Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Negara Paling Aman di Dunia 2020 untuk Pelancong

by Vera Khairifah on 10 Januari, 2020

Awal tahun 2020 publik dikejutkan dengan isu bakal terjadinya perang dunia ketiga. Keamanan yang terancam bikin banyak orang juga mencari tahu di mana negara paling aman di dunia.

10 Negara Paling Aman di Dunia 2020 untuk Terhindar dari Perang Dunia Ketiga

Perang dunia ketiga sangat mungkin terjadi karena serangan yang dilakukan Amerika Serikat (AS) kepada Iran yang menewaskan Jenderal Soleimani. Akibatnya, Iran yang memiliki senjata nuklir pun mengancam akan menyerang balik AS.

Seperti yang kita tahu, senjata nuklir adalah senjata militer berkekuatan besar yang bisa saja menghancurkan area yang luas, serta berpotensi menewaskan lebih banyak orang di muka bumi. Enggak heran jika banyak pihak terutama para traveler yang was-was dengan kondisi saat ini.

Lembaga World Population Review merilis urutan negara paling aman di dunia pada tahun 2019 dan berpotensi memiliki urutan yang sama di awal tahun 2020.

Penilaian ini diukur dari beberapa hal. Di antaranya tingkat konflik kekerasan secara internal maupun eksternal, tingkat ketidakpercayaan, stabilitas kondisi politik, potensi terjadinya aksi teroris, jumlah kasus pembunuhan, serta budget untuk kebutuhan militer yang diambil dari pendapatan per kapita.

Ada beberapa faktor juga yang menjadikan sebuah negara menjadi negara paling aman. Yakni seperti tingkat kekayaan, kesejahteraan sosial, tingkat pendidikan, efektifitas keadilan dalam penanganan kasus kriminal, dan hubungan antara Pemerintah dengan warganya.

Negara Paling Aman di Dunia Didominasi Negara Nordik dan Asia

Ternyata, negara paling aman di dunia di dominasi negara yang berada di Eropa Timur dan Atlantik Utara. Negara-negara di Eropa memang dikenal sebagai benua yang sangat mementingkan tingkat keamanan.

Beberapa negara di Asia juga dinilai aman karena memiliki tingkat pembunuhan yang sangat sedikit.

Amerika Serikat Bukan Negara Paling Aman di Dunia

Sebaliknya, Negara Adidaya justru dicatat sebagai negara yang selalu turun peringkat dalam deretan negara paling aman.

AS berada di urutan ke 128 negara paling damai atau aman. Peringkat yang tidak bisa dibilang bagus karena memang selalu menurun sejak 2016.

(Baca Juga: Lima Negara yang Sebaiknya Gak Dikunjungi Awal 2020)
Indonesia Urutan ke-40, Afganistan Paling Tidak Aman

Indonesia sendiri berada di urutan ke-40 negara paling aman di dunia. posisi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan Inggris di urutan ke-45, dan Korea Selatan di urutan ke-53. Sedangkan negara paling tidak aman di urutan terakhir adalah Afganistan.

Dari total 163 negara, ada 10 negara paling aman di dunia di tahun 2020 ini. Berikut informasinya.

1. Islandia
islandia
foto: commons.wikimedia.org/Stasyan117

Negara paling aman di dunia yang pertama adalah Islandia. Salah satu Negara Nordik ini sudah 12 kali menyandang gelar yang sama.

Tingkat kriminalitas di negara ini rendah, sangat menjunjung kedamaian di lingkungan masyarakat.

2. Selandia Baru
selandia baru
foto: id.wikipedia.org/Дмитрий-5-Аверин

Posisi ke-2 negara paling aman diduduki Selandia Baru. Ini adalah peringkat yang sama yang pernah diraihnya pada tahun 2018.

Meskipun banyak imigran di negara ini, namun semua warga sangat toleran dan menghargai perbedaan.

3. Portugal
portugal
foto: commons.wikimedia.org/Soerfm

Negara yang dikenal dengan skuad sepak bola nasionalnya ini menduduki peringkat ke-3. Portugal naik dua tingkat negara paling aman di dunia jika dibandingkan dengan peringkatnya di tahun 2018.

Pariwisata negara ini yang paling direkomendasikan adalah area dekat pantai yang begitu indah.

4. Austria
austria
foto: commons.wikimedia.org/Валентин-5Воробьёв

Di Austria, tingkat keamanan bisa dibuktikan kala siapapun berjalan sendirian di jalanan pada malam hari. Ya, kamu bebas berjalan dengan aman di sini.

Namun, kamu tetap perlu menjaga barang berharga agak tak terlalu mencolok dan mencegah terjadinya tindak kriminal, ya.

5. Denmark
denmark
foto: commons.wikimedia.org/Stasyan117

Denmark adalah negara Skandinavian yang berdekatan dengan Swedia. Ibu kota Copenhagen menjadi tujuan wisata utama dengan tingkat keamanan yang cukup baik.

Keamanan yang didukung oleh kekuatan militer di negara ini juga baik, dijamin aman.

6. Kanada
kanada
foto: commons.wikimedia.org/DrRandomFactor

Tak hanya memiliki kualitas Pendidikan formal yang bagus untuk skala internasional, Kanada juga masuk ke dalam negara paling aman. Kekuatan militer Negeri Pecahan Es ini ini berada dalam 25 besar yang terbaik di dunia.

Kehidupan para imigran di Kanada juga jarang memiliki masalah.

7. Singapura
singapura
foto: en.wikipedia.org/Stasyan117

Ini dia negara di benua Asia pertama yang masuk ke daftar negara paling aman. Negeri Singa ini memang sangat memperhatikan segala aspek kehidupan para warganya.

Mulai dari kondisi ekonomi, lingkungan, hingga masalah perlindungan keamanan. Walau memiliki luas negara yang kecil, seolah tak membuat Singapura jadi tertinggal, ya?

8. Slovenia
slovenia
foto: commons.wikimedia.org/SpinnerLaserz

Kamu mungkin agak asing mendengar negara paling aman yang satu ini. Slovenia terletak di Eropa Tengah dengan dikelilingi pegunungan es dan danau-danau yang cantik.

Tingkat kriminal dan tindak kekerasan di negara ini rendah, sehingga masuk juga ke deretan negara yang aman untuk dikunjungi atau berwisata.

9. Jepang
jepang
foto: commons.wikimedia.org/Ras67

Sudah tak mengherankan rasanya jika mengetahui Jepang sebagai negara paling aman. Sikap orang-orang di Negeri Sakura ini dikenal sangat sopan, jujur, dan aman. Bahkan, kehilangan dompet di Jepang sangat besar kemungkinannya untuk dikembalikan dalam kondisi utuh.

10. Republik Ceko
ceko
foto: commons.wikimedia.org/Stasyan117

Terakhir, ada Republik Ceko yang menjadi negara paling aman nomor 10. Banyak pelancong yang salut dengan tingkat keamanan di negara ini. Kapabilitas militer di Ceko berada di urutan ke-30 terbaik di dunia.

Sudah tahu negara paling aman enggak lengkap tanpa mengunjunginya. Siapa tahu bisa menjadi negara pelarian saat terjadi perang dunia ketiga. Butuh uang tambahan untuk travelling? Ajukan saja KTA melalui CekAja.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast