Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Obat Alami Untuk Menangkal Virus Corona, Mulai dari Bawang hingga Jahe

by Estrin Vanadianti Lestari on 12 Maret, 2020

Terhitung tanggal 11 Maret 2020, jumlah pasien terjangkit virus corona di Indonesia kian bertambah menjadi 34 orang. Informasi ini pun membuat seluruh penduduk Indonesia ketar-ketir akan penyebaran covid-19 yang ditakutkan semakin meluas. Namun, untuk menghilangkan rasa panik akan virus corona, kamu bisa melakukan pencegahan dengan mengonsumsi obat alami untuk menangkal virus corona loh.

obat alami untuk menangkal virus corona

Jika, menggunakan masker merupakan pencegahan dari luar, kamu bisa menggunakan obat alami untuk menangkal virus corona dari dalam. Terlebih, harga masker juga saat ini semakin melambung dan langka, sehingga mencegah dengan obat alami, mungkin bisa dijadikan sebagai pencegahan yang mudah.

Gejala Virus Corona Mirip dengan Flu

Karena gejala-gejala yang ditimbulkan dari virus corona ini tampak mirip dengan flu, bahkan disebut masih satu kingdom dengan flu, sehingga virus tersebut bisa dicegah dengan zat curcumin.

Curcumin yang terdapat dalam tanaman temulawak, dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Nah, dengan daya tahan tubuh yang meningkat, maka tubuh bisa menangkal lebih kuat dari serangan penyakit, termasuk virus corona.

Zat curcumin juga pernah diformulasikan untuk melawan virus flu burung, yang pernah mewabah dunia. Nah, formulasi curcumin ini juga akhirnya dilakukan pada virus corona. Namun, formulasi ini masih berjalan dan dikerjakan dengan teliti, bertahap, dan tentunya membutuhkan proses.

(Baca Juga: Mengenal Greenland, Salah Satu Negara yang Belum Dikunjungi Corona)
Gara-gara Virus Corona Masuk Indonesia, Harga Bawang hingga Jahe Naik

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah. Sehingga, jika ada penyakit berbahaya mewabah, penduduk Indonesia sering menggunakan rempah sebagai obat alami untuk menangkal penyakit.

Hal tersebut pun benar terjadi, ketika virus corona diklaim telah masuk Indonesia pada awal Maret lalu. Di mana membuat penduduk Indonesia berburu rempah-rempah untuk dijadikan ramuan atau obat alami untuk menangkal virus corona.

Karena hal ini juga, harga rempah-rempah dipasaran menjadi mahal. Seperti dilansir dari Detik.com, harga jahe merah di sejumlah pasar di Jakarta naik dari Rp50.000 per kg, menjadi Rp70.000 per kg. Sedangkan bawang bombai harganya kini sudah mencapai Rp150.000 per kg, bahkan mengalahkan harga daging sapi.

Obat Alami untuk Menangkal Virus Corona

Namun, seampuh apa sih obat alami untuk menangkal virus corona? Apa saja obat alami atau rempah-rempah yang dipercaya mampu menangkal virus corona? Berikut deretan obat alami untuk menangkal virus corona:

1. Bawang

Bawang - Obat Alami Untuk Menangkal Virus Corona Mulai dari Bawang hingga Jahe

Obat alami untuk menangkal virus corona yang pertama dan paling banyak dicari adalah bawang. Hal ini juga yang membuat harga bawang putih, hingga bawang bombay merangkak naik.

Terlebih, dari berbagai mitos yang beredar tentang bawang khususnya bawang putih, disebut efektif mencegah virus corona. Faktanya, World Health Organization (WHO) juga akhirnya mengatakan melalui akun Twitter resminya, bahwa bawang putih merupakan rempah atau makanan sehat, yang memiliki sifat antimikroba.

Meski mengonsumsi bawang putih memang bisa menyehatkan tubuh dan menangkal penyakit, namun belum ada bukti yang resmi, jika bawang putih mampu mencegah seseorang terkena virus corona.

Meski belum ada klaim resmi bahwa bawang putih bisa mencegah, tapi tidak ada salahnya jika kamu tetap mengonsumsi bawang putih mentah, dengan alasan kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Pasalnya, bawang putih memiliki zat allicin, atau senyawa sulfur organik yang bersifat antimikroba yang hebat. Allicin juga bisa melawan infeksi, menyehatkan tekanan darah, dan bertindak sebagai antioksidan.

2. Jahe

Jahe - Obat Alami Untuk Menangkal Virus Corona Mulai dari Bawang hingga Jahe

Tidak hanya bawang-bawangan, jahe ternyata juga disebut-sebut sebagai salah satu obat alami untuk menangkal virus corona. Bahkan, banyak pemberitaan bahwa jahe merah berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan virus corona.

Tidak hanya itu, pemberitaan tersebut pun membuat masyarakat jadi memburu jahe, terutama jahe merah. Nah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa banyak orang percaya bahwa virus corona dapat ditanggulangi dengan obat herbal, yang mengandung curcumin.

Namun, seperti yang sudah-sudah, obat alami seperti rempah-rempah ini, bukanlah sebagai penyembuh virus corona, melainkan hanya untuk mencegah. Sehingga secara umum, rempah-rempah seperti jahe sangat bermanfaat sebagai peningkat daya tahan tubuh, dan bukan untuk mengobati.

Terlebih juga, rasa jahe yang hangat di tubuh, membuat tubuh menjadi lebih terjaga. Jahe juga bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara yang enak, seperti dibuat minuman, dicampur ke makanan, dan lain-lain.

3. Temulawak

Temulawak - Obat Alami Untuk Menangkal Virus Corona Mulai dari Bawang hingga Jahe

Gemparnya virus corona yang sudah mulai masuk Indonesia, membuat orang-orang mencari cara untuk terhindar dari virus mematikan tersebut. Berhubung virus ini juga belum ditemukan obatnya, maka orang Indonesia mempercayakannya kepada obat alami.

Selain bawang dan jahe, temulawak ternyata juga disebut-sebut mampu menangkal virus corona, yang juga mengandung curcumin. Kamu bisa mengonsumsi obat alami seperti temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karena pada dasarnya, virus corona lebih menyerang orang yang daya tubuhnya lemah.

Nah, untuk mendapatkan kandungan curcumin di temulawak, kamu harus mengolahnya terlebih dahulu. Jika kamu malas atau tidak tahu cara mengolahnya, kamu bisa membeli produk olahan temulawak yang aman dan praktis, seperti Sari Temulawak 85.

Selain dijadikan sebagai penangkal virus corona, temulawak sendiri memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mengatasi sistem pencernaan, obat radang, penyembuk luka, penambah nafsu makan, antijamur, obat jerawat, hingga menjaga kesehatan liver.

Empon-empon, Ramuan Jamu Penangkal Corona

Nah, selain rempah-rempah satuan yang bisa digunakan sebagai obat alami untuk menangkal virus corona, ramuan empon-empon juga bisa dicoba loh. Empon-empon ini merupakan ramuan yang terdiri dari banyak rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, secang, dan kayu manis.

Empon-empon bisa kamu temukan di pasar-pasar tradisional, dengan harga sekitar Rp6.000 per bungkus dalam plastik kecil. Sama seperti rempah-rempah lainnya, ramuan empon-empon berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Bukan hanya karena virus corona, empon-empon ternyata sudah ada sejak dulu, di kalangan masyarakat Jawa. Empon-empon juga sudah menjadi minuman jamu, yang diperuntukkan untuk minuman kesehatan dan orang sakit.

(Baca Juga: 7 Makanan Penguat Sistem Imun Tubuh)
Tetap Wajib Lakukan PHBS sebagai Pencegahan Virus Corona

Mengonsumsi obat alami untuk menangkal virus corona, hanya menjadi salah satu poin saja. Namun, akan lebih bagus lagi jika kamu tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

PHBS juga merupakan salah satu hal paling utama, yang mesti dilakukan untuk mencegah terinfeksi virus corona. Salah satu hal yang dilakukan dalam menerapkan PHBS di antaranya adalah mencuci tangan dengan sabun, jangan menyentuh wajah atau bagian sensitif, pakai hand sanitizer, menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan, dan lain-lain.

Itulah informasi terkait obat alami untuk menangkal virus corona. Selain mencegahnya dengan cara mengonsumsi obat alami, kamu juga butuh asuransi untuk melindungi diri dan keluarga dari virus corona dan penyakit mematikan lainnya.

Asuransi kesehatan hingga jiwa, sekiranya sangat penting untuk dimiliki di setiap keluarga. Pasalnya, akan ada banyak benefit yang bisa kamu rasakan dengan memiliki asuransi.

Yuk, segera daftarkan diri kamu dan keluarga di asuransi pilihanmu. Berbagai informasi produk asuransi juga bisa kamu dapatkan di situs Cekaja.com. Yuk, tunggu apalagi, segera buka situs Cekaja.com, dan cari asuransi terbaikmu!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk