Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Negara Dengan Tingkat Kriminal Paling Tinggi di Dunia, Berani Pergi Ke Sana?

by Estrin Vanadianti Lestari on 10 January, 2020

Selain kekuasaan dan perkembangan ekonomi, permasalahan lain paling mengerikan, yang sekiranya ada di setiap negara adalah masalah kriminal. Bahkan, beberapa negara dengan tingkat kriminal paling tinggi di dunia, bahkan jarang diketahui oleh negara lain.

Negara Dengan Tingkat Kriminal Paling Tinggi di Dunia, Berani Pergi Ke Sana?

Masalah kriminal seperti pencurian, pemerkosaan, hingga pembunuhan, setidaknya menjadi kasus yang paling sering dilakukan. Namun, kembali lagi ke permasalahan awal, dimana faktor ekonomi dan kekuasaan, menjadi salah satu alasan seseorang melakukan tindak kriminal.

Hal tersebut pun menjadikan beberapa negara dengan tingkat kriminal paling tinggi di dunia ini, sebagai tempat yang tidak nyaman untuk hidup. Jangankan untuk dijadikan sebagai tujuan liburan luar negeri, niat untuk datang ke negara tersebut pun sepertinya tidak ada.

Pasalnya, bukan kesenangan yang bisa kamu rasakan, melainkan rasa khawatir yang mendalam, sehingga kamu tidak bisa merasakan ketenagan. Meski beberapa negara di dunia ini masih ada yang memiliki tingkat kriminalitas yang rendah, namun tetap saja kamu harus ekstra waspada terhadap orang asing.

Negara Dengan Tingkat Kriminal Paling Tinggi di Dunia

Lantas, negara mana saja yang menjadi negara berbahaya tersebut? Berikut deretan negara dengan tingkat kriminal paling tinggi di dunia, dengan tindakan kriminal yang bervariasi.

1. Venezuela
Venezuela - Negara Dengan Tingkat Kriminal Paling Tinggi di Dunia, Berani Pergi Ke Sana
source: wflx.com

Negara dengan tingkat kriminal paling tinggi di dunia, yang pertama adalah negara Venezuela. Dimana negara ini pernah mencatat dalam 10 tahun terakhir, bahwa negara mereka memiliki kasus kriminalitas yang cukup parah.

Tindak kriminalitas yang terjadi di Venezuela di antaranya adalah pembunuhan, penculikan, dan narcoteroris. Dimana lebih dari 50 oang dari 100.000 orang terbunuh, setiap tahunnya di negara ini. Bahkan, jumlahnya bisa terus meningkat, sehingga banyak penduduknya yang merasa tidak aman ketika pergi sendirian.

Selain itu, penculikan juga sering terjadi, dimana tindakan penculikan dilaporkan terjadi setiap 6 jam sekali. Bahkan, kekerasan terhadap wisatawan mancanegara pun kerap terjadi, dan sudah menjadi hal yang biasa.

Dengan kondisi negaranya yang kian memburuk karena tindak kriminal, korupsi di negara ini juga malah semakin meluas. Sehingga, hal tersebut menyebabkan masalah serius, terutama pada kesejahteraan masyarakatnya.

2. Sudan Selatan
Sudan Selatan - Negara Dengan Tingkat Kriminal Paling Tinggi di Dunia, Berani Pergi Ke Sana
source: hkspublications.org

Negara dengan tingkat kriminal paling tinggi di dunia yang kedua adalah Sudan Selatan. Negara ini memiliki catatan kriminalitas di antaranya seperti bentrok antar ethnis, sengketa antar suku, hingga adanya pernikahan anak-anak di bawah umur.

Tidak hanya itu, kekuasaan yang didominasi oleh paramiliter, membuat kekerasan di Sudan Selatan terus mengalami peningkatan. Bahkan, karena keterbatasan biaya, peralatan, sumber daya manusia, hingga fasilitas kesehatan, membuat mereka kualahan. Bagaimana, apa kamu berani untuk datang ke negara ini?

3. Afrika Selatan
Afrika Selatan - Negara Dengan Tingkat Kriminal Paling Tinggi di Dunia, Berani Pergi Ke Sana
source: wandersafe.com

Negara dengan tingkat kriminal paling tinggi di dunia, berikutnya ada Afrika Selatan. Menjadi benua terbesar kedua, Afrika ternyata menjadi salah satu negara yang berbahaya, khususnya di Afrika Selatan.

Bahkan, sejarah pernah mencatat bahwa ada setidaknya hampir 50 kasus pembunuhan di setiap harinya, satu anak diculik setiap 5 jam, dan satu dari 3 perempuan mengalami pemerkosaan. Namun, tingkat kriminal tersebut akhirnya menurun, sekitar 20% untuk kasus pembunuhan, dan 10% untuk kasus kekerasan.

Akan tetapi, ada beberapa kasus kriminal lainnya yang masih terus terjadi, yakni pembajakan mobil. Lantas bagaimana sistem pengamanan negara di Afrika Selatan tersebut?

Nyatanya, polisi di sana bekerja sangat lamban dalam mengatasi tindak kriminal tersebut, sehingga polisi dianggap sudah tidak memiliki kekuasaan yang lebih tinggi dari masyarakat. Bahkan, beberapa masyarakat pun lebih memilih menggunakan jasa pengamanan swasta, untuk keamanan perusahaan mereka.

(Baca Juga: Lima Negara yang Sebaiknya Gak Dikunjungi Awal 2020)
4. Honduras
Honduras - Negara Dengan Tingkat Kriminal Paling Tinggi di Dunia, Berani Pergi Ke Sana
source: dentons.com

Negara dengan tingkat kriminal paling tinggi di dunia, yang tak kalah berbahaya adalah Honduras. Pasalnya, Honduras banyak terdapat geng-geng kriminal, yang sebelumnya berada di Salvador.

Dengan adanya hal tersebut, negara Honduras memiliki angka pembunuhan yang cukup tinggi, yakni 91 orang dari 100.000 penduduk. Mengapa hal ini sangat mudah terjadi? Hal tersebut ternyata dilandasi adanya pengamanan yang kurang ketat, terkait imigran.

Bahkan, penyelundupan senjata, obat-obatan terlarang, dan imigran gelap sangat mudah masuk secara ilegal ke negara ini. Sehingga, hal tersebut menjadi salah satu faktor tingginya angka kejahatan di Honduras.

5. El Salvador
El Salvador - Negara Dengan Tingkat Kriminal Paling Tinggi di Dunia, Berani Pergi Ke Sana
source: independent.co.uk

El Savador juga termasuk ke dalam negara dengan tingkat kriminal paling tinggi di dunia, terutama kasus pembunuhannya. Tindak kriminal tersebut didominasi karena adanya kejahatan terkait geng dan kenakalan remaja.

Misalnya saja, pada tahun 2004, El Salvador memiliki setidaknya sebanyak 60% kasus pembunuhan, yang dilakukan oleh geng-geng lokal, guna bersaing dan memperebutkan kekuasaan wilayah.

6. Papua Nugini
Papua Nugini - Negara Dengan Tingkat Kriminal Paling Tinggi di Dunia, Berani Pergi Ke Sana
source: charterworld.com

Negara dengan tingkat kriminal paling tinggi di dunia, yang juga merupakan tetangga negara Indonesia adalah Papua Nugini. Bukan pembunuhan, negara ini memiliki angka kejahatan tertinggi di tindak aksi kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga atau KDRT dan juga pemerkosaan.

Diketahui juga menurut survei kesehatan yang pernah dilakukan di pedesaan, bahwa tinkat pemerkosaan di negara ini mencapai 65%, dan pelecehan seksual terhadap perempuan mencapai 92%.

7. Nigeria
Nigeria - Negara Dengan Tingkat Kriminal Paling Tinggi di Dunia, Berani Pergi Ke Sana.jpg
source: fodors.com

Negara dengan tingkat kriminal paling tinggi di dunia, selanjutnya adalah Nigeria. Bukan pembunuhan dan juga pemerkosaan, melainkan kasus penipuan yang mendominasi tingkat kejahatan di negara ini.

Penipuan tersebut meliputi penipuan transfer uang melalui bank dan penipuan melalui email. Meski begitu, tetap saja hal tersebut bisa membuat para wisatawan, pendatang, bahkan penduduknya sendiri, merasa tidak nyaman.

Bagaimana Dengan Indonesia?

Indonesia sendiri, disebut masih berada dalam rasio yang aman, atau bisa dibilang termasuk negara yang risiko keamanannya berada di level menengah.

Jika dirasiokan, Indonesia memiliki angka kasus kriminal sebesar 20-24,9 per 100.000 penduduk. Untuk keberadaan fasilitas umum, kesehatan, hingga keamanan wisatawan, ternyata juga berada di level menengah. Jadi, Indonesia termasuk negara yang masih aman untuk di kunjungi.

Daripada mengunjungi negara yang biaya hidupnya rendah namun belum tentu aman, lebih baik kunjungi negara yang kualitas keamanannya sudah terjamin, meskipun memiliki biaya hidup yang tinggi.

Untuk masalah biaya hidup yang tinggi, kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu bisa menggunakan sistem pembayaran dengan kartu kredit yang sudah terintergerasi di luar negeri, atau kartu kredit khusus untuk liburan.

Yuk, ajukan segara kartu kredit pilihanmu, hanya di Cekaja.com, dan kunjungi negara impian yang bisa membuatmu nyaman untuk berpetualang!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk