Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Obat Rematik Alami Tradisional dari Bumbu Dapur

by Estrin Vanadianti Lestari on 15 Juli, 2020

Obat rematik alami tradisional, ternyata tidak hanya digunakan orang zaman dulu, untuk meredakan nyeri di bagian sendi, yang kebanyakan diderita oleh para lansia. Kini obat dan ramuan herbal alami tradisional untuk rematik juga masih digunakan, karena dianggap lebih aman dan mudah didapat. 

obat rematik alami tradisional, dari bumbu dapur

Penyakit rematik sendiri, merupakan suatu kondisi dimana terjadinya peradangan atau pembengkakan, yang terjadi di persendian dan otot. Biasa disebut Rheumatoid Arthritis (RA), ternyata rematik berbeda dengan asam urat. 

Pasalnya, bagi beberapa orang awam, ternyata ada yang masih menganggap bahwa rematik dan asam urat adalah penyakit yang sama. Meski rasa sakit yang dirasakan mirip dan lokasinya sama, yuk ketahui apa perbedaan dari keduanya, sebelum membahas obat rematik alami tradisional. 

Perbedaan Rematik dan Asam Urat

Penyebab:

  • Asam urat disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan purin, seperti jeroan, daging, kerang, dan lain-lain.
  • Rematik bisa disebut sebagai penyakit autoimun yang disebabkan oleh faktor genetik, hingga pola gaya hidup tidak sehat.
(Baca Juga: Cara Cek Kadar Asam Urat Beserta Gejala)

Faktor Risiko:

  • Asam urat bisa menyerang kelompok usia dewasa muda, dengan berat badan berlebih, atau mengonsumsi makanan tertentu seperti alkohol dan pemanis.
  • Rematik menyerang usia muda maupun tua, tapi lebih banyak dialami lansia. 

Cara Pengobatan:

  • Asam urat bisa diobati dengan obat-obatan seperti colchicine, obat anti peradangan non steroid, dan kortikosteroid. Bisa juga diberikan obat penurun kadar asam urat seperti allopurinol.
  • Rematik, bisa dibilang merupakan penyakit yang sulit disembuhkan, bahkan tidak bisa sembuh. Namun, gejala-gejala seperti nyeri yang kerap muncul, bisa diredakan dengan obat anti nyeri atau anti peradangan.  

Obat anti nyeri dan anti peradangan, sebenarnya bisa ditemukan dan dijual secara bebas, untuk meredakan nyeri pada sendi. Namun, mengapa harus memilih obat-obatan kimia, jika obat rematik alami lebih aman, murah, dan mudah didapat. 

Karena, beberapa obat rematik alami tradisional, bisa dibuat dari berbagai bahan yang ada di dapur. Jadi, selain bermanfaat untuk memasak, bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan sebagai obat rematik alami. 

Dilansir dari laman sehatq.com, dan telah ditinjau oleh dr. Reni Utari, berikut rekomendasi obat rematik alami tradisional, yang bisa dibuat dari bumbu dapur.

Obat Rematik Alami Tradisional
1. Kunyit

Kunyit Obat Rematik Alami

Obat rematik alami tradisional yang pertama adalah kunyit. Terlebih, kunyit mengandung zat curcumin, yang sangat berfungsi memusnahkan radikal bebas, serta lipid kolesterol. 

Selain itu, zat curcumin yang terdapat dalam kunyit juga bisa memperbaiki pembuluh darah, sehingga bisa digunakan untuk mengobati rematik. 

Kunyit juga sangat mudah didapat, bahkan kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib ada. Dengan begitu, kamu bisa menambahkan kunyit di dalam masakan kamu.

Namun, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi kunyit segar, dengan cara diparut dan direbus. Agar ramuan kunyit lebih enak, kamu bisa tambahkan kayu manis, dan madu. Setelah matang, saring rebusan air kunyit dan minum.

Untuk penderita rematik, bisa minum ramuan obat rematik alami dari kunyit, 2-3 kali sehari. 

2. Kayu Manis

Kayu manis obat rematik

Obat rematik alami tradisional yang selanjutnya adalah ramuan kayu manis. Rempah-rempah atau bumbu dapur yang memiliki aroma khas ini, memang dikenal sebagai ramuan ampuh untuk mengurangi rasa nyeri pada rematik.

Sebuah Departemen pun pernah melakukan penelitian, terkait kayu manis yang bisa digunakan untuk penderita rematik. Hal tersebut dikarenakan kayu manis mampu mengurangi sitokin (protein-protein kecil penyebab rematik).

Cara mengolah ramuan kayu manis ini juga tergolong mudah. Kamu hanya cukup seduh 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 2 sendok makan madu, lalu minum larutan tersebut rutin setiap pagi dan malam, sebelum tidur.  

Selain diminum, kamu juga bisa membuat ramuan kayu manis, untuk obat rematik dari luar. Caranya, campurkan bubuk kayu manis, madu, dan air hangat, aduk hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada sendi yang nyeri. Diamkan 20-30 menit, lalu bilas.

3. Jahe

Jahe obat rematik

Banyak memberikan khasiat kesehatan, jahe juga bisa digunakan sebagai obat rematik alami tradisional, yang memiliki rasa pedas menyegarkan. Jahe, mengandung zat gingerol dan shogaol, yang bisa meredakan pembengkakan. 

Bahkan, tim medis pun mengakui kehebatan jahe sebagai obat rematik alami tradisional. Cara membuat ramuan dari jahe pun sangat mudah. 

Kamu hanya tinggal rebus parutan jahe, tambahkan gula merah, kayu manis, hingga kayu manis, lalu saring dan minum selagi hangat.

4. Bawang Putih

Bawang Putih obat rematik

Bumbu dapur yang satu ini, sudah dipastikan harus ada di dapur, terlebih memasak tanpa bawang putih, rasanya kurang afdol. Namun, bawang putih ternyata juga bisa dijadikan ramuan obat rematik alami tradisional. 

Mengandung zat diallyl disulfide, yang berkhasiat sebagai antiinflamasi dan membatasi efek sitokin proinflamasi, sehingga nyeri sendi akibat rematik dapat ditangani. 

Tidak hanya mencegah peradangan pada sendi, bawang putih juga bisa mencegah kerusakan tulang, akibat radang sendi.

5. Cabai Rawit

Cabai rawit obat rematik

Tidak hanya bermanfaat sebagai penambah nafsu makan, cabai rawit juga bisa dijadikan sebagai obat rematik alami tradisional, bahkan sejak zaman dulu. Memang zat apa yang membuat cabai rawit bisa meredakan nyeri rematik?

Cabai rawit mengandung senyawa capsaicinoids, yang biasa digunakan untuk semua jenis sakit rematik, hal tersebut termasuk nyeri neuropathic, da kondisi dermatologi.

6. Cengkeh

cengkeh obat rematik

Memiliki sifat anti inflamasi, cengkeh juga masuk dalam daftar obat rematik alami tradisional. Cengkeh bisa kamu tambahkan ke beberapa makanan, atau minuman seperti teh dan ramuan lainnya. 

Bentuknya yang panjang dan beraroma khas, membuat cengkeh juga sering dijadikan obat radang mulut, sakit perut hingga sakit tenggorokan.

7. Lada Hitam

Lada hitam

Sama-sama memiliki rasa pedas seperti cabai rawit, lada hitam ternyata juga bisa dijadikan obat rematik alami tradisional, yang mudah didapatkan. Bumbu dapur berwarna hitam dan pedas ini, memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, dan antibakteri. 

Sehingga, sebuah peradangan, bisa cepat teratasi dengan komponen zat yang terkandung dalam lada hitam. 

Itu dia beberapa rekomendasi obat rematik alami tradisional, yang kamu buat sendiri di rumah. Adapun penyakit rematik yang disebut sulit sembuh ini, harus rutin diobati jika gejalanya muncul.

(Baca Juga: Rekomendasi Jamu Menyehatkan untuk Tingkatkan Imun)

Setidaknya ada beberapa hal penting, yang harus dilakukan dalam menangani rematik.

  • Meski nyeri jarang muncul, namun kamu harus segera lakukan diagnosis dini, agar mencegahnya dari kecacatan.
  • Rutin melakukan perawatan secara agresif, karena rematik dikenal cepat perkembanganya.
  • lakukan pengobatan terus menerus hingga mencapai kondisi remisi, dimana aktivitas rematik dititik paling rendah atau menjadi inaktif
  • Rajin kontrol

Jika kamu tidak melakukan hal-hal penting di atas, maka besar kemungkinan rematik akan cepat bertambah parah, bahkan bisa terjadi komplikasi terhadap berbagai kondisi penyakit. 

Misalnya bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung, dan rematik juga bisa menyerang paru-paru, pembuluh darah, tulang, mata, kulit dan lain-lain. 

Sangat berbahaya bukan, kondisi yang bisa terjadi jika rematik tidak segera ditangani? Maka dari itu, yuk mulai hidup sehat, rutin minum obat rematik alami tradisional, dan jangan lupa melindungi diri dengan asuransi kesehatan. 

Berbagai risiko penyakit akibat rematik, bisa saja menyerang kamu tiba-tiba. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi ke kondisi kesehatan yang lain, dan juga kondisi finansial. 

Di sini, produk asuransi kesehatan sangat berperan penting, dalam meminimalisir risiko penyakit dan kerugian finansial, akibat kondisi keuangan yang tak siap dan mahalnya biaya pengobatan rumah sakit saat ini.

Yuk, buat kamu yang belum terlindungi dengan asuransi kesehatan, segera ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!

 

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk