Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Nama Tercantum dalam Kredit Tak Terbayar

by JTO on 12 September, 2014

Halo Mbak Prita, saya Andi. Saya sudah memiliki kartu kredit cukup lama dan sampai saat ini nama saya sudah pernah masuk dalam kredit tak terbayar atau blacklist. Saya agak khawatir, maka dari itu saya ingin menanyakan, apakah saya masuk dalam kategori BI checking? Dengan kondisi pernah masuk dalam kredit tak terbayar, apakah saya masih bisa mengajukan pinjaman uang dari lembaga keuangan lainnya? Terima kasih.

 

Prita menjawab:

prita-pngHalo Andi, BI Checking yang Anda maksud seperti merupakan Sistem Informasi Debitur (SID) di Bank Indonesia. SID adalah sebuah database mengenai rapor kredit seseorang.

Sebagai debitur existing maupun yang masih calon, Anda berhak untuk mengetahui seperti apa nilai rapor kredit Anda saat ini. Dalam dokumen tersebut, setiap transaksi finansial yang dilakukan oleh seseorang akan terekam secara jelas. Misalnya Anda memiliki kartu kredit dari bank tertentu, di situ akan terlihat bagaimana profil pembayaran Anda setiap bulannya. Apakah selalu melunasi penuh tagihan atau hanya membayar cicilan minimumnya. Apakah Anda membayar tepat waktu atau melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

Dari aspek kolektibilitas, rapor Anda dapat tergolong; lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan, macet. Kredit Anda tergolong non-performing loan apabila termasuk kategori “dalam perhatian khusus” atau bahkan lebih buruk. Meski begitu, Anda tidak tergolong kedalam Daftar Hitam Nasional Bank Indonesia, karena istilah ini hanya digunakan terkait dengan Cek dan atau Bilyet Giro. Sistem Informasi Debitur juga akan menyimpan data Anda selama 24 bulan terakhir, berdasarkan laporan dari berbagai bank dan lembaga pemberi pinjaman.

Biasanya, aplikasi Anda akan ditolak jika nilai dari hasil proses BI Checking tergolong non-performing loan. Kreditur juga akan lebih berhati-hati jika Anda tidak memiliki catatan sebagai peminjam, karena agak sulit bagi mereka untuk memprediksi bagaimana “kelakuan” Anda kelak.

Aplikasi pengajuan kredit seseorang umumnya disetujui jika Anda lolos kriteria 5C yaitu Character, Capacity (kapasitas dalam membayar pinjaman), Collateral (kualitas dan besaran agunan), Conditions (kondisi keuangan Anda secara umum), dan Capital (modal awal yang Anda miliki selain dari pinjaman). Sehingga, selain Anda saat ini usahakan memiliki rapor kredit lancar, jangan lupakan juga 4 kriteria lainnya. Jangan lupa juga untuk minta surat keterangan lunas dari bank atau lembaga keuangan yang pernah memberi Anda fasilitas pinjaman agar rapor kredit dapat terus bagus. Live a Beautiful Life!

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.