Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ngebet Beli Mobil? Perhatikan Dulu 5 Hal Penting Ini

by Miftahul Khoer on 16 Oktober, 2018

Pasar kendaraan roda empat sepanjang 2018 ini boleh dibilang sedang bagus seiring penjualan seluruh merek anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor atau Gaikindo naik sekitar 3,7 persen pada semester pertama. Apakah ini waktu yang tepat bagi Anda untuk membeli mobil? Perhatikan dulu lima hal penting ini.

beli mobil - CekAja.com

Sebelum membeli mobil, ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal penting di bawah ini. Membeli mobil bukan seperti membeli kacang goreng yang bisa bisa Anda lakukan kapan saja.

Membeli mobil adalah membeli aset bergerak yang memiliki risiko tertentu. Yuk simak beberapa poin penting di bawah ini sebelum Anda memutuskan membeli mobil.

(Baca juga: Mau Bisnis Online Laris Manis? Ini 5 Kiatnya)

Kebutuhan atau hanya sekedar gengsi?

Hal pertama yang paling mendasar sebelum membeli mobil adalah bertanya kepada diri sendiri atau anggota keluarga. Apakah membeli mobil adalah kebutuhan atau hanya sekadar gengsi?

Pertanyaan mendasar ini sangat penting dijawab untuk memutuskan apakah pembelian mobil yang Anda rencanakan memang perlu atau tidak. Kalau Anda merasa bahwa mobil adalah sebuah kebutuhan untuk menopang mobilitas kerja, bisnis atau keluarga Anda, tentu membeli mobil adalah sebuah keharusan.

Sebagai contoh, Anda adalah keluarga muda yang memiliki dua anak kecil. Idealnya, untuk keluarga yang berjumlah lima orang memang harus sudah memiliki kendaraan yang bisa menampung seluruh keluarga. Karena tidak mungkin Anda sekeluarga bepergian dengan kendaraan roda dua.

Namun, bagi Anda yang memang merasa mobil bukanlah suatu kebutuhan, maka keputusan untuk membeli mobil bisa ditunda. Jangan sampai Anda membeli mobil karena sebuah gengsi melihat semua tetangga Anda sudah punya mobil.

Perhatikan kondisi keuangan

Selain kebutuhan, rencana Anda untuk membeli mobil harus memperhatikan kondisi keuangan. Memang, setiap orang butuh mobil untuk kendaraan yang nyaman. Tapi tidak semua mampu membeli mobil.

Jika kondisi keuangan Anda sedang stabil atau bahkan banyak uang simpanan, maka bukan jadi soal bagi Anda untuk membeli mobil. Tapi jika kondisi keuangan Anda sedang pas-pasan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, maka sebaiknya rencana Anda untuk membeli mobil ditunda dulu.

Banyak kasus yang terjadi ketika seseorang memaksakan membeli mobil hanya karena gengsi. Di tengah jalan, cicilan pun macet karena tak mampu membayar angsuran. Risikonya, mobil kena tarik debt collector dan tentu saja kasus seperti ini banyak terjadi sehingga menyebabkan kredit macet.

(Baca juga: 5 Bisnis dengan Untung Miliaran, Berani Coba?)

Kumpulkan uang muka

Jika memang Anda benar-benar berniat membeli mobil untuk kebutuhan mobilitas kerja, bisnis dan keluarga Anda, maka sebaiknya Anda kumpulkan terlebih dahulu sebagian dananya. Paling tidak Anda menabung uang muka untuk meringankan pembelian mobil impian Anda.

Misalnya, Anda berencana membeli mobil low cost green car atau LCGC yang seharga Rp150 jutaan. Anda berkomitmen untuk membeli mobil dengan uang muka sekitar 15 persen atau sebesar Rp22,5 juta dari harga mobil.

Perhitungan sederhananya, Anda bisa menabung sekitar dua tahun untuk mengumpulkan uang muka tersebut. Asumsinya, Anda bisa menabung sekitar Rp1 juta per bulan untuk mengumpulkan uang muka pembelian mobil.

Ini hanya sekedar contoh kasus. Anda bisa mengumpulkan uang muka tergantung kemampuan Anda. Bahkan bisa kurang dari dua tahun jika Anda mampu mengumpulkan uang muka lebih besar.

(Baca juga: 5 Tips Sukses Bisnis Pet Shop)

Biaya perawatan mobil

Hal lain yang perlu Anda tahu ketika membeli mobil adalah banyaknya pengeluaran rutin seperti biaya membeli oli, servis, cuci mobil, ganti ban, spooring, balancing, perawatan AC hingga biaya perawatan kaki-kaki mobil.

Pengeluaran-pengeluaran ini tentu harus Anda perhatikan ketika Anda membeli mobil. Dengan demikian, pastikan untuk menyisihkan sebagian gaji Anda setiap bulan jika Anda benar-benar memutuskan membeli mobil.

Saat yang tepat membeli mobil

Jika sudah memperhatikan hal-hal penting di atas, maka tentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli mobil.

Ada beberapa pilihan yang tepat kapan Anda membeli mobil impian. Pertama, Anda bisa membeli mobil ketika akhir tahun. Biasanya dealer akan menghabiskan stok mobil yang ada di gudang. Di akhir tahun biasanya dealer juga sering menawarkan potongan harga, cashback hingga program cicilan yang lebih murah.

Anda juga bisa membeli mobil saat pameran otomotif. Setidaknya ada dua ajang pameran otomotif besar-besaran berkelas internasional yang sering memberikan penawaran menarik kepada konsumen yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Pada dua pameran ini setiap pabrikan mengeluarkan mobil baru dengan harga menarik kepada konsumen. Banyak program yang ditawarkan kepada konsumen mulai dari diskon harga, cicilan, dan promo menarik lain yang bisa Anda manfaatkan.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda berencana membeli mobil. Sekarang tinggal Anda putuskan kapan Anda akan membeli mobil. Kalau Anda masih bingung untuk mengumpulkan uang muka, Anda bisa akses CekAja.com yang akan memandu terkait finansial yang Anda butuhkan. Yuk cek.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.