Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020 dengan SDA Berlimpah

by Vera Khairifah on 27 Januari, 2020

Benua Afrika sering dikenal dengan negara beriklim tropis dan subtropis yang tandus. Padahal, nyatanya ada sederet negara terkaya di Benua Afrika yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah.

10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020 dengan SDA Berlimpah

Di awal tahun 2020 ini, lembaga pencatat data demografi dunia Worlds Population Review baru saja memperbarui daftar negara terkaya di dunia. Di dalamnya, terdapat pula urutan negara terkaya di Benua Afrika.

Penilaian ini didasarkan pada besarnya pendapatan per kapita atau besarnya pendapatan rata-rata penduduk di negara tersebut, yang terhitung hingga awal tahun 2020. Berikut informasi lengkapnya.

1. Qatar

Qatar - 10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020 dengan SDA Berlimpah

Negara dengan ibukota Doha ini kemajuannya sangat pesat. Kini, banyak gedung pencakar langit yang menjadi simbol majunya sektor perekonomian Qatar.

Bandar Udara Hamad juga memiliki tampilan bangunan yang modern dan memanjakan mata sebagai salah satu Bandara transit penerbangan internasional.

Sumber gas alam membuat negara yang baru merdeka di tahun 1971 ini menduduki posisi pertama negara terkaya di Benua Afrika.

2. Libya

Libya - 10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020 dengan SDA Berlimpah

Produksi minyak yang tinggi membuat Libya menjadi negara terkaya di Afrika nomor 2. Nama “Libya” berasal dari bahasa Mesir yakni “Lebu”, sebutan bagi orang-orang Berber yang tinggal di sebelah barat Sungai Nil.

Kata “Lebu” itu kemudian diadopsi oleh bahasa Yunani sebagai “Libya”. Perekonomian dan pembangunan Libya terbilang baik, meskipun beberapa kali terjadi perang.

3. Afrika Selatan

Afrika Selatan - 10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020 dengan SDA Berlimpah

Afrika Selatan adalah negara yang cukup dikenal warga dunia. Terutama saat negara terkaya di Benua Afrika nomor satu ini menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2010.

Kekayaan sumber daya alam Afrika Selatan bermacam-macam. Mulai dari emas, kromium, antimon, batubara, bijih besi, nikel, timah, berlian, permata, gas alam, dan produk tambang lainnya.

Berdasarkan jumlah pendapatan per kapita, negara ini juga menduduki negara terkaya nomor 3 di Afrika. Yakni dengan nilai rata-rata 4.981 dollar.

4. Aljazair

Aljazair - 10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020 dengan SDA Berlimpah

Aljazair atau yang dikenal juga dengan nama Algeria adalah negara yang terletak di sisi Barat Laut Benua Afrika. Negara dengan ibukota Aljir ini memiliki keindahan alam yang sangat indah karena menghadap laut Alboran dan laut Balearic.

Ada banyak juga situs arkeologi kuno sejak zaman Neolitik yang indah nan eksotis yang termasuk ke dalam UNESCO World Heritage Site. Tempat wisatanya sangat menarik untuk dikunjungi.

Sumber daya alam berupa logam dengan berbagai jenis membuat pendapatan perkapitanya naik dan menduduki negara terkaya di Benua Afrika nomor 4.

5. Tunisia

Tunisia - 10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020 dengan SDA Berlimpah

Negara di Afrika Utara ini memiliki kontur daerah yang variatif. Mulai dari Pegunungan Atlas, hingga Gurun Sahara. Sebelum menempati posisi ke-5, Tunisia pernah sulit maju akibat kasus korupsi yang lama terjadi.

Akhirnya, tahun ini Tunisia mulai dikenal dengan produk minyak bumi dan pariwisata.

(Baca Juga: Cara Melihat Premi Asuransi Kesehatan yang Harus Dibayarkan)
6. Angola

Angola - 10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020 dengan SDA Berlimpah

Angola adalah negara yang terletak di Barat Daya Benua Afrika. Daratan Angola cukup luas, yakni dua kali lipat dari luas Pulau Kalimantan. Perekonomian Angola maju berkat sumber daya alam logam seperti bijih besi, tembaga, emas dan bauksit.

Ada pula cadangan minyak bumi yang melimpah, berlian, fosfat, feldspar dan uranium. Angola masuk ke dalam negara terkaya di Benua Afrika dengan pendapatan per kapita sebesar 3.253 dollar.

7. Maroko

Maroko - 10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020 dengan SDA Berlimpah

Maroko sedikit berbeda dengan negara terkaya di Benua Afrika lainnya. Walau tak memiliki sumber daya alam yang melimpah, siapa sangka kalau negara yang terletak di ujung Barat Laut Benua Afrika ini juga memiliki pendapatan per kapita yang tinggi.

Pemerintah Maroko berjuang keras untuk membuat negaranya maju. Yakni dengan cara pembangunan fasilitas yang menunjang sektor perekonomian dan pariwisata yang berkualitas.

Dengan letak geografisnya yang sangat dekat dengan Spanyol, produk investasi di negara ini sangat menjanjikan dan membuat banyak investor tertarik.

8. Mesir

Mesir - 10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020 dengan SDA Berlimpah

Negara terkaya di Benua Afrika yang ke-8 adalah Mesir. Negeri Piramida ini unggul dalam kualitas pendidikan, sektor perdagangan barang, dan memiliki sumber daya alam tambang yang lengkap. Hampir serupa dengan Afrika Selatan.

Kepadatan penduduk nyatanya tak membuat produktivitas warganya menurun. Mesir memiliki lebih dari 102 juta jiwa penduduk, dua kali lipat dari jumlah penduduk Afrika Selatan.

9. Nigeria

Nigeria - 10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020 dengan SDA Berlimpah

Banyak yang mengira bahwa negara terkaya di Benua Afrika adalah Nigeria. Memang, negara ini memiliki pertumbuhan kekayaan para pengusaha yang sangat tinggi. Namun, sebenarnya sebagian besar warga Nigeria juga masih mengalami kemiskinan.

Maka dari itu, enggak heran jika Nigeria hanya menduduki posisi ke-9 dengan pendapatan per kapita sebesar 1.963 dollar.

(Baca Juga: Fitur Asuransi Kesehatan Cigna)
10. Sudan

Sudan - 10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020 dengan SDA Berlimpah

Selanjutnya, ada Sudan yang berada di posisi ke-10 negara terkaya di Afrika. Sudan memiliki sumber daya mineral yang sangat bervariasi. Di antaranya seperti asbes, krom, kobalt, tembaga, emas, granit, gypsum, besi, kaolin, timah, mangan, mika, gas alam,nikel, minyak bumi, perak, uranium, dan seng.

Sektor pertanian di negara yang satu ini juga cukup menjanjikan dibandingkan dengan negara-negara di Afrika lainnya. Sudan berada di urutan ke-66 negara terkaya di dunia.

Itu daftar negara-negara terkaya di Afrika. Kalau kamu juga ingin meraih banyak keuntungan, saatnya mulai berinvestasi. Pilih berbagai produk investasi yang cocok untukmu dan ajukan melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast