Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Nasihat Keuangan Penting Buat Kalian yang Masih Pacaran

by Surtan Siahaan on 17 Mei, 2016

atur uang untuk pasangan menikah _ kartu kredit - CekAja.com

Saat pacaran adalah saat yang paling indah. Sebab, kamu punya seseorang yang istimewa untuk berbagi semua hal mulai dari kegembiraan hingga permasalah dalam hidup. Saat pacaran , kamu juga punya motivasi untuk hidup dan mengembangkan diri lebih baik lagi.

Bicara soal pacaran, ada satu permasalah yang sering dihadapi anak muda yang terkait dengan keuangan. Terkadang masalah satu ini bisa bikin runyan dan bikin hubungan memburuk. Untuk membantu kalian yang masih muda, artikel berikut ini punya sejumlah nasihat dan larangan soal keuangan dalam berpacaran. Simak agar keuanganmu sehat.

Dont

Jangan pinjamkan kartu kredit/ debit pada pacar

Pelajaran pertama, jangan pernah pinjamkan kartu kredit atau kartu debit pada pasangan. Terlebih jika kamu tidak pernah tahu kebiasaan belanja pasangan, apakah dia tergolong orang bijak atau konsumtif. Dengan menolak memberi pasangan pinjaman uang, bukan berrarti dia adalah orang jahat dan kamu orang yang pelit. Dengan memisahkan keuangan kalian berdua, sebenarnya kamu sudah membantu untuk membuat pasangan lebih mandiri soal keuangan. Lagi pula, kartu tersebut dikeluarkan atas nama kamu, maka sudah semestinya hanya kamu seorang yang berhak untuk mengaksesnya.

Rekening bersama

Ide rekening bersama sangat buruk diterapkan bila kamu masih pacaran. Selalu ingat untuk bersikap rasional dengan memisahkan masalah perasaan dengan keuangan. Bila tujuannya untuk mengumpulkan uang demi masa depan, tidak ada salahnya menggunakan rekening terpisah. Lagi pula akan repot mengurus uang bila kalian harus berpisah kelak. (Baca juga: Serba-serbi Tarik Tunai Kartu Kredit yang Harus Kamu Ketahui)

Jangan belikan semua yang dia mau

Mungkin kamu punya pikiran seperti ini: Tidak masalah mengorbankan sedikit uang membelikan pasangan perhiasan atau gadget canggih dengan harapan dia semakin mencintai kamu. Percayalah, pikiran seperti ini adalah kesalahan yang akan membuat kamu menyesal. Bila dia memang orang yang baik, dia akan tetap mencintai kamu tanpa pemberian-pemberian mahal tersebut.

Tidak membicarakan soal uang

Jangan menganggap pembicaraan soal uang adalah hal yang tabu saat masih pacaran. Justru dengan membicarakan persoalan “sensitif” ini sejak dini, kalian akan belajar untuk lebih transparan dan mengenal satu sama lain. Cobalah untuk saling terbuka dan jujur. Siapa tahu, kamu bisa menyelsaikan masalah keuangan seperti utang kartu kredit yang selama ini membebani kamu, begitu pun sebaliknya.

Do

Patungan saat makan

Jika setiap makan selalu kebagian jatah membayar, bisa-bisa pasangan kita akan pikir dua kali bila diajak makan atau nonton. Ingat, pasangan kita bukan ATM yang bisa mengeluarkan uang setiap saat. Ada baiknya untuk lebih toleran soal keuangan. Misalnya kamu bisa patungan atau gantian traktir saat makan atau nonton berdua. (Baca juga: Berencana Menikah Tahun Ini? Begini Simulasi Biayanya)

Saling mengingakan untuk nabung

Keseriusan pacar bisa dinilai dari seberapa disiplin dia menabung. Apalagi, jika kalian berniat meningkatkan hubungan ke arah yang lebih serius lagi. Agar pasangan tidak lupa menabung, coba untuk saling mengingatkan. Terlebih, saat hari gajian atau menerima bonus kerja.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami