Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Negara-negara Ini Sebenarnya Bisa Kaya Jika Sanggup Memanfaatkan Sumber Daya Alamnya

by Tisyrin N. T on 21 Februari, 2017

negara miskin_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Data yang terangkum dalam World Economic Outlook October 2016, International Monetary Fund (IMF), menyajikan daftar negara-negara termiskin berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita.

Mirisnya, sebagian besar negara-negara tersebut sebenarnya berpotensi untuk menjadi kaya jika pandai mengelola Sumber Daya Alam yang ada. Berikut ini 10 negara termiskin yang sebenarnya memiliki kekayaan alam berlimpah.

Nigeria

Nigeria mengalami suatu kontradiksi. Negara ini merupakan salah satu dari dua produsen minyak utama di Afrika selama beberapa tahun terakhir. Namun, pendapatannya  dari minyak tergolong buruk. Hal tersebut disebabkan manajemen yang berantakan pada sektor minyak dan tingkat korupsi yang tinggi. Sebagian besar masyarakatnya pun tetap hidup miskin.

Zimbabwe

Zimbabwe menghadapi kasus HIV yang serius, bahkan pada 2004 hampir 20% dari populasi terkena penyakit itu. Angka kematian bayi telah melampaui 12% sejak 2004 dan tingkat buta huruf mencapai 90%.  Menurut ekonom, tingkat pengangguran  menyentuh 80%. Namun, statistik resmi mengklaim hanya 11%.

Eritrea

Salah satu masalah utama negara ini adalah perang dengan Ethiopia. Hal ini berpengaruh buruk termasuk menurunnya produk ekspor. Seperti hampir semua negara Afrika, Eritrea sebenarnya berpotensi menjadi kaya. Eritrea punya kandungan emas dalam jumlah melimpah, dan bahan penting lainnya seperti kalium, fosfat dan sebagainya. Beberapa perusahaan dari Barat telah mencoba mengembangkan sumber daya alam tersebut, tetapi risiko politiknya terlalu tinggi.

Sierra Leone

Sierra Leone masih menderita karena efek perang sipil pada 1990-an. Negara ini sebenarnya memiliki sumber daya mineral yang cukup besar, tetapi masyarakatnya hidup dalam kemiskinan. Baru baru ini Sierra Leone harus menghadapi Ebola, sehingga memperburuk kualitas kehidupan dan angka kematian.

Togo

Hampir sepertiga dari penduduk Togo hidup di bawah garis kemiskinan. Padahal tiga dekade lalu, Togo adalah salah satu negara terkaya di Afrika.

Republik Demokratik Kongo

Republik Demokratik Kongo punya potensi besar, tetapi penduduknya belum menuai keuntungan dari sumber daya alam yang melimpah. Negara ini memiliki sumber berlian serta Coltan. Sayangnya, mereka bahkan harus mengimpor sebagian besar makanan.

Liberia

Liberia mengalami berbagia kudeta dan terlibat perang saudara. PDB negara ini turun secara dramatis dan tingkat pengangguran tergolong sangat tinggi yakni di kisaran 50%.

Republik Afrika Tengah

Salah satu negara termiskin di dunia ini memiliki angka harapan hidup hanya 48 tahun. Republik Afrika Tengah punya akses terbatas ke layanan kesehatan dan cadangan makanan serta masalah lainnya.

(Baca juga: 10 Tipe Teman di Kantor yang Bikin Kerja Jadi Kurang Nyaman)

Burundi

Burundi sering mengalami kekeringan yang menyulitkan pertanian dan memperburuk ketegangan antar etnis yang terjadi di sana.

Malawi

Meskipun reformasi pertaniannya tergolong sukses, sehingga mampu meningkatkan produksi pangan, penduduk Malawi masih bergantung pada bantuan kemanusian. Negara ini memiliki angka harapan hidup terendah di dunia yaitu 47 tahun.

Anak-anak mengalami penderitaan berat karena kesehatannya kurang. Satu dari delapan anak meninggal sebelum usia 5 tahun dan hampir setengah dari anak di bawah usia 5 tahun kekurangan gizi.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami