9 Negara yang Tidak Diakui Dunia Padahal Sudah Merdeka

5 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Punya banyak penduduk bukanlah jaminan untuk tak menjadi negara yang tidak diakui dunia. Contohnya saja pada kesembilan negara yang bakal dibahas CekAja berikut ini.

Ghost nation atau republik hantu adalah kata yang paling tepat untuk menggambarkan negara-negara yang tidak diakui dunia ini.

Walaupun negara-negara tersebut memiliki penduduk, lambang negara, bendera, dan lagu kebangsaan. Namun sayangnya, kedaulatan mereka belum sepenuhnya diakui oleh dunia.

Mengapa demikian? Cek informasi lebih detilnya lewat artikel yang sudah dirangkum CekAja dari berbagai sumber berikut ini.

Negara-negara yang Tidak Diakui Dunia

1. Somaliland

Mungkin ketika pertama kali mendengar nama negara ini, kamu akan berpikir jika Somaliland adalah Somalia. Nyatanya itu adalah dua negara yang berbeda.

Somaliland pertama kali mengumumkan kemerdekannya pada 1991. Terhitung cukup lama bukan?

Sayangnya, negara ini masih menjadi negara yang tidak diakui dunia lho.

Republik Somaliland mulanya adalah bekas wilayah Britania Raya, yang letaknya kira-kira diantara Teluk Aden, Ethiopia dan Djibouti.

Negara berpenduduk mayoritas menganut agama Islam ini tidak pernah diakui kedaulatannya secara de jure.

Namun siapa sangka jika Somaliland berhasil menjadi negara terkaya, bahkan melebihi Somalia, karena bantuan klan yang sangat berpengaruh di sana.

(Baca Juga: 53 Negara yang Termasuk Anggota Persemakmuran)

2. Transnistria

Negara yang tidak diakui dunia selanjutnya adalah Transnistria. PBB masih menganggap jika negara tersebut masih termasuk dalam bagian Negara Moldova.

Padahal Transnistria sudah memisahkan diri dari Moldova kira-kira 30 tahun lamanya.

Walaupun begitu, sebagian penduduk Transnistria mengaku masih merasa bahagia meski negaranya tidak diakui dunia.

Bahkan, negara ini juga memiliki pemerintahan, militer, lambang negara, hingga lagu kebangsaan layaknya negara-negara besar lainnya.

Tidak hanya itu saja, negara yang masih memegang erat budaya Uni Soviet dalam gaya hidup para penduduknya ini, juga mencoba memperkenalkan kekayaan alam yang dimiliki, lewat pariwisata.

Bahkan, sekarang turis dari Rusia diketahui sering berkunjung ke Transnistria.

3. Republik Nagorno – Karabakh

Beralih dari Transnistria, negara yang tidak diakui dunia lainnya adalah Republik Nagorno-Karabakh.

Negara ini pertama kali memproklamasikan kemerdekaannya pada 10 Desember 1991.

Namun, Republik Nagorno tidak pernah diakui oleh dunia internasional karena kedaulatannya masih dianggap menyatu dengan Azerbaijan.

Republik Nagorno atau disebut pula Negara Artsakh berada di 270 km sebelah barat Baku, ibu kota Azerbaijan, Selatan Kaukasus.

Penduduk yang mendiami negara ini mayoritas merupakan etnik Armenia.

4. Abkhazia

Abkhazia juga termasuk negara yang tidak diakui dunia.

Meski secara de facto, republik yang berada di Kaukasus ini telah merdeka sejak 1999, tapi negara ini masih dianggap bagian dari Georgia, dan masih diklaim sebagai wilayah kedaulatan mereka.

Untungnya, dari banyak negara yang tidak mengakui kedaulatan Abkhazia, ada 4 negara yang mengakui kemerdekaannya yaitu Rusia, Venezuela, Nicaragua dan Nauru. 

Nah, walau terkenal sebagai wilayah breakaway Georgia, mengunjungi Abkhazia rasanya harus kamu lakukan meskipun cuma sekali seumur hidup.

Karena negara ini termasuk destinasi wisata anti mainstream yang biasanya hanya terkenal di kalangan pelancong Rusia.

Bahkan, banyak turis dari Rusia yang menganggap kalau Abkhazia ini adalah “permata”, karena keindahan dari arsitektur kotanya yang masih amat kuno.

5. Republik Kosovo

Berada di sebelah Tenggara Eropa, Republik Kosovo juga menjadi salah satu negara yang tidak diakui dunia.

Negara ini dulunya adalah provinsi di Serbia, namun pada Februari 2008 secara sepihak Kosovo mendeklarasikan diri sebagai negara yang berdiri sendiri.

Akibatnya, keputusan tersebut ditentang oleh Serbia dan hanya beberapa negara saja yang mengakui Republik Kosovo, diantaranya Perancis, Turki dan Amerika Serikat.

Setelah mati-matian berjuang agar memperoleh kemerdekaan, akhirnya pada 22 Juli 2010, Mahkamah Internasional menyatakan bahwa Republik Kosovo merdeka secara sah dari Serbia.

Meski merdeka dan dianggap tidak melanggar hukum internasional, tetap saja hingga saat ini masih ada beberapa negara yang tidak mengakui fakta tersebut, seperti Rusia, Serbia, dan sebagian negara Uni Eropa.

Tapi bukan berarti pariwisata di negara tersebut tidak berjalan ya.

Justru negara dengan jumlah penganut Islam terbesar di Benua Eropa ini, punya banyak tempat wisata yang siap membuat kamu tercengang akan keindahannya.

Beberapa destinasi tersebut diantaranya Germia Park, Air Terjun Mirusha, Pegunungan Rugova, Gua Marmer, hingga Masjid Kekaisaran.

6. Cyprus Utara

Posisi keenam diisi oleh Cyprus Utara sebagai negara yang tidak diakui dunia.

Negara ini terletak di sebelah Utara Cyprus, dan sayangnya hanya Turki lah yang mengakui kemerdekaaannya secara de facto.

Meski begitu, bukan berarti Cyprus Utara ini tidak menyimpan berbagai destinasi wisata yang indah.

Malahan, kamu bisa mengunjungi sekaligus Republik Cyprus dalam satu kunjungan wisata lho.

Tapi memang, lebih dianjurkan untuk berkunjung ke Republik Cyprus dulu baru kemudian menyeberang ke Cyprus Utara.

7. Ossetia Selatan

Sama halnya dengan Abkhazia, Ossetia Selatan juga dinyatakan sebagai negara yang tidak diakui dunia, karena dianggap masih termasuk dalam kedaulatan wilayah Georgia.

Walau begitu, namun setidaknya ada beberapa negara yang mengaku Ossetia Selatan telah berdiri sendiri, yaitu Rusia, Suriah, Venezuela, Nikaragua dan Nauru.

8. Palestina

Siapa yang tak kenal dengan Palestina? Negara yang selalu jadi incaran perang Israel ini, juga masih menjadi negara yang tidak diakui dunia, meski 132 negara anggota PBB telah mendukung kemerdekaannya.

Bahkan sampai saat ini status politiknya masih jadi perdebatan di dunia internasional.

PBB hanya mengakui Palestina sebagai entitas non-anggota yang berstatus pengamat.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena hanya sebagian besar negara yang termasuk negara anggota OKI, ASEAN, dan Gerakan Non-Blok lah yang mengakui adanya Palestina.

(Baca Juga: Ini 10 Negara Termiskin Didunia)

9. Sahara Barat

Terakhir, negara yang tidak diakui dunia adalah Sahara Barat. Negara ini dinyatakan merdeka secara de facto pada 1976.

Akan tetapi, hanya 46 negara anggota dalam PBB saja yang mengakui kedaulatan dari Republik Sahara Barat tersebut.

Terletak di bagian Barat Laut Afrika, penduduk Sahara Barat menggunakan bahasa Arab dan Spanyol sebagai bahasa resminya.

Menurut berbagai sumber yang beredar, hingga 2017 lalu, negara tersebut masih diduduki oleh Maroko.

Itu dia negara-negara yang tidak diakui dunia. Meski enggak mendapatkan pengakuan di ranah internasional, bukan berarti kesembilan negara tersebut tidak memiliki nilai pariwisata yang menjual ya.

Justru nih, kalau kamu berkunjung ke negara-negara yang tidak diakui dunia tersebut pasti bakal dianggap anti mainstream.

Ingin Jalan-jalan? Lengkapi dengan Kartu Kredit, Yuk!

Nah, berbicara mengenai wisata, kurang afdal kalau kamu enggak melengkapi diri dengan kartu kredit khusus travelling.

Soalnya, kartu kredit jenis ini biasanya dilengkapi fitur-fitur unggulan, mulai dari gratis Airport Lounge, potongan harga alias diskon tiket pesawat, hingga asuransi perjalanan.

Jadi, keuntungan yang didapat tentu saja double, hemat bertransaksi, sekaligus aman karena asuransinya.

Terus, gimana caranya memiliki kartu kredit? Ya, CekAja.com solusinya!

Di CekAja, kamu bisa mengajukan sekaligus membandingkan kartu kredit dari mitra bank yang dimiliki oleh kami.

Mulai dari BNI Mastercard Gold, BNI Mastercard Style Titanium, BNI Visa Garuda Indonesia Signature, CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum, CIMB Niaga JCB Precious, Citi Cash Back Card, Citi PremierMiles Card, hingga Garuda Indonesia Citi Card.

Bahkan informasi mengenai masing-masing kartu kredit tersebut juga sangat lengkap dan pastinya telah mencakup fitur asuransi perjalanan. Sangat menarik bukan?

Yuk, tunggu apalagi? Miliki sekarang juga kartu kredit dari CekAja dan nikmati berbagai fiturnya untuk pengalaman liburan yang lebih seru!

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri