10 Negara Terkaya di Amerika Selatan, Mampu Bangkit dari Krisis

Negara terkaya di Amerika Selatan kini sedang menarik perhatian pengamat ekonomi dunia. Sebab, pertumbuhan ekonomi di benua ini cukup signifikan.

7 Kota Terunik di Dunia dengan Ciri Khas Keren

Amerika Selatan adalah sebuah benua yang terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Sebagian besar daratan di benua ini dilintasi garis khatulistiwa, sehingga beriklim tropis.

Negara-negara di Amerika Selatan pernah mengalami inflasi tinggi pada tahun 2000-an. Hal ini berdampak pada tingginya tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan, dan ketidakstabilan kondisi sosial politik.

Masing-masing negara pun berjuang untuk memperbaiki keadaan. Yakni dengan cara memperbaiki kualitas sumber daya manusia, menggenjot hasil pertanian dan peternakan, serta membasmi korupsi dengan serius.

Sekarang, pertumbuhan ekonomi di Amerika Selatan sudah jauh lebih baik. Di mana ada beberapa negara yang unggul dan masuk ke dalam 10 negara terkaya di Amerika Selatan dengan pendapatan per kapita tertinggi.

Banyak pengamat ekonomi dunia yang salut dengan kemajuan ini.

Dilansir dari media Money Inc, berikut ini daftar negara terkaya di Amerika Selatan yang diurutkan berdasarkan raihan pendapatan per kapita pada tahun 2019.

Daftar Negara Terkaya di Amerika Selatan

1. Chili

Di posisi pertama negara terkaya di Amerika Selatan diduduki oleh Chili dengan pendapatan per kapita sebesar 27.058 dollar.

Negara yang terbentang di antara Samudra Pasifik dan Pegunungan Andes memiliki tingkat korupsi yang rendah.

Pemerintah Chili fokus membangun perekonomian, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Industri yang maju di negara ini antara lain industri retail, layanan bisnis dan personal, dan manufaktur.

2. Uruguay

Negara terkaya di Amerika Selatan yang kedua adalah Uruguay yang banyak mengekspor hasil tani dan peternakan berkualitas.

Mulai dari ekspor kain wool, beras, daging sapi, susu, kacang kedelai, dan lain-lain.

Industri agrikultur ini mampu meningkatkan pendapatn per kapita Uruguay hingga 24.051 dollar.

Selain memiliki pendapatan per kapita yang tinggi, Uruguay juga dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi nilai demokrasi, kedamaian, dan anti-korupsi.

3. Argentina

Argentina tidak hanya maju dalam urusan tim nasional sepak bolanya, tapi perekonomian negaranya juga tumbuh dengan baik.

Salah satu negara terkaya di Amerika Selatan ini menjadikan daging sapi sebagai produk ekspor andalannya.

Peningkatan kualitas SDM di negara kelahiran pesepak bola Liionel Messi ini kedua terbaik di Amerika Selatan. Sedangkan pendapatan per kapitanya mencapai 20.425 dollar.

(Baca Juga: Negara Islam Terkaya di Dunia, Uni Emirat Arab Bukan yang Pertama)

4. Brazil

Negara dengan populasi penduduk terpadat di Amerika Selatan ini memiliki pendapatan per kapita yang tinggi pula, yakni sebanyak 16.662 dollar.

Beberapa produk ekspor yang dihasilkan antara lain jeruk, kopi, tebu, singkong, pepaya, dan masih banyak lagi.

Pernah mengalami resesi pada 2014 lalu nyatanya tak membuat Brazil terus-menerus terpuruk. Buktinya, di tahun 2019, Brazil menduduki negara terkaya di Amerika Selatan nomor empat.

5. Suriname

Siapa sangka, ternyata salah satu negara terkaya di Amerika Selatan adalah Suriname. Negara ini dihuni banyak warga keturunan Jawa yang bermigrasi di zaman penjajahan dulu.

Sumber daya alam dan energi Suriname sangat diandalkan dalam peningkatan pendapatan per kapita

Seperti sumber minyak bumi, alumunium, dan emas. Pada 2019, pendapatan per kapita Suriname menyentuh angka 15.845 dollar.

6. Kolombia

Negara Republik yang merdeka pada 1810 ini sebelumnya selalu kesulitan menstabilkan kondisi ekonomi dan politik.

Meskipun belum bisa disebut negara maju, namun dalam hitungan 15 tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Kolombia sudah terhitung cukup baik.

Hingga menjadikannya sebagai salah satu negara terkaya di Amerika Selatan.

Tingkat kemiskinan di negara ini perlahan mulai berkurang. Sedangkan sumber daya alam yang diandalkan adalah sumber minyak bumi, yang menyumbang 45 persen dari pedapatan per kapita Kolombia sebesar 15.719 dollar.

7. Peru

Hampir senasib dengan Kolombia, Peru juga memiliki sejarah yang kelam. Kondisi perekonomian dan politik negara ini selalu tidak stabil. Tapi sekarang, Peru bangkit dan memperbaiki semuanya.

Tingkat kemiskinan di Peru kini hanya 19 persen, menjadi yang terendah di kawasan Amerika Selatan. Kondisi politik dan kebebasan sosial juga kian membaik.

Bidang yang menjadi andalan negara terkaya di Amerika Selatan ini adalah bioteknologi dan telekomunikasi. Pendapatan per kapita yang menjadi 14.252 dollar pada 2019.

(Baca Juga: 6 Anak Muda Terkaya di Indonesia 2020 Versi CekAja)

8. Paraguay

Paraguay adalah negara dengan penghasil kacang kedelai terbesar nomor enam di dunia. Selain itu, ada beragam produk ekspor yang membuat Paraguay menjadi negara terkaya di Amerika Selatan.

Seperti ekspor daging sapi, jagung, gandum, juga suku cadang otomotif, minyak bumi, dan bidang manufaktur.

Kombinasi semua produk ekspor itu membuat Paraguay meraih pendapatan per kapita di tahun 2019 sebesar 14.131 dollar.

9. Ekuador

Ekuador adalah negara yang terletak di sebelah Barat Laut Amerika Selatan.

Lokasi strategis ekuador yang memiliki area dataran tinggi dan berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik membuatnya kaya akan sumber daya alam.

Beberapa hasil bumi dari Ekuador yang sering diekspor antara lain minyak bumi, beras, singkong, tebu, kopi, hingga daging sapi, daging babi, produk susu, dan hasil laut speerti ikan dan udang.

Selain mengoptimalkan hasil sumber daya alam, Pemerintah negara terkaya di Amerika Selatan ini juga sedang menggenjot industri pariwisatanya.

Pendapatan per kapita Ekuador pada 2019 adalah sebesar 11.701 dollar.

10. Guyana

Negara terkaya di Amerika Selatan di posisi ke-10 adalah Guyana yang sebenarnya adalah salah satu negara terkecil di Amerika Serikat. Jumlah penduduknya pada 2018 hanya sekitar 780.000 orang.

Mulanya, Guyana hanya mengandalkan hasil pertaniannya sebagai produk ekspor, seperti beras, gula, dan kayu.

Namun, kini Guyana mulai mengeksplor lebih dalam hasil minyak bumi dan industri tambang.

Hasil produk minyak bumi, emas, bauksit, dan lain-lain akhirnya mampu meningkatkan pendapatan per kapita Guyana hingga 8.524 dollar pada 2019.

Pertumbuhan ekonomi Guyana disebut sebagai yang tertinggi di dunia.

Itulah daftar negara terkaya di Amerika Selatan.

Meskipun negara-negara di Amerika Latin tidak terlalu banyak diperhatikan karena masih tergolong negara berkembang, namun perjuangan pemerintah dan warganya dalam memperbaiki kondisi perekonomian patut diacungi jempol.

Buat kamu yang juga ingin memperbaiki kondisi perekonomian rumah tangga dengan memulai usaha, modal tambahan bisa kamu dapatkan dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) di CekAja.com.

CekAja.com akan memberikan rekomendasi pinajaman online tanpa memerlukan jaminan mulai dari Rp500.000 hingga puluhan juta Rupiah.

Syaratnya juga mudah, proses pencairan cepat, dan yang paling penting terpercaya karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tunggu apa lagi? Segera bandingkan berbagai produk KTA terpercaya dan ajukan secara mudah melalui CekAja.com.