Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Olahraga di Kantor, Bisakah?

by hanna on 12 Agustus, 2014

Kegiatan sehari-hari terkadang menghabiskan waktu sehingga Anda tidak memiliki kesempatan berolahraga. Padahal, banyak manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh serta jiwa. Kini Anda dapat berolahraga meski memiliki jadwal harian yang padat. Anda bisa memanfaatkan waktu di kantor serta menggunakan peralatan yang ada di sekitarnya untuk mengusahakan hidup sehat.

Berjalan

Jika kantor luas, Anda dapat berolahraga dengan cara berjalan di sekitar kantor. Kalau kantor tidak memiliki area besar, Anda bisa berkeliling antar ruangan tempat kerja. Ini dapat membantu untuk mengurangi nyeri sendiri karena duduk terlalu lama di kursi kerja, serta dapat mengurangi tingkat stres. Olahraga ringan ini dapat dilakukan selama 10-20 menit, bahkan dapat dilakukan sambil mengerjakan hal lain, seperti berbicara dengan teman sekantor tentang proyek atau menghubungi rekan melalui telepon genggam.

Naik-turun tangga

Anda pun dapat berolahraga dengan memanfaatkan tangga kantor. Coba ganti penggunaan lift ke pemakaian tangga ke ruang kerja. Hal ini dapat melatih fisik untuk kuat berjalan sekaligus menyehatkan kardiovaskular, jantung berdetak lebih cepat, sirulasi darah juga makin lancar. Cara ini pun cukup ampuh untuk membakar kalori. Anda bisa lakukan olahraga ini saat istirahat siang selama 15 menit.

Angkat botol minum

Latihan beban tidak hanya bisa dilakukan dengan barbell, tapi juga dengan memakai berbagai barang di sekitar tempat kerja, seperti botol minum. Sambil duduk di kursi atau berdiri, Anda bisa mengangkat botol minum yang sudah terisi air penuh sebanyak 20-25 kali hitungan.

Meregangkan otot di kursi

Hanya duduk di kursi pun Anda dapat berolahraga. Anda bisa meregangkan otot pada bagian pinggang setelah seharian penuh beraktifitas di meja kerja dengan cara menjulurkan kaki lurus ke depan kemudian dorongkan tubuh ke depan, sembari mencium bagian lutut. Olahraga ringan ini dapat Anda lakukan di sela-sela kesibukan selama 10 detik.

Relaksasi mata

Jika Anda bekerja dengan memandang satu benda tertentu dalam waktu lama, seperti komputer, coba alihkan pandangan sejenak dari layar komputer setidaknya tiap 30 menit. Anda bisa melihat jendela, meja, jam, atau tanaman di sekitar kantor untuk mengurangi iritasi mata dan sakit kepala. Saat mengalihkan pandangan, sebaiknya hindari pemandangan yang menyilaukan sampai membuat Anda mengernyitkan mata. Selain mengalihkan pandangan, Anda dapat mengistirahatkan mata dengan memejamkan mata secara rileks selama 30 detik dan memijatnya perlahan. Gerakkan juga mata ke atas dan ke bawah agar mata tidak mudah lelah.

Tentang Penulis

hanna

Social media writer, coffee lover, twenty-something.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami