Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Negara Terbaik untuk Kuliah Bisnis, Apa Saja?

by Ayunindya Annistri on 20 November, 2019

Pintar dan berasal dari lulusan bisnis di universitas ternama merupakan paket komplit yang di idamkan banyak orang. Betapa tidak, lulusan ini konon diyakini memiliki prospek kerja yang sangat luas, bisa di instansi pemerintah, perusahaan swasta, atau bahkan membangun kerajaan bisnis sendiri. Sehingga banyak orang yang rela berkuliah hingga ke luar negeri untuk meraih gelar Sarjana maupun Magister Bisnis. Lalu dimana sajakah negara terbaik untuk kuliah bisnis?

Semakin berkualitas universitasnya, maka semakin dipandang pula lulusan yang dihasilkan”. Seruan tersebut memang nyata adanya, terlebih bila kamu ingin berkarir di beberapa perusahaan besar dunia, seperti J.P Morgan Chase (AS), Construction Bank (China), serta Apple (AS).

Bagi mereka yang hidup bergelimang harta, mungkin tak jadi masalah bila ingin menempuh pendidikan di beberapa negara terbaik untuk kuliah bisnis.

Tetapi berbeda halnya dengan orang-orang yang harus rela melepas impian berkuliah ke luar negeri karena terhalang dana pendidikan. Contoh kasus seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa alternatif, salah satunya adalah mencari beasiswa luar negeri yang sesuai kebutuhan.

3 Jenis Beasiswa Luar Negeri yang Paling Umum Digunakan

Pemerintah Indonesia sangat mendukung putera – puteri bangsa untuk bisa berkuliah ke luar negeri, dengan memberikan beasiswa penuh, yang mana harapannya, mereka bisa menjadi agen perubahan untuk Indonesia menjadi lebih baik.

Rata-rata beasiswa yang disediakan merupakan hasil kolaborasi pemerintah dengan perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan.

Mengutip laman resmi International Education Specialist (IDP) Indonesia, berikut 3 jenis beasiswa luar negeri yang paling sering digunakan.

(Baca juga: Mau S2 Nggak Punya Biaya dan Gagal Beasiswa? Ini Solusinya!)
1. Beasiswa berdasarkan kebutuhan

Beasiswa ini ditujukan untuk siswa yang terkendala keuangan, namun memiliki riwayat kemampuan akademis diatas rata-rata.

Bahkan, jika kamu ingin mengenyam pendidikan di salah satu negara terbaik untuk kuliah bisnis, kamu bisa menggunakan program beasiswa yang disediakan oleh IDP ini, yaitu LDP (BPI) Afirmasi.

2. Beasiswa berdasarkan prestasi

Jenis beasiswa lainnya dari IDP yang bisa kamu gunakan adalah beasiswa jalur prestasi, dimana terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa ini, mulai dari IPK hingga skor IELTS.

Selain itu, beasiswa jalur prestasi juga bisa dinikmati oleh siswa yang unggul dalam bidang olahraga dan seni.

3. Beasiswa berdasarkan bidang studi tertentu

Selain beasiswa jalur prestasi, IDP juga memberikan kesempatan bagi siswa-siswi Indonesia yang handal dalam bidang studi tertentu. Hal itu tak lepas dari dukungan Kementrian Keuangan Indonesia lewat program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau lebih dikenal LPDP.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu bisa langsung mengajukan permohonan pada masing-masing universitasnya.

Rekomendasi Negara Terbaik untuk Kuliah Bisnis

Nah, setelah mengetahui apa saja jenis beasiswa yang disediakan oleh pihak IDP, sekarang saatnya kita membahas deretan negara terbaik untuk kuliah bisnis, yang mana mungkin satu diantaranya adalah impianmu. Yuk, dicek!

Amerika Serikat

Tidak sedikit siswa Indonesia yang memiliki impian untuk kuliah jurusan bisnis di negeri Paman Sam ini. Karena memang, beberapa universitas terkemuka ada di negara terbaik untuk kuliah bisnis tersebut. Berikut diantaranya:

1. Harvard Graduate School of Business

Sekolah bisnis tertua di dunia ini menduduki peringkat pertama sebagai sekolah terbaik dari segi tenaga pengajar, kewirausahaan, hingga alumni.

Disini pula, mahasiswa berkesempatan untuk mengikuti Dual Degrees MBA program dengan menggabungkan dua disiplin ilmu berbeda. Beberapa alumni ternamanya yaitu George Walker Brush, Sheryl Sandberg, serta Jamie Dimon.

2. The Wharton School

The Whartoon School merupakan salah satu sekolah bisnis terbaik yang berada di Pennsylvania, Amerika Serikat. Sekolah ini didirikan pada tahun 1881 dan berhasil mencetak alumni-almuni berkualitas seperti Elon Musk (CEO SpaceX), Donald Trump (Presiden Amerika ke-45), serta Sundar Pichai (Chief Executive Officer Google).

3. Stanford Graduate School of Business

Masih dari negara Amerika Serikat, universitas terbaik untuk kuliah bisnis lainnya adalah Standford Graduate School of Business.

Universitas yang sempat membuat artis kenamaan Indonesia, Maudy Ayunda dilema ini, berhasil masuk dalam jajaran QS Global MBA Rankings 2018 dengan menempati urutan ke-4 sebagai universitas dengan sistem pengajaran dan alumni yang berkualitas.

Perancis

Pilihan negara terbaik untuk kuliah bisnis selanjutnya adalah Perancis, dimana pemerintah negara ini memberikan kemudahan untuk urusan biaya bagi mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan disana.

1. Insead

Institut Europeen d’Administration des Affaires atau disebut Institut Administrasi Bisnis Eropa menjadi salah satu universitas terbaik yang menyediakan jurusan ekonomi dan bisnis.

Selain di Fontainebleau, kampus Insead juga ada di Singapura dan Abu Dhabi. Sehingga siswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi bisnis ke Insead, tak perlu jauh-jauh lagi ke Perancis.

2. HEC Paris School of Management

HEC Paris School of Management menjadi salah satu kampus bergengsi dengan jurusan bisnis terbaik. Bagaimana tidak, rata-rata mahasiswa yang berkuliah disana, dapat menyelesaikan studinya dan meraih gelar MBA dalam waktu singkat, yakni 3 bulan saja.

Oleh karena itulah, HEC Paris School of Management berhasil masuk dalam 15 besar daftar QS Global MBA secara berturut-turut.

(Baca juga: Maudy Ayunda Pilih Harvard University, Begini Tips Survive Kuliah di Amerika)
Inggris

Selain Amerika dan Perancis, negara terbaik untuk kuliah bisnis berikutnya adalah Inggris. Metode pengajaran serta fasilitasnya yang unggul, menjadikan negara ini banyak dilirik oleh mahasiswa di seluruh penjuru dunia. Adapun pilihan universitas dengan program studi bisnis di Inggris yaitu:

1. London Business School

Bisa dikatakan, London Business School merupakan universitas dengan program studi manajemen dan bisnis terbaik di Inggris. Bagaimana tidak, universitas ini berhasil mewakili negara Inggris dalam daftar universitas terbaik dunia dengan program MBA.

Tak hanya itu saja, dilansir dari data QS Global MBA, London Business School mampu mempertahankan eksistensinya dalam bidang pendidikan selama 4 tahun berturut-turut.

2. University of Oxford

Siapa sih yang enggak tahu akan kualitas pendidikan di universitas ternama ini? Ya, hampir semua calon mahasiswa di seluruh dunia rela belajar mati-matian agar bisa menempuh pendidikan di University of Oxford, tak terkecuali Indonesia.

Tak hanya kualitas pendidikannya saja, bahkan universitas tertua di Inggris ini juga unggul dari segi fasilitas, guna menunjang sistem belajar mahasiswa.

3. University of Cambridge

Satu lagi kampus yang berada di negara terbaik untuk kuliah bisnis dengan akreditasi A dunia, yaitu University of Cambridge, Judge Business School.

Menurut sumber yang beredar, para alumni University of Cambridge berhasil meraih jenjang karir yang menjanjikan, sebut saja pengusaha asal Beijing yaitu Zhang Xin.

Menempuh pendidikan ke luar negeri memang menyenangkan dan memberi banyak manfaat, terlebih beberapa perusahaan besar mematok standar tinggi untuk calon pelamar, salah satunya merupakan lulusan dari universitas ternama dunia.

Tetapi, kalau sampai saat ini, kamu masih terkendala akan biaya pendidikan, tidak perlu bingung. Karena sebenarnya, kamu bisa menggunakan pinjaman dana pendidikan dari CekAja.com.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan pinjaman dana pendidikan di CekAja.com dan gapai cita-citamu untuk bisa berkuliah di luar negeri.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau