Negara dengan Kasus Covid-19 Tertinggi di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia yang berhasil merenggut nyawa banyak penduduknya. Hingga saat ini wabah belum berakhir, dan kita wajib untuk terus waspada.

Pandemi Covid-19 masih berlangsung sampai saat ini. Jumlah keseluruhan kasus virus corona global telah melampaui angka 174 juta, sementara kematian telah meningkat menjadi lebih dari 3,74 juta, menurut Universitas Johns Hopkins.

Hingga Senin pagi 7 Jumi 2021, jumlah total kasus mencapai 174.052.586 menurut Pusat Sains dan Teknik Sistem Universitas (CSSE) terungkap dalam pembaruan terbarunya.

AS menyumbang jumlah kasus dan kematian tertinggi di dunia dengan masing-masing 34.210.782 dan 612.366.  Sedangkan India berada di tempat kedua dengan 28.909.975 infeksi dan 349.299 kematian.

Tingginya jumlah kasus dan kematian di dua negara tersebut menjadikan Amerika Serikat dan India masuk ke daftar negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia.

Karena beberapa negara masih terus melaporkan kasus baru tiap harinya maka kita akan memberikan update terbaru daftar negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia. 

(Baca Juga: Perbedaan Biaya Hidup di Apartemen dan Rumah Biasa)

Negara dengan Kasus Covid-19 Tertinggi di Dunia

Masuk ke dalam daftar negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia bukanlah sebuah prestasi yang menggembirakan. Berikut ini adalah daftar negara dengan kasus tertinggi di dunia melansir dari Worldometers.info :

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat mencatatkan kejadian kasus Covid-19 sampai saat ini sebanyak 34.210.782 kasus. Selama pandemi ini berlangsung paling tidak sudah ada 612.366 warga Amerika Serikat yang meninggal dunia.

Jumlah kematian ini menjadi yang tertinggi di dunia. Sampai saat ini kasus aktifnya ada 5.475.679 dan jumlah orang yang sudah sembuh dari Covid-19 sebanyak 28.122.737 orang.

Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia saat ini.

2. India

India menjadi negara kedua yang terburuk yang terkena pengaruh virus Covid-19. Ini menjadikan India masuk daftar negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia urutan kedua.

Sampai saat ini India melaporkan kasus Covid-19 di negaranya mencapai 28.909.975. Saat ini India sedang merasakan gelombang kedua virus Covid-19 dengan total kematian sampai 349.229.

Sedangkan sebanyak 27.159.180 orang sudah sembuh dari penyakit ini sehingga hanya ada sekitar 1.401.566 kasus aktif di negara tersebut.

Negara bagian Maharashtra, Kerala, Karnataka, Uttar Pradesh, dan Tamil Nadu termasuk di antara lima negara bagian yang paling parah terkena dampak di India.

3. Brazil

Brazil menempati urutan ketiga dalam daftar negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia. Kasus infeksi virus Covid-19 sampai saat ini di Brazil mencapai angka 16.947.072.

Jumlah total kematian selama pandemi ini berlangsung adalah sebanyak 473.495. Kasus kematian akibat virus Covd-19 ini semakin melonjak di Brazil.

Sedangkan untuk kasus aktif di Brazil sampai sekarang mencatat di angka 1.131.281 kasus karena sebanyak 15.342.286 orang telah sembuh. 

4. Prancis

Selanjutnya ada negara Prancis yang masuk daftar negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia yang berada di urutan keempat.

Prancis mencatatkan jumlah total kasusnya sebanyak 5.712.753. Sedangkan untuk total kematian warganya mencapai 109.998 orang. 

Meskipun begitu sampai saat ini Prancis hanya mempunyai 193.645 kasus aktif. Orang yang sudah sembuh dari penyakit Covid-19 sendiri sebanyak 5.409.110. 

5. Turki

Turki menjadi negara selanjutnya di urutan kelima yang masuk daftar negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia. Sampai saat ini Turki mencatat jumlah total kasus di negara itu sebanyak 5.287.980.

Sedangkan sebanyak 48.164 orang meninggal dunia selama pandemic yang disebabkan oleh virus Covid-19 ini. Dalam 5 negara teratas dengan jumlah total kasus Covid-19 terbanyak, Turki adalah negara dengan jumlah total kematian yang paling rendah.

Sampai sekarang kasus aktif di negara Turki sebanyak 79.042 kasus. Dalam kasus aktif tersebut hanya 1% saja yang mengalami sakit yang serius.

Jumlah kasus harian di Turki juga semakin rendah saat ini dimana hanya ada 5.386 kasus pada 6 Juni 2021. Berbeda dengan pertengahan bulan April yang kasus hariannya bisa mencapai 63.000 orang.

Nah itu dia daftar negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia. India menjadi salah satu negara yang disoroti dunia kali ini.

Pemerintah India kembali melonggarkan beberapa pembatasan setelah hantaman gelombang kedua virus Covid-19 ini. Ini memungkinkan dibukanya pasar dengan jam terbatas. 

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sampai saat ini Indonesia berada di urutan 18 setelah Peru. Indonesia mencatatkan total kasus Covid-19 sebanyak 1.856.038.

Sedangkan jumlah total kematiannya sebanyak 51.612 orang.  Jumlah kasus aktif di Indonesia sebanyak 98.455 orang. Jumlah ini semakin meningkat akibat adanya mudik dan libur lebaran. 

Jumlah kasus Covid-19 yang tinggi ini membuat Indonesia menjadi negara dengan kasus Covid tertinggi di Asia Tenggara.

Apalagi ditambah dengan masuknya varian baru virus Covid-19 yang diperkirakan penyebarannya semakin masif. 

Karena hal inilah Pemerintah Indonesia masih memberlakukan beberapa pembatasan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pembatasan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia masih dalam skala mikro setingkat RT/RW terutama bagi yang wilayahnya banyak yang terinfeksi.

Diharapkan masyarakat juga berperan aktif dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

(Baca Juga: Asuransi Perjalanan Murah dan Terbaik di Tahun 2021)

Memiliki kesehatan yang baik memang menjadi suatu hal yang diinginkan oleh semua orang. Karena dengan kesehatan yang baik, kita dapat menikmati hidup lebih nyaman dan menyenangkan.

Oleh karena itu, di masa pandemi seperti sekarang ini, penting untuk kita memiliki asuransi kesehatan. Karena dengan adanya asuransi kesehatan, kita akan lebih mudah mengakses layanan kesehatan.

Baik itu untuk diri kita sendiri, atau pun juga untuk anggota keluarga lainnya.

Saat ini juga penawaran asuransi kesehatan sangat banyak dan beragam premi nya, jadi anggapan asuransi kesehatan itu mahal perlahan pudar.

Jadi, untuk kalian yang belum memiliki asuransi kesehatan, ada baiknya mulai memikirkan dari sekarang.

Miliki asuransi kesehatan dari pemerintah, atau pun jika menginginkan asuransi kesehatan swasta pun bisa.

Untuk mengajukan asuransi kesehatan swasta dapat melalui CekAja.com. Laman ini menyediakan pengajuan asuransi dengan premi yang beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Selain itu prosesnya pun dilakukan secara online, jadi tak membuat repot untuk pergi ke kantor asuransi.

Untuk keamanannya, CekAja.com sudah terdaftar secara resmi di OJK dan produk asuransi yang tersedia di CekAja.com, didukung oleh PT Barron Pandu Abadi, broker asuransi resmi yang bekerjasama secara eksklusif dengan CekAja.com.

Jadi tunggu apalagi? Yuk ajukan asuransi kesehatan melalui CekAja.com.