10 Nama Desa Paling Unik di Indonesia, Dijamin Bikin Kamu Tercengang!

Tahukah kamu, kalau ternyata ada banyak sekali nama desa paling unik di Indonesia yang bikin terbahak-bahak. Bagaimana tidak, pasalnya nama-nama desa tersebut tidak hanya unik, tetapi juga nyentrik dan bahkan di luar nalar seseorang.

Pariwara

Namun dibalik uniknya nama suatu desa, pasti ada sejarah atau harapan yang melatarbelakanginya.

Karena seperti yang diketahui, nama merupakan identitas atau penanda, yang sifatnya mutlak di dunia ini.

Sehingga dengan adanya nama, orang-orang jadi tahu dan lebih mudah mengenal sesuatu, termasuk nama desa.

Tetapi uniknya, ada beberapa desa di Indonesia yang memiliki nama sangat nyentrik, yang mungkin membuatmu percaya tidak percaya, atau bahkan menganggap nama desa tersebut hanya sebuah lelucon.

Daripada penasaran, apa saja nama desa paling unik di Indonesia itu, pada artikel kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

10 Nama Desa Paling Unik di Indonesia

Berbicara tentang nama desa paling unik di Indonesia, sebenarnya hampir semua provinsi di Indonesia, mungkin memiliki desa dengan nama yang sangat unik.

Namun, untuk memudahkanmu mengetahui apa saja nama desa tersebut, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 di antaranya, yang akan diulas sebagai berikut.

1. Desa Kandangsapi

Nama desa paling unik di Indonesia yang pertama, yaitu Desa Kandangsapi. Siapa di antara kamu yang pernah mendengar nama desa ini? Kalau belum, yuk berkenalan terlebih dahulu!

Desa yang memiliki nama Kandangsapi ini, merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Jenar, Sragen, Jawa Tengah.

Meski bernama Kandangsapi, namun bukan berarti desa ini ditinggali oleh warga setempat, bersama ribuan sapi penghasil susu lainnya.

Justru sebaliknya, desa ini benar-benar tidak berisikan sapi penghasil susu apapun, dan seutuhnya dijadikan tempat tinggal manusia.

(Baca Juga: Desa Terbaik di Indonesia)

2. Desa Pocong

Kalau nama desa yang sebelumnya sangat unik, karena menggunakan nama untuk tempat penyimpanan hewan.

Maka nama desa kali ini cenderung menyeramkan, karena bernama Desa Pocong. Terletak di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, desa ini diketahui seringkali digentayangi oleh pocong, yang menampakkan wujudnya kepada warga setempat.

Biasanya, makhluk halus yang satu itu gentayangan dan menampakkan wujudnya di hutan, berdasarkan pengakuan penduduk sekitar.

Di Kabupaten Bangkalan sendiri, pocong dipercaya sebagai salah satu warga yang meninggal dan baru dikebumikan.

Nah dari penjelasan tersebut, sudah bisa diketahui dengan jelas bukan, asal-usul tercetusnya nama pocong untuk desa yang satu ini?

3. Desa Tutup

Berikutnya ada Desa Tutup, yang masuk ke dalam daftar nama desa paling unik di Indonesia.

Bagaimana tidak, pasalnya buat masyarakat luar yang tidak mengetahuinya, bisa saja menganggap kalau ‘tutup’ ini bukanlah nama desa.

Melainkan, mereka menganggap kalau desa ini benar-benar tutup. Apalagi, di warga setempat terdapat lelucon yang mengatakan “jangan pernah ke Kantor Kepala Desa Tutup, karena tidak buka”.

Namun perlu diketahui, kalau itu hanya lelucon ya. Jadi, jika kamu penasaran dan ingin berkunjung, serta melihat langsung nama desa tersebut, bisa datang langsung ke Blora, Jawa Timur.

4. Desa Koplak

Hayo, siapa di sini yang tidak tahu koplak? Sebagai istilah gaul, koplak sering digunakan oleh anak-anak muda, untuk menyebut temannya yang ceroboh namun konyol.

Namun menariknya, istilah gaul yang digunakan anak-anak muda tersebut, ternyata juga merupakan nama suatu dusun yang berlokasi di Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman.

Ya, nama desa paling unik di Indonesia ini adalah Desa Koplak. Buat kamu yang pertama mendengarnya, mungkin ada rasa tidak percaya.

Tetapi realitanya, desa ini benar adanya dan tak jarang membuat wisatawan yang datang, tertawa terbahak-bahak.

5. Desa Kasihan

Selain empat desa di atas, ada satu lagi desa yang namanya membuat perut tergelitik saat mendengarnya, yaitu Desa Kasihan.

Nama desa paling unik di Indonesia yang satu ini, seringkali membuat seseorang salah paham saat mendengarnya, karena merasa dikasihani.

Padahal, maksudnya bukan itu. Bisa saja orang lain sedang menyebutkan nama desa yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini.

Jadi, sebelum malu karena sudah berburuk sangka, pastikan terlebih dahulu kalau orang tersebut memang sedang menyebutkan nama desa ini, ya!

6. Desa Kasmaran

Sebagian dari kamu pasti bertanya-tanya, apakah Desa Kasmaran ini diberi nama kasmaran, karena berhasil membuat orang yang datang ke desa ini jatuh cinta, atau menemukan jodohnya?

Eits, bukan seperti itu! Karena faktanya, itu hanya merupakan sebuah nama untuk suatu desa di Sumatera Selatan, yang terletak sekitar 25 kilometer dari Kota Sekayu.

Jadi, itu hanya sebuah nama, ya! Tetapi, kalau penasaran ingin mengadu peruntungan, silahkan dicoba dan semoga berhasil!

7. Desa Kebocoran

Di urutan ketujuh ada Desa Kebocoran, yang menjadi bagian dari daftar nama desa paling unik di Indonesia versi CekAja.com.

Meski memiliki nama kebocoran, namun bukan berarti rumah setiap warga desa ini selalu kebocoran. Melainkan, nama ini masih berhubungan erat dengan sejarah di masa lalu.

Yang mana, nama dari setiap desa di Kabupaten Banyumas ini, tidak bisa terlepas dari cerita rakyat Babad Kamandaka.

Buat kamu yang belum tahu, Babad Kamandaka merupakan sebuah kisah zaman kerajaan, yang bercerita tentang perjuangan Raden Banyak Catra, yang diyakini sebagai puta Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran.

8. Desa Malingmati

Salah satu nama desa paling unik di Indonesia yang satu ini, sudah pasti berhasil membuat siapa saja yang menyebutkannya penasaran.

Bagaimana tidak, pasalnya desa ini bernama Malingmati. Buat mereka yang bukan warga setempat, mungkin sempat terlintas pikiran, kalau desa ini bisa jadi merupakan tempat dikebumikannya para maling.

Namun ternyata, realitanya tidak seperti itu. Dinamakan dengan Malingmati, karena desa yang terletak di Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro ini, sering mengalami kekeringan saat musim kemarau tiba. Sehingga, sumber air pun sulit ditemukan.

9. Desa Siluman

Selain Desa Pocong, ternyata ada pula desa yang bernama Desa Siluman. Nama desa paling unik di Indonesia ini, terletak di Kecamatan Pabuaran, Subang, Jawa Barat.

Dibandingkan unik, sepertinya nama des aini lebih cocok disebut menyeramkan. Meski begitu, nama desa ini justru tidak ada kaitannya dengan siluman.

Nama Desa Siluman ini, awalnya diberikan karena berasal dari sebuah sungai kecil, yang bernama Ci Silukman.

10. Desa Montok

Nama desa paling unik di Indonesia yang terakhir, yaitu Desa Montok. Hayo, siapa di antara kamu yang mendengar nama desa ini langsung tertawa terbahak-bahak?

Montok sendiri, pada dasarnya merupakan istilah yang ditujukan untuk bentuk tubuh seseorang.

Tetapi kali ini, istilah itu digunakan sebagai nama suatu desa di wilayah Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, sehingga banyak menarik perhatian.

Apalagi, desa ini juga dikembangkan oleh pemerintah setempat sebagai desa wisata. Yang mana, menyimpan banyak destinasi wisata alam yang memukau, seperti misalnya pantai Talang Siring.

Dan tidak hanya itu, di kawasan pantai juga terdapat banyak produk lokal, diproduksi masyarakat setempat, yang digadang-gadang mampu meningkatkan ekonomi dan pariwisata masyarakat desa itu sendiri.

(Baca Juga: Desa Terindah di Dunia)

Itulah beberapa nama desa paling unik di Indonesia, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua desa tersebut, tentunya bisa kamu kunjungi secara langsung di daerahnya masing-masing.

Namun sebelum berkunjung ke desa tersebut, pastikan kamu sudah mengetahui terlebih dahulu beberapa informasi dasarnya, dan mempersiapkan berbagai macam keperluan yang dibutuhkan.

Selain itu, dalam kondisi seperti saat ini, pastikan pula kamu sudah melakukan rapid test antigen atau swab test PCR, untuk mengetahui bahwa tubuhmu sehat dan terbebas dari infeksi virus Covid-19.

Kemudian, jangan lupa juga untuk selalu melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan akan menanggung semua biaya pengobatan dan perawatan, selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kesehatanmu, maka kamu bisa segera memeriksakannya ke dokter, tanpa perlu khawatir dengan besarnya biaya yang harus dibayarkan.

Jadi, buat kamu yang belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, yuk segera ajukan secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan yang optimal!

Pariwara