Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Negara dengan Tiket Pesawat Murah dari Indonesia

by Rini Agustina on 5 Maret, 2020

Kendala terbesar orang-orang yang ingin berlibur adalah tiket pesawat yang mahal, khususnya untuk destinasi terkenal seperti Raja Ampat atau Lombok. Jika dulu beberapa maskapai low budget mengadakan banjir promo tiket pesawat murah hingga 50% hal itu kini sulit ditemui setelah pemerintah membuat kebijakan batas tarif atas dan bawah. Kita hanya bisa mengandalkan berbagai promo maskapai, itupun dengan jumlah terbatas, apalagi untuk tiket di peak season. 

6 Negara dengan Tiket Pesawat Murah dari Indonesia

Namun jangan berkecil hati, meskipun kesempatan kita mendapatkan tiket pesawat murah cukup sulit bukan berarti tidak ada cara. Sebab Anda masih berkesempatan memiliki tiket pesawat murah dengan trik berikut ini:

Cara Cari Tiket Pesawat Murah

Jika Anda hendak berlibur bersama teman dan keluarga, sebaiknya beli tiket secara terpisah jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah. Apa sebab? Anda bisa memilih tempat duduk paling belakang atau paling dekat dengan mesin pesawat yang biasanya dibanderol murah. Jika membeli secara rombongan biasanya kursi belakang ini tidak muncul dalam aplikasi pemesanan tiket pesawat.

Memilih maskapai penerbangan menjadi hal penting dalam menentukan harga tiket pesawat. Misalnya untuk jenis maskapai Low Cost Carrier (LCC) biasanya harga tiket bakal lebih murah jika dipesan dari jauh-jauh hari dan meningkat beberapa hari sebelum keberangkatan.

Sementara maskapai full-service cenderung menerapkan year-round fare pada harga tiket pesawat, sehingga harganya tidak akan berubah sepanjang waktu. Bahkan bisa jadi harga tiketnya lebih murah dibanding LCC. 

Akhir pekan, long weekend, dan musim liburan adalah peak season. Biasanya pada periode ini harga tiket pesawat bisa melambung hingga 30%. Sebagai gantinya cobalah berlibur di low season yang terjadi antara September-November dan Februari-April.

Selain periode liburan hari keberangkatan dan kepulangan juga berperan dalam memengaruhi harga tiket pesawat. Misalnya rata-rata tiket pesawat di weekend lebih mahal dibanding weekdays. Anda bisa mencoba mengkombinasikan tiket pulang pergi ini agar bisa mendapatkan harga tiket yang lebih miring.

Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih tanggal 20-an atau istilah lain akhir bulan. Biasanya pada rentang tanggal ini banyak diskon tiket pesawat diberlakukan.

Salah satu maskapai yang sering melakukan perubahan harga adalah Lion Air, karena itu Anda harus sering memantau pergerakannya di halaman website lion air.

Sosial media sering menjadi media maskapai berkomunikasi dengan pelanggannya, berbagai informasi mengenai promo diskon tiket pesawat juga banyak diberikan lewat sosial media. Karena itulah Anda harus memantau berbagai sosial media resmi maskapai pesawat baik domestik maupun mancanegara.

Karena promo biasanya berlaku hanya beberapa jam Anda harus sudah menyiapkan rencana kunjungan agar tidak menyesal ketika selesai melakukan pembayaran tiket pesawat.

(Baca juga: Daftar Situs Nonton Online Hotel Del Luna Subtitle Indonesia)

Ikuti juga newsletter dari mereka, dengan mengikuti newsletter maskapai Anda lebih mudah mempelajari tren promo yang diberikan, misalnya mengenai jangka waktu promo, destinasi dan juga rentang harganya. Sehingga Anda bisa tahu kapan tepatnya harus berburu tiket pesawat murah.

  • Manfaatkan Aplikasi Pembanding Tiket

Jika memantau website resmi maskapai untuk mencari informasi mengenai diskon dirasa memberatkan maka Anda dapat menggunakan alternatif lain yakni membandingkan harga melalui aplikasi pembanding harga tiket pesawat.

Anda bisa mendapatkan harga tiket 30% lebih murah dibanding mencari satu persatu lewat website maskapai resmi. Beberapa situs pembanding tiket pesawat yang dikenal kredibel antara lain Skyscanner, Kayak, Utiket, Google Flights dan Wego.

  • Kumpulkan Miles atau Milis

Rata-rata maskapai besar di Indonesia memberlakukan milis. Miles adalah sejenis imbalan berupa poin yang diberikan maskapai kepada pelanggan setianya.

Tiap kali pelanggan terbang menggunakan maskapai tersebut maka poin miles akan diterima. Poin ini jika diakumulasikan dapat ditukarkan dengan tiket pesawat gratis baik untuk kelas ekonomi maupun bisnis.

Garuda Miles adalah salah satu milis yang paling banyak diincar. Semakin sering Anda bepergian dengan maskapai Garuda semakin besar kesempatan mendapatkan tiket gratis ke berbagai destinasi dunia.

Imbalan atau miles yang diberikan tiap maskapai berbeda-beda. Anda bisa mengeceknya melalui halaman website terkait. Namun rata-rata poin miles bisa ditukar untuk potongan tiket pesawat dan gratis bagasi hingga beberapa kilo. Apapun bentuk bonus yang diberikan pastinya dapat mengurangi beban biaya liburan Anda.

  • Gunakan Kartu Kredit

Maskapai sering bekerjasama dengan berbagai kartu kredit untuk menarik pelanggan. Sering pula maskapai memberikan diskon tiket pesawat khusus bagi pengguna kartu kredit.

Selain itu Anda yang memiliki kartu kredit juga mendapat layanan spesial yakni berupa pembelian tiket pesawat dengan skema cicilan 0%, dengan tenor yang diberikan 3 hingga 12 bulan. Jadi sebesar apapun harga tiket pesawat pastinya tidak akan memberatkan.

Beberapa kartu kredit yang sering bekerjasama dengan maskapai pesawat terbang antara lain BNI, Mandiri, HSBC, Citi Visa dan Bank Mega. Jika Anda sedang punya bucket list liburan, sebaiknya segera mengajukan pembuatan kartu kredit yang sering memberikan diskon tiket pesawat, dengan kartu kredit Anda tak perlu lagi mengkhawatirkan harga yang mahal.

Cek juga beberapa situs agen travel perjalanan, karena mereka biasanya bekerja sama dengan banyak kartu kredit dengan memberikan potongan harga tiket pesawat mencapai 30%. Namun selalu ada batas waktu untuk periode pembelian tiket, jadi pastikan Anda selalu memantau beberapa situs agen perjalanan.

Itulah trik mudah cara mendapatkan tiket pesawat murah, pastikan Anda sudah lebih dulu mengetahui negara yang ingin dikunjungi. Harga tiket yang murah memang menggoda namun jika Anda tidak tahu akan kemana dan melakukan apa saja, bisa-bisa liburan Anda tidak meninggalkan kesan. Buat itinerary dulu barulah berburu tiket pesawat.

6 Daftar Negara dengan Tiket Pesawat Murah dari Indonesia

Masih bingung mau liburan kemana? Inginnya mengunjungi berbagai tempat menarik di dunia tapi apa daya dana yang ada tidak bisa mewujudkannya.

Nah, sebagai pertimbangan Anda yang baru pertama kali ingin berlibur ke luar negeri, berikut ada beberapa negara tujuan destinasi dengan tiket pesawat yang relatif terjangkau. Biarpun tiketnya murah, destinasi wisata yang dikunjungi tidak kalah menarik dengan negara-negara populer lainnya. Berikut daftarnya:

1. Malaysia

Malaysia - 6 Negara dengan Tiket Pesawat Murah dari Indonesia

Negara tetangga ini juga menjadi salah satu destinasi yang bisa kita jadikan alternatif jika ingin mencoba berlibur di luar negeri. Malaysia memang tidak banyak memiliki destinasi alam yang bisa ditawarkan, namun mereka punya sajian destinasi buatan yang membuat mata kita kagum, yang paling terkenal adalah Menara Kuala Lumpur dan Legoland.

Ada pula Lake Garden memiliki luas sekitar 227 hektar dengan taman-taman kecil di dalamnya yang menarik untuk dijelajahi bersama keluarga.Untuk tiket pulang pergi Malaysia-Jakarta ini hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 800 Ribuan.

2. Singapura

Singapura - 6 Negara dengan Tiket Pesawat Murah dari Indonesia

Singapura tidak lagi menjadi destinasi asing bagi masyarakat Indonesia. Harga tiket yang murah meriah ke negara menjadikan Singapura sebagai lokasi wisata utama bagi para kaum urban muda yang ingin melihat bagaimana kemajuan teknologi di sebuah negara Asia Tenggara.

Tiket pulang pergi Jakarta-Singapura hanya berkisar Rp 900 Ribuan, harga ini bahkan lebih murah dibanding rute Jakarta-Bali yang dibanderol diatas Rp 1 Juta.

Apa hal menarik yang paling jadi favorit turis di Singapura? Tentu saja Merlion Park Patung Ikonik Singapura dan juga Marina Bay Sands. Kalau ingin pergi ke surga belanja datangi saja Orchard Road dan juga ada Universal Studios Singapore yang jadi langganan anak-anak menghabiskan masa libur sekolah.

3. Vietnam

Vietnam - 6 Negara dengan Tiket Pesawat Murah dari Indonesia

Ho Chi Minh, Vietnam adalah salah satu destinasi yang kini tengah populer. Bahkan kota ini dianggap sebagai Parisnya Asia Tenggara. Ada banyak hal yang bisa Anda nikmati disini diantaranya Saigon Central Post Office, menyusuri Sungai Saigon atau mengunjungi landmark paling ikonik di Kota Ho Chi Minh, Notre Dame Cathedral. Tiket pulang-pergi Indonesia-Vietnam ini rata-rata dibanderol Rp 2 Jutaan.

4. Thailand

Thailand - 6 Negara dengan Tiket Pesawat Murah dari Indonesia

Bangkok bukan lagi menjadi tempat wisata asing bagi warga Indonesia. Sebab rata-rata traveller pemula pasti ingin mengunjungi negeri 1000 Pagoda tersebut.

Thailand ini kaya akan keindahan alamnya sehingga banyak tempat wisata yang bisa dieksplor seperti Pantai Railay, Chiang Mai dan Phuket tentunya. Untuk tiket pulang pergi Indonesia- Bangkok Ada cukup keluarkan Rp 1,9 Jutaan. 

5. Kamboja

Kamboja - 6 Negara dengan Tiket Pesawat Murah dari Indonesia

Kamboja melejit namanya setelah menjadi latar utama film Tomb Raider yang dibintangi oleh Angelina Jolie. Situs-situs bersejarah adalah daya tarik utama negara ini dalam menggaet wisatawan asing.

Dua tempat paling populer yang sering jadi tujuan utama para turis adalah Rizal Park dan Malacanang Palace. Untuk tiket pulang pergi Indonesia-Kamboja cukup merogoh kocek sekitar Rp 2,4 Jutaan.

6. Taiwan

Taiwan - 6 Negara dengan Tiket Pesawat Murah dari Indonesia

Agak terbang jauh dari daerah Asia Tenggara, di belahan Tiongkok ada Taiwan yang masuk dalam daftar destinasi ramah kantong bagi warga Indonesia. Taiwan memilih pesona alam indah yang berbaur dengan modernitas ala perkotaan.

Ketika berkunjung kesana jangan lupa untuk menikmati keindahan Dajia Riverside Park, Shilin Night Market, menyusuri Wulai Valley dan Kuil Longshan yang selalu jadi buruan utama para turis asing. Untuk tiket pulang-pergi Jakarta-Taipei Anda hanya perlu menghabiskan sekitar Rp 2,4 Jutaan saja.

7. Hongkong

Hongkong - 6 Negara dengan Tiket Pesawat Murah dari Indonesia

Destinasi selanjutnya dengan harga tiket pesawat yang tidak membuat kantong jebol tapi tetap menarik adalah Hong Kong. Negara yang dikenal sebagai Las Vegasnya Asia ini memang lebih banyak menyuguhkan dunia hiburan malam ketimbang destinasi alam.

Namun Anda akan tercengang ketika mengitari Hong Kong yang memiliki The Venetian Macao Resort Hotel bak Venesia Italia, atau Anda dapat menikmati hiburan keluarga di Disneyland dan juga berbelanja berbagai barang khas Tiongkok di Temple Street Night Market. Tiket pulang-pergi Jakarta-Hongkong bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 2,5 Juta.

Itulah beberapa negara dengan harga tiket termurah dari Indonesia. Jangan lupa setiap kali terbang menggunakan maskapai favorit kumpulkan milesnya dan tukarkan untuk mendapatkan potongan harga untuk penerbangan selanjutnya. Memanfaatkan berbagai fasilitas kartu kredit juga menjadi upaya terbaik untuk menghemat pengeluaran. Karena selain harga tiket pesawat yang lebih murah, pengguna kartu kredit juga bisa mendapatkan fasilitas lounge gratis di berbagai bandar di seluruh dunia. Segera ajukan kartu kredit di tempat yang terpercaya seperti Cekaja.com yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis