12 Negara Terkotor di Dunia, Indonesia Urutan Berapa Ya?

Dinobatkan sebagai negara terbersih di dunia tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi suatu negara. Lantas, apa jadinya jika dinobatkan sebagai negara terkotor di dunia?

Negara Terkotor di Dunia

Tinggal di tempat yang bersih dan asri jelas menjadi dambaan semua orang. Selain membuat hidup menjadi terasa lebih nyaman dan menyenangkan, tinggal di lingkungan yang nyaman nyatanya juga bisa memberikan pengaruh terhadap kesehatan lho.

Hanya saja, sepertinya saat ini masih ada lapisan masyarakat yang belum terlalu perduli dengan kebersihan lingkungan, yang bahkan berhasil membawa negaranya dinobatkan sebagai negara terkotor di dunia. Sungguh julukan yang sangat tidak membanggakan, bukan?

(Baca Juga: Negara Terbersih di Dunia)

Ingin tahu kira-kira negara apa saja yang masuk ke dalam list? Dan kira-kira, apakah Indonesia turut masuk ke dalam daftar? Tanpa berpanjang kata, yuk kita simak saja bersama mengenai jajaran negara terkotor di dunia.

Apa yang Membuat Sebuah Negara Dijuluki Sebagai “Negara Terkotor di Dunia”?

Sebenarnya, kata “kotor” dalam hal ini dapat dilihat dengan sudut pandang yang begitu luas. Bukan hanya hal-hal yang berhubungan dengan sampah saja, negara terkotor di dunia juga bisa dinilai dari kondisi udara dan sumber mata air.

Maka dari itu, banyak sekali faktor-faktor yang bisa membuat suatu negara mendapatkan julukan sebagai salah satu negara terkotor di dunia.

Negara Terkotor di Dunia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut negara terkotor di dunia yang sudah dirangkum oleh CekAja, yaitu adalah:

1. Bosnia dan Herzegovina

Negara terkotor di dunia yang akan kita bahas adalah Bosnia dan Herzegovina, yang terletak di semenanjung Balkan, Selatan Eropa.

Merupakan salah satu negara yang terletak di benua Eropa dengan luas 51.129 km2, ternyata tingkat polusi di sini mencapai 40,6 µg/m³. Dan angka tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun.

Berdasarkan dengan hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa Bosnia dan Herzegovina memiliki angka polusi yang sudah tidak sehat, apalagi untuk kelompok sensitif.

2. Indonesia

Kabar baik datang untuk Tanah Air kita tercinta. Sempat menduduki posisi ke-3, akhirnya Indonesia berhasil turun ke angka 9 negara terkotor di dunia.

Walaupun tetap saja itu bukanlah julukan yang baik, namun sepertinya Indonesia sudah mengalami banyak kemajuan. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya generasi muda yang aktif dalam berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Dari sebelumnya memiliki angka polusi sebesar 51,71µg/m³, saat ini sudah turun menjadi 40,7g/m3. Meski begitu, tetap saja udara di Indonesia masih tergolong berbahaya untuk kelompok sensitif.

3. Meksiko

Negara terkotor di dunia yang akan kita bahas selanjutnya adalah Meksiko. Sebagai salah satu negara padat penduduk, ternyata Meksiko bahkan juga menyumbang emis kabon hingga 85% lho.

Sehingga, hal tersebut membuat masyarakatnya juga turut mengalami kesulitan dalam mendapatkan udara bersih.

Tak hanya itu, negara yang terkenal dengan makanan khas Taco ini juga terletak di tengah gunung aktif, yang membuat Meksiko juga sering mengalami kabut asap akibat erupsi.

Bahkan konon katanya, udara kotor yang dihasilkan oleh Meksiko turut mempengaruhi negara lain lho.

4. Qatar

Masuk ke dalam salah satu negara terkaya di dunia, ternyata hal tersebut tak membuat Qatar terbebas dari julukan “Negara Terkotor di Dunia”.

Pasalnya, hampir semua elemen yang terdapat di negara ini, mulai dari air, udara, hingga tanah, ternyata sudah terkontaminasi oleh zat pestisida dan fertilizer.

Penyebabnya? Jelas karena pembuangan limbah bekas produksi tambang dan pengolahan minyak, melihat bahwa Qatar itu sendiri juga merupakan salah satu negara penghasil gas alam dan minyak terbesar di dunia.

5. Ethiopia

Selain menjadi salah satu negara termiskin di dunia, ternyata Ethiopia juga turut masuk ke dalam jajaran salah satu negara terkotor di dunia.

Masyarakat Ethiopia seringkali mengalami kesulitan pangan, fasilitas kesehatan, hingga pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang begitu lambat.

Dan dikarenakan hal itulah, masalah kebersihan pun turut terpengaruh, akibat sanitasi dan pengelolaan limbah dan sampah yang begitu buruk.

6. Mongolia

Perbatasan Mongolia yang begitu dekat dengan Rusia, membuat negara ini memiliki suhu yang begitu dingin. Bahkan terkadang, suhu di negara yang terletak di daratan Asia Timur ini bisa mencapai lebih dari batas normal lho.

Akibatnya, masyarakat setempat seringkali memanfaatkan bahan bakar alam untuk menghangatkan tubuh mereka.

Namun sangat disayangkan, karena penggunaan bahan bakar inilah, udara di Mongolia menjadi sangat tercemar dan mendapatkan julukan sebagai salah satu negara terkotor di dunia.

7. Kongo

Kongo merupakan negara yang terletak di Afrika Tengah dan merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam.

Akan tetapi, kekayaan yang dimiliki oleh negara ini justru tidak menjamin kesejahteraan masyarakatnya.

Turut masuk ke dalam jajaran negara termiskin di dunia bersama dengan Ethiopia, membuat Kongo juga menjadi salah satu negara terkotor di dunia, akibat sanitasi yang sangat buruk.

Selain itu, pencemaran air di negara ini juga sudah tak terkendali, akibat sampah yang dihasilkan, baik itu dari negara sekitar maupun dari masyarakat Kongo itu sendiri.

Bahkan, polusi udara di Kongo juga seringkali menimbulkan berbagai masalah kesehatan untuk masyarakatnya.

8. India

Saat ini, angka polusi di India sudah mencapai 58,08 µg/m³, yang bahkan lebih tinggi dari yang dimiliki oleh Indonesia.

Bukan hanya sebagai salah satu negara terkotor di dunia, dua kota di India, yakni Mumbai dan New Delhi, bahkan turut mendapatkan predikat sebagai kota terkotor.

Sungai Buriganga yang sudah terkontaminasi oleh limbah pabrik membuat masyarakat Mumbai mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Tak hanya itu, dilansir dari situs hiduptanpasampah.com, yang juga mengutip dari Times of India, menyebutkan bahwa polusi udara di Mumbai menjadi faktor pendukung yang menyebabkan 80 ribu lebih kematian bagi warganya, terutama di rentang usia 30 tahun ke atas.

9. Kazakhstan

Kazakhstan merupakan negara lintas benua yang sebagian besar wilayahnya masuk ke dalam kawasan Asia Tengah, sedangkan sebagian kecilnya lagi justru masuk ke kawasan Eropa Timur.

Tengah mengembangkan industri berbasis petrolium ternyata membuat negara ini mengalami masalah lingkungan yang cukup serius.

Hal tersebut dikarenakan, limbah yang dihasilkan sangat berbahaya dan dapat membuat kualitas udara menjadi memburuk.

Tak hanya itu, masyarakat setempat yang kurang perduli terhadap lingkungan juga menjadi salah satu penyebab keadaan yang semakin parah.

10. Mesir

Mesir juga masuk ke dalam salah satu negara terkotor di dunia, yang sebagian besar diakibatkan oleh banyaknya kendaraan yang beroperasi setiap harinya.

Mulai dari motor, mobil, hingga transportasi umum seakan tak pernah istirahat dari pagi hingga malam, yang membuat polusi udara di negara ini sudah mencapai 20 kali lipat dari ambang batas normal yang seharusnya dihirup oleh manusia.

Tak hanya perihal polusi udara saja, Mesir ternyata juga turut mengalami masalah sampah. Saking banyaknya jumlah sampah yang ke luar setiap harinya, negara ini bahkan menyediakan kota khusus untuk pembuangan sampah lho.

11. Bangladesh

Negara terkotor di dunia selanjutnya adalah Bangladesh, yang disebabkan oleh jumlah populasi penduduk yang sudah melebihi fasilitas kebersihan yang ada.

Ketika kamu berkunjung ke sini, maka jangan heran jika suatu saat melihat masyarakat yang membuang sampah sembarangan atau bahkan dengan santainya buang air kecil di pinggir jalan.

Kontaminasi air tanah yang diakibatkan dari logam berat merupakan salah satu isu lingkungan yang sedang dihadapi oleh negara ini.

12. Pakistan

Nah, negara terkotor di dunia yang akan kita bahas terakhir adalah Pakistan, yang juga merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia, yakni 201 juta jiwa.

Hanya saja, dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, nyatanya Pakistan tidak memiliki sistem pengelolaan lingkungan yang cukup baik.

Sungai Indus yang sempat dianggap sebagai satu-satunya sumber mata air utama di negara ini ternyata sudah tidak terjamin kemurniannya, karena telah tercemar oleh limbah bekas hasil industri.

Selain itu, Pakistan pasalnya juga tengah menghadapi isu pencemaran suara yang membuat negara ini tidak layak untuk ditinggali, karena begitu bising.

Jadi, itulah beberapa negara terkotor di dunia yang sepertinya perlu kamu ketahui. Akan tetapi jika kita lihat dari faktor utamanya, maka dapat dipastikan bahwa kondisi lingkungan yang tidak bersih juga sebagian besar diakibatkan oleh perbuatan manusia itu sendiri.

(Baca Juga: Sungai Terkotor di Dunia)

Karenanya, alangkah lebih baik jika kita mulai menciptakan lingkungan yang sehat dari diri sendiri, misalkan seperti selalu membawa tas belanja, tumblr, dan sedotan stainless setiap bepergian.

Tak hanya itu, mengganti penggunaan tas plastik kresek menjadi plastik biodegradable yang lebih ramah lingkungan juga bisa dijadikan sebagai salah satu solusi.

Nah, agar membeli perlengkapan ramah lingkungan untuk aktivitas sehari-hari bisa lebih hemat, yuk manfaatkan saja promo-promo yang disediakan oleh kartu kredit terbaik.

Lantas, bagaimana jika belum memiliki kartu kredit? Segera bandingkan dan ajukan saja di CekAja.com!