Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

OJK, BEI, KPEI, KSEI Gelar Investor Summit dan Capital Market Expo 2014

by JTO on 17 September, 2014

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kembali akan menyelenggarakan Investor Summit dan Capital Market Expo (ISCME) pada tanggal 17-18 September 2014 di The Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta.

Salah satu tujuan penyelenggaraan Investor Summit dan Capital Market Expo 2014 adalah untuk memantapkan posisi dan peran pasar modal Indonesia sebagai representasi komitmen pemerintah, regulator pasar modal, dan masyarakat bisnis dalam meningkatkan investasi di Indonesia untuk mendorong bangkitnya ekonomi nasional. Tujuan lainnya adalah mewujudkan sinergi strategis di kalangan masyarakat pasar modal (regulator dan pelaku) dalam memanfaatkan peluang bisnis/investasi yang tersedia dan menggerakkan potensi berinvestasi, dengan mengubah pola masyarakat dari budaya menabung menjadi budaya berinvestasi melalui pasar modal Indonesia.

Di selenggarakan sejak tahun 2008, Investor Summit dan Capital Market Expo telah kali ini adalah penyelenggaraan yang ke-7 kalinya. Tema yang diusung adalah “Investasi di Pasar Modal sebagai Gaya Hidup untuk Masa Depan yang Lebih Baik”. Tema ini diusung agar masyarakat tidak hanya sekedar berinvestasi semata tetapi menjadikan pasar modal sebagai sebuah gaya hidup yang menandai sistem nilai serta sikap terhadap diri sendiri dan lingkungannya, sehingga diharapkan budaya gemar menabung dapat beralih menjadi gemar berinvestasi khususnya di pasar modal Indonesia. Diharapkan investasi di pasar modal dapat menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Selain itu, investasi merupakan hal yang penting untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar pertumbuhan ekonomi Indonesia masih didorong oleh konsumsi. Sedangkan investasi hanya berkontribusi sepertiga terhadap PDB Indonesia. Dibutuhkan dukungan dari semua pihak untuk dapat terus menyosialisasikan investasi khususnya di pasar modal Indonesia kepada masyarakat.

ISCME diharapkan mampu meningkatkan sosialisasi dan edukasi yang lebih terpadu bagi masyarakat tentang potensi, peluang, dan nilai tambah apabila berinvestasi di pasar modal. Disamping itu, ISCME juga menyediakan sarana yang efektif untuk sesi komunikasi, konsultasi, promosi, dan negosiasi.

Dalam rangkaian kegiatan acara ISCME 2014, para investor dan calon investor dapat mengikuti kegiatan pameran dan talkshow dari pemerintah dan pakar di bidang pasar modal sehingga masyarakat diharapkan mendapatkan pengetahuan yang menyeluruh mengenai industri pasar modal. Selain itu, para investor juga berkesempatan untuk bertatap muka secara langsung kepada emiten tentang update kinerja dan prospek perusahaan di masa mendatang sehingga dapat membantu para investor dan calon investor dalam membuat keputusan terbaik untuk berinvestasi.

ISCME 2014 ini rencananya dibuka oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad dan turut dihadiri oleh Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida. Selain itu, ISCME 2014 dihadiri pula oleh ekonom A. Tony Prasetiantono yang menyampaikanEconomic Outlook, Direktur dan Kepala Riset Ekuitas Citigroup Securities Indonesia Ferry Wong yang menyampaikan Market Outlook, Direktur Utama PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) Tandean Rustandy yang membawakan Issuer Success Story, serta Ellen May yang memberikan testimoni sebagai investor pasar modal.

Sebaganya 28 emiten juga akan melakukan presentasi pada acara ini. Selain digelar di Jakarta, ISCME 2014 telah diselenggarakan pada tanggal 20-21 Agustus 2014 di Grand City Mall, Convention dan Exhibition Centre, Surabaya yang diikuti oleh 18 emiten. ISCME di Surabaya dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Selain itu turut hadir Chief Economist PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), Destri Damayanti yang menyampaikan Economic Outlook, Direktur PT Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat yang menyampaikan Market Outlook, Direktur Utama PT Penyelenggara Program Perlindungan Investor Efek Indonesia (P3IEI) Isharsaya yang memberikan seminar kepada para investor, Direktur Utama PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), Sandiaga Salahuddin Uno yang menyampaikanIssuer Success Story serta Adrian Maulana memberikan testimoni sebagai investor pasar modal.

 

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami