan mereka, kamu bisa dilanda cemburu. Rasa posesif muncul dan akhirnya kamu pun berusaha mengontrol pasanganmu. Kalau sudah begini, niat untuk tidak mencampurkan urusan kantor dan pribadi pun runtuh.

Bersaing dengan rekan kerja

Kalau kamu memutuskan untuk menyembunyikan hubunganmu, sudah siapkah saat ada rekan kerja lain yang naksir dengan si bos? Yang lebih buruk, bagaimana kalau dia meminta kamu untuk jadi mak comblang? Kantor bisa berubah jadi medan perang. (Baca juga: Selain My Stupid Bos, Inilah Lima Film yang Bercerita Bos Menyebalkan) 

Saat hubungan berakhir…

Saat putus, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tempat kerja baru. Ya ini harus kamu lakukan untuk meredam gosip tak enak, kalau kamu masih ingin menyelematkam kariermu, dan yang pastinya supaya kamu cepat move on.

Sudah siap dengan segala risikonya?

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami