Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Obat Alami untuk Penyakit Tipes dan Informasi Lain yang Perlu Diketahui

by Kyla Damasha on 13 Maret, 2020

Obat alami untuk penyakit tipes merupakan salah satu informasi yang perlu untuk diketahui, melihat bahwa tipes itu sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang membutuhkan penanganan secepat mungkin.

obat alami untuk tipes

Penyakit tipes atau demam tifoid merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii yang masuk kedalam tubuh melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.

Agar tidak semakin parah, penyakit tipes ini harus segera ditangani apabila orang disekitarmu sudah mulai menunjukan gejala-gejala.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang berbagai obat alami untuk penyakit tipes beserta informasi-informasi penting lainnya yang perlu diketahui, termasuk gejala, pencegahan, beserta faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko dari penyakit tipes itu sendiri.

Obat Alami untuk Penyakit Tipes
1. Bawang Putih

Bawang Putih - Obat Alami untuk Penyakit Tipes dan Informasi Lain yang Perlu Diketahui

Khasiat bawang putih memang tidak dapat diragukan lagi. Banyak sekali penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan dan dicegah dengan jenis makanan satu ini, termasuk menjadi obat alami untuk penyakit tipes.

Hal tersebut dikarenakan bawang putih memiliki sifat antimikroba yang berguna dalam membasmi racun-racun berbahaya dalam tubuh sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, kabarnya mengkonsumsi bawang putih akan membuat pemulihan penyakit tipes menjadi semakin cepat.

Kamu bisa mengkonsumsi bawang putih ketika perut masih dalam keadaan kosong. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan setengah sendok teh bawang putih yang sudah dihancurkan dengan secangkir susu dan empat gelas air. Rebus larutan tersebut hingga tersisa kurang lebih seperempatnya dan minumlah sebanyak 3 kali sehari.

2. Pisang

Pisang - Obat Alami untuk Penyakit Tipes dan Informasi Lain yang Perlu Diketahui

Obat alami untuk penyakit tipes selanjutnya adalah buah pisang. Jika kamu gemar dengan buah berwarna kuning satu ini, maka rajin-rajinlah mengonsuminya. Pisang mengandung pektin atau serat larut yang dapat menyerap cairan di usus yang dapat mencegah terjadinya diare.

Tidak hanya itu, kandungan kalium yang terdapat di buah ini juga berfungsi dalam menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare dan demam. Agar penyakit tipes bisa pulih dengan cepat, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 sampai 3 buah pisang setiap harinya.

Selain itu kamu juga bisa mencampurkan pisang dengan setengah cangkir yogurt dan satu sendok teh madu.

3. Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel - Obat Alami untuk Penyakit Tipes dan Informasi Lain yang Perlu Diketahui

Banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya cuka sari apel memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh lho, salah satunya yaitu sebagai obat alami untuk penyakit tipes. Sifat asam yang dimiliki oleh cuka sari apel dapat membantu dalam mengeluarkan panas tubuh yang membuat suhu tubuh itu sendiri dapat menurun secara perlahan.

Selain itu, kandungan mineralnya pun juga bisa mengganti mineral yang hilang akibat diare. Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan penyakit tipes dengan sari cuka apel. Cara pertama yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh sari cuka apel dengan sedikit madu di dalam segelas air. Setelah itu, minumlah larutan tersebut sebelum makan selama 5 sampai 7 hari.

Sementara itu untuk cara kedua adalah dengan mencampurkan sari cuka apel dan air hangat dengan perbandingan 1:2. Kemudian rendam kain lap di dalam cairan tersebut, peras, dan letakan di atas dahi dan perut. Celupkan kembali ketika kalin lap sudah mulai menjadi dingin. Ulangi cara tersebut sampai demam menurun dengan sendirinya.

(Baca Juga: Makanan untuk Penderita Asam Lambung)
4. Daun Basil

Daun Basil - Obat Alami untuk Penyakit Tipes dan Informasi Lain yang Perlu Diketahui

Obat alami untuk penyakit tipes selanjutnya adalah dengan menggunakan daun basil. Daun basil atau yang lebih dikenal sebagai daun selasih merupakan salah satu bahan alami yang dikenal cukup efektif dalam mengobati penyakit tipes.

Daun basil memiliki kandungan antibiotik dan antibakteri yang dapat menghambat bakteri Salmonella typhi dalam tubuh. Tidak hanya itu, bahan alami ini juga dapat membantu dalam menurunkan demam, menghangatkan perut, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

(Baca Juga: Obat Alami untuk Menangkal Virus Corona, Mulai dari Bawang hingga Jahe)

Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah, yaitu dengan cara menyiapkan 20 helai daun selasih, 1 sendok teh jahe yang dihancurkan dan 1 gelas air. Kemudian rebus seluruh hingga larutan berkurang setengahnya.

Tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis dan minumlah setidaknya 2 sampai 3 kali dalam sehari sampai penyakit tipes memulih secara perlahan.

5. Cengkeh

Cengkeh - Obat Alami untuk Penyakit Tipes dan Informasi Lain yang Perlu Diketahui

Kandungan minyak esensial yang terdapat pada cengkeh nyatanya memiliki sifat antibakteri sehingga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk penyakit tipes. Cengkeh dikenal dapat membantu menurunkan risiko diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes.

Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Kamu hanya perlu memasukan 5 sampai 7 kuncup cengkeh ke dalam air mendidih dan rebuslah hingga air tersisa setengah. Setelah itu, diamkan larutan hingga menjadi sedikit dingin dan minumlah.

Lakukan secara rutin setiap siang hari selama satu minggu agar pemulihan penyakit tipes menjadi lebih cepat.

Gejala Tipes

Setelah kamu mengetahui beberapa obat alami untuk penyakit tipes, sekarang saatnya untuk mengetahui tentang gejala dari penyakit tipes itu sendiri. Perlu diketahui bahwa gejala tipes mulai muncul pada 1 sampai 3 minggu setelah tubuh terinfeksi.

Biasanya gejala dapat berupa demam tinggi, diare atau konstipasi, sakit kepala dan sakit perut. Apabila tidak segera ditangani, gejala ini bisa saja semakin parah dalam waktu beberapa minggu.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu juga akan mengalami komplikasi, seperti pendarahan internal atau pecahnya sistem pencernaan (usus). Dan yang penting diketahui lagi, komplikasi tersebut bisa semakin parah dan membahayakan nyawa apabila tidak segera ditangani dengan baik.

Tindakan pengobatan biasanya tergantung pada tingkat keparahan penyakit tipes yang dialami oleh penderita. Ada yang disarankan untuk melakukan pengobatan dari rumah, namun tak jarang pula ada yang diminta untuk rawat inap di rumah sakit. Tetapi pada umumnya, penyakit tipes diobati dengan pemberian antibiotik.

Jika belum terlalu parah, kamu bisa menjalankan pengobatan dari rumah dengan antibiotik selama 1 sampai 2 pekan atau dengan mengkonsumsi obat alami untuk penyakit tipes yang dapat diracik sendiri.

Sementara itu perawatan di rumah sakit akan diperlukan bagi penderita yang terlambat didiagnosis atau sudah dalam stadium lanjut.

Faktor Risiko Penyakit Tipes

Terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko tipes menjadi semakin parah, diantaranya adalah:

  • Sanitasi yang buruk
  • Tidak membersihkan tangan setiap sebelum makan atau mencuci tangan yang kurang bersih
  • Mengonsumi sayur-sayuran yang menggunakan pupuk dari kotoran manusia yang terinfeksi
  • Mengkonsumsi produk susu atau olahan yang telah terkontaminasi
  • Menggunakan toilet yang telah terkontaminasi oleh bakteri
  • melakukan seks oral dengan orang yang membawa bakteri Salmonella typhii
Cara Mencegah Penyakit Tipes

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit tipes selain dengan mengonsumi obat alami untuk penyakit tipes itu sendiri, kamu juga bisa mencegahnya dengan melakukan vaksinasi.

Di Indonesia, vaksin tifoid merupakan salah satu imunisasi yang dianjurkan oleh pemerintah meskipun belum tergolong sebagai hal yang wajib. Biasanya, vaksin tifoid akan diberikan kepada anak-anak yang sudah berusia di atas dua tahun dan dilakukan setiap tiga tahun sekali.

Vaksin tifoid di Indonesia juga biasanya akan diberikan dalam bentuk suntik untuk balita dan dalam bentuk oral untuk anak-anak yang sudah berusia di atas enam tahun. Tidak jauh berbeda dengan jenis vaksin lainnya, vaksin tifoid memang tidak dapat 100 persen melindungi anak dari penyakit tipes.

Hanya saja, risiko terserang penyakit vaksin menjadi lebih sedikit dibandingkan anak-anak yang tidak terkena vaksin sama sekali. Vaksin ini juga dianjurkan bagi orang dewasa yang berniat bekerja atau bepergian ke daerah-daerah yang sedang dilanda kasus penyebaran tipes.

Ingin lebih merasa aman dan terlindungi dari penyakit tipes? Selain bisa dengan mengkonsumsi obat alami untuk penyakit tipes, kamu juga bisa lho melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Yuk segera ajukan asuransi kesehatanmu di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda