Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Negara Islam Terkaya di Dunia, Uni Emirat Arab Bukan yang Pertama

by Estrin Vanadianti Lestari on 22 Januari, 2020

Jika berbicara tentang kekayaan suatu negara, apalagi jika dilihat dari segi perkembangan teknologi dan ekonominya, mungkin negara barat seperti Eropa dan Amerika akan disebutkan paling pertama. Namun, negara-negara Asia yang bahkan mayoritas penduduknya beragama Islam atau muslim, ternyata juga mampu mengalahkan kekayaan negara-negara barat loh. Lantas, negara apa yang kira-kira masuk ke dalam daftar negara Islam terkaya di dunia?

negara islam terkaya di dunia

Pasalnya, untuk mengukur kekayaan suatu negara, ternyata tidak hanya dilihat dari teknologi dan perekonomiannya saja. Nah, beruntungnya para negara-negara Islam di Asia ini mampu mengelola kekayaan alam yang dimilikinya, hingga sektor pendukung lainnya. Sehingga negara Islam terkaya di dunia ini bisa mendekati kekayaan para negara maju.

Sebut saja seperti kekayaan sumber daya minyak hingga industri pariwisata, yang dimiliki para negara Islam terkaya di dunia ini. Pasalnya, kedua sektor ini juga bisa dijadikan andalan utama, yang bisa membawa negara Islam memiliki pendapatan yang cukup tinggi.

Negara Islam Terkaya di Dunia

Nah, daripada penasaran, yuk intip deretan negara Islam terkaya di dunia, berdasarkan data pendapatan per kapita tahun 2018, berikut ini:

1. Qatar (Pendapatan Perkapita Per Tahun US$ 93.965)

Qatar Pendapatan Perkapita Per Tahun US$ 93965 - Negara Islam Terkaya di Dunia

Negara Islam terkaya di dunia yang pertama adalah Qatar. Telah menyandang sebagai negara Islam terkaya sejak tahun 2011, negara yang merdeka pada tahun 1971 ini, juga terkenal dengan kekayaan alamnya.

Bukan tanpa alasan mengapa Qatar pantas mendapatkan gelar tersebut, pasalnya negara ini mampu memproduksi pertambangan minyak dan gas alam, yang sangat melimpah.

Tidak hanya itu, Qatar bahkan mampu mengekspor hasil tambang minyak dan gas, yang disebut-sebut terbesar ketiga didunia ini, hingga ke negara Amerika Serikat. Sehingga, menurut data Bank Dunia, negara yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FFA 2022 ini, mampu menghasilkan pendaptan perkapita US$3.965 dan Produk Domestik Bruto hingga sebesar US$210.002 miliar.

2. Uni Emirat Arab (Pendapatan Perkapita Per Tahun US$44.770)

Uni Emirat Arab Pendapatan Perkapita Per Tahun US$44770 - Negara Islam Terkaya di Dunia

Negara Islam terkaya di dunia yang kedua adalah Uni Emirat Arab. Dengan kondisi alamnya yang hampir sama dengan Qatar, Uni Emirat Arab, juga dikenal dengan kekayaan minyak bumi dan gas alamnya.

Memiliki tata kota yang indah, seperti kota Dubai yang juga merupakan kota terbesar di negara ini, Uni Emirat Arab mampu menghasilkan pendapatan per kapita hingga US$44.770 dengan PDB (Produk Domestik Bruto) yang lebih besar dari Qatar, yakni sebesar US$440.181 miliar.

3. Kuwait (Pendapatan Perkapita Per Tahun US$43.103)

Kuwait Pendapatan Perkapita Per Tahun US$43103 - Negara Islam Terkaya di Dunia

Negara Islam terkaya di dunia selanjutnya adalah Kuwait. Negara monarki yang juga kaya akan minyak ini, memiliki jumlah penduduk 4,2 juta, dimana 13 juta merupakan warga negara Kuwait, dan sisanya merupakan pendatang.

Untuk produksi minyak di negara ini, bisa mencapai 104 juta barel. Maka tak heran jika Kuwait bisa menghasilkan pendapatan per kapita hingga US$43.103 dan PBD US$172.350 miliar.

4. Brunei Darussalam (Pendapatan Perkapita Per Tahun US$36.607)

Brunei Darussalam Pendapatan Perkapita Per Tahun US$36607 - Negara Islam Terkaya di Dunia

Negara Islam terkaya berikutnya ini terletak di Asia Tenggara dan sepulau dengan Indonesia, yakni Brunei Darussalam. Dengan luas negara yang hanya 5.765 kilometer persegi ini, ternyata merupakan negara muslim yang kaya raya.

Bahkan menurut Dana Moneter Indonesia, negara ini memiliki PDB per kapita terbesar kelima di dunia. Dimana PDB negara ini mampu menghasilkan sebesar US$15.102 miliar, dan pendapatan per kapita yakni sebesar US$36.607.

5. Bahrain (Pendapatan Perkapita Per Tahun US$28.272)

Bahrain Pendapatan Perkapita Per Tahun US$28272 - Negara Islam Terkaya di Dunia

Negara Islam terkaya yang tak kalah banyak memiliki kekayaan minyak dan gasnya ini adalah Bahrain. Negara yang menjadi salah satu wilayah paling pertama memeluk Islam ini, setidaknya memiliki pendapatan per kapita sebesar US$28.272.

Negara dengan komposisi pemeluk agama 81% muslim, 9% kristen, dan 9,8% lain-lain ini, juga mampu menghasilkan PDB US$33.862 miliar. Tidak hanya itu, Bahrain yang juga disebut sebut sebagai negara berpendapatan tinggi. Jadi, kalau kamu mau bekerja dengan gaji tinggi, mungkin Bahrain bisa jadi pilihan yang tepat.

(Baca Juga: 3 Negara Ini Sukses Ubah Kotanya Jadi Surga Pejalan Kaki)
6. Arab Saudi (Pendapatan Perkapita Per Tahun US$24.454)

Arab Saudi Pendapatan Perkapita Per Tahun US$24454 - Negara Islam Terkaya di Dunia

Meski berbeda bagian dengan Uni Emirat Arab, negara Arab Saudi ternyata juga masuk dalam daftar negara Islam terkaya di dunia lo. Pasalnya, jika dilihat dari perekonomian, Arab Saudi terbilang sangat cukup bagus, dan terus meningkat.

Peningkatan tersebut bisa dicapai Arab Saudi, salah satunya adalah dari minyak. Karena, devisa yang didapat dari orang-orang yang melaksanakan haji dari seluruh dunia, juga turut menyumbang pendapatan negara ini.

Maka tak heran jika, Arab Saudi bisa mendapatkan pendapatan per kapita hingga US$24.454 dan PBD mencapai US$752.459 miliar.

7. Oman (Pendapatan Perkapita Per Tahun US$19.002)

Oman Pendapatan Perkapita Per Tahun US$19002 - Negara Islam Terkaya di Dunia

Oman juga tidak kalah memiliki pendapatan yang besar berkat kekayaan minyaknya yang melimpah. Sehingga tak heran jika Oman juga termasuk ke dalam negara Islam terkaya di dunia. Pasalnya, negara yang merupakan tempat berpenghuni manusia tertua di dunia ini, memiliki cadangan minyak mencapai 5,5 miliar barel.

Tidak hanya itu, negara yang berada di kawasan pantai, tepatnya di pesisir tenggara Jazirah Arab ini bahkan, mampu memproduksi minyak sebesar 800.000 barel per harinya.

8. Turki (Pendapatan Perkapita Per Tahun US$16.885)

Turki Pendapatan Perkapita Per Tahun US$16885 - Negara Islam Terkaya di Dunia

Negara Islam selanjutnya, sekaligus terkenal dengan kota Istanbul ini adalah Turki. Negara yang juga memiliki masjid 82 ribuan masjid ini ternyata juga memiliki pendapatan per kapita yang besar setiap tahunnya yakni US$16.885.

Pendapatan negara ini juga tidak hanya berasal dari minyak. Turki yang merupakan negara yang punya wisata sejarah yang indah ini, juga memiliki pemasukan lain, yakni seperti sektor pariwisata, konstruksi, perbankan, bahan petrokimia, hingga industri otomotif.

9. Mesir (Pendapatan Perkapita Per Tahun US$12.100)

Mesir Pendapatan Perkapita Per Tahun US$12100 - Negara Islam Terkaya di Dunia

Dikenal dengan bangunan piramida, yang juga merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia ini ternyata masuk ke dalam negara Islam terkaya di dunia. Mempunyai penduduk yang mayoritas muslim, yakni 90%, Mesir juga memiliki pendapatan per kapita yang besar pertahunnya, yakni US$12.100.

Namun, berbeda dengan negara Islam terkaya lainnya, Mesir mendapatkan pendapatannya bukan dari minyak atau gas alam, melainkan dari sektor pertanian.

(Baca Juga: 10 Negara Paling Aman di Dunia 2020 untuk Pelancong)
10. Iran (Pendapatan Perkapita Per Tahun US$4.763)

Iran Pendapatan Perkapita Per Tahun US$4763 - Negara Islam Terkaya di Dunia

Negara yang sedang berseteru dengan Amerika, yakni Iran ini ternyata juga menjadi salah satu negara Islam terkaya di dunia. Negara yang hampir setengah wilayahnya gurun beriklim panas ini, ternyata memiliki kekayaan alam berupa minyak.

Bahkan, Iran memiliki cadangan minyak dari teluk Persia sebesar 125 miliar barel. Maka tak heran jika Iran memiliki pendapatan per kapita hingga US$4.763. Tidak hanya itu, kekayaannya pun berada di urutan ke-9 dari seluruh negara di dunia.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk