Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Negara Indah Berikut Ini Sering Disebut Surga Wisata, Sayangnya Sangat Rawan Bencana

by Tisyrin N. T on 3 Desember, 2016

Belum lama ini terjadi gempa di Jepang yang juga menimbulkan tsunami. Jepang adalah salah satu negara yang rawan bencana. Padahal, Jepang juga merupakan negara tujuan wisata yang indah.

Tak hanya Jepang, negara kita sendiri Indonesia juga masuk kategori negara rawan bencana lho. Lebih jelasnya, ini dia beberapa negeri indah tujuan wisata yang rawan bencana, hati-hati ya jika berkunjung.

Widget TRV Insurance

Jepang

Seperti telah disebutkan, Jepang termasuk negara rawan bencana. Posisi negara ini berada diantara empat lempeng besar bumi yang termasuk kawasan cincin api pasifik alias ring of fore. Jepang seringkali mengalami gempa. Gempa di Jepang juga kerap dipicu aktivitas vulkanisme. (Baca juga: Cara Supaya Pekarangan Rumah Kamu Tidak Tergenang Setelah Hujan Besar)

Filipina

Berdasarkan laporan tahun 2013 yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi gabungan kemanusiaan Jerman, Filipina adalah negara yang paling rawan bencana. Filipina rawan mengalami gempa bumi, letusan gunung berapi, badai hingga banjir. Dalam 20-an tahun terakhir, ada lebih dari 270 bencana alam yang terjadi di sana.

Indonesia

Indonesia terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik yaitu lempeng Benua Asia, Australia, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Di Indonesia juga ada sabuk vulkanik yang memanjang. Dengan melihat kondisi geografisnya, maka Indonesia rawan bencana mulai dari gempa, tsunami, banjir, tanah longsor hingga letusan gunung berapi.

Taiwan

Taiwan juga tergolong rawan bencana. Pada 1999 misalnya, Taiwan mengalami gempa yang memakan korban hingga 2.500 orang meninggal dunia dan 12.000 orang luka-luka. Taiwan juga pernah mengalami badai taifun.

Nepal

Nepal berada di atas lapisan lempeng bumi paling aktif di dunia. Nepal berpeluang terkena guncangan gempa dengan skala 8 richter setidaknya setiap 5 dekade karena adanya pergeseran lempeng yang konsisten.Tahun lalu, Nepal mengalami gempa  yang menewaskan hingga 900 jiwa serta mengakibatkan tanah longsor di Gunung Everest.

Meksiko

Meksiko pun tergolong negara yang sering mengalami gempa. Pada 2014, Meksiko mengalami gempa 7.2 skala richter. Negara ini letaknya berada di tiga lempengan tektonik terbesar di dunia yaitu lempeng Amerika Utara, Pasifik, dan Lempeng Cocos.

Turki

Berdasarkan letaknya, Turki juga rawan gempa. Negara yang satu ini bahkan pernah mengalami gempa yang mengakibatkan 17.000 orang kehilangan nyawa dan 50.000 lainnya mengalami luka-luka. (Baca juga: Fakta-fakta Asuransi Kesehatan yang Belum Kamu Ketahui)

India

India juga rawan gempa karena pergeseran lempeng tektonik. Lempeng India dan Lempeng Eurasia saling bergerak berlawanan 4 hingga 5 cm setiap tahun dan bisa mengalami tabrakan. Ini membuat India rawan gempa.

Punya rencana liburan akhir tahun ini? Agar rencana perjalananmu tidak berantakan, lindungi dengan asuransi perjalanan. Daftar sekarang juga di sini

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami