Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Terkenal, Murah dan Sederhana

by Kyla Damasha on 8 Januari, 2020

Jika kamu pernah mengunjungi salah satu kota di Jawa Timur ini, tahukah kamu kira-kira apa saja sih oleh-oleh khas Surabaya yang paling terkenal, murah, dan sederhana?

Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Terkenal, Murah dan Sederhana

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ketika kita tengah mengunjungi suatu tempat tertentu, baik itu untuk liburan maupun untuk kepentingan lainnya, rasanya belum lengkap apabila tidak membawa buah tangan untuk kerabat dekat.

Maka dari itu, jangan heran apabila kamu bisa menemukan dengan mudahnya pusat pembelanjaan atau toko yang menjual aneka ragam oleh-oleh khas dari suatu daerah tertentu.

Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang oleh-oleh khas Surabaya yang sangat dikenal dengan kotanya yang sangat bersih dan indah.

Surabaya merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Timur yang juga merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Memiliki luas wilayah kurang lebih 326,81 km2, Gerbangkertosusila yang merupakan salah satu daerah di Surabaya bahkan juga menjadi kawasan metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek.

Surabaya dikenal dengan sebutannya sebagai ‘Kota Pahlawan’ karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan para pemuda-pemuda Surabaya untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari serangan penjajah.

Nah, dikarenakan hal itulah kota Surabaya juga sering kali dijadikan sebagai destinasi wisata, khususnya bagi kamu yang senang menelusuri tempat-tempat bersejarah yang ada di kota tersebut.

Dengan deretan tempat wisata yang ada, tentu perjalanan liburanmu tidak akan lengkap tanpa membeli aneka ragam oleh-oleh khas Surabaya.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Surabaya kedepannya, yuk ketahui dulu beberapa oleh-oleh terbaik khas Surabaya yang wajib kamu coba dan jadikan buah tangan ketika kembali ke kota asal.

Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Wajib Dicoba
1. Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese - Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Terkenal, Murah dan Sederhana

Oleh-oleh khas Surabaya yang pertama harus kamu coba yaitu Almond Crispy Cheese dengan rasanya yang renyah, gurih, serta rasa kejunya yang ringan. Menggunakan bahan utama keju dan kacang almond, Almond Crispy Cheese juga dibuat dengan menggunakan gula, mentega, tepung dan aneka ragam bahan-bahan lainnya untuk menambah kelembutan dari teksturnya.

Berbentuk bulat, tipis serta taburan sedikit kacang almond dan parutan keju, oleh-oleh khas Surabaya satu ini tersedia dengan beberapa pilihan rasa lho. Diantaranya seperti rasa original, Green Tea, Cokelat, Blueberry, Strawberry, hingga Durian.

Dengan desain packaging yang terkesan mewah dan classy, camilan ini sangat cocok jika dijadikan sebagai buah tangan untuk kerabat ataupun teman-teman dekat.

Menjadi salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang cukup hits, Almond Crispy Cheese bisa kamu jumpai dengan mudahnya di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh kota dengan harga berkisar Rp. 45 ribu.

2. Kue Lapis Surabaya

Kue Lapis Surabaya - Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Terkenal, Murah dan Sederhana

Oleh-oleh khas Surabaya selanjutnya yaitu kue lapis Surabaya. Memiliki tekstur yang serupa dengan bolu, banyak orang yang juga menyebut camilan satu ini sebagai Kue Bolu Surabaya.

Hanya saja, yang membedakan adalah bahwa kue lapis memiliki tekstur yang lebih lembut dan memiliki dua hingga tiga lapis warna.

Meskipun sekilas juga terlihat seperti Sponge Cake, Kue Lapis Surabaya justru terasa lebih basah atau lembab ketika masuk ke dalam mulut. Karena membutuhkan telur yang cukup banyak dalam membuat satu porsi kue lapis, maka jangan heran apabila kue ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni berkisar Rp. 50 ribu an untuk satu kotak.

Kue yang sangat cocok kamu bawa untuk oleh-oleh ini menyediakan berbagai varian rasa yang bisa dipilih begitu pula dengan topping nya. Namun, perlu diketahui bahwa setiap rasa dan topping juga menyuguhkan harga yang berbeda. Kamu bisa menemukan oleh-oleh khas Surabaya ini dengan mudahnya di seluruh penjuru kota.

3. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy - Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Terkenal, Murah dan Sederhana

Selanjutnya ada Sambal Bu Rudy yang menjadi rekomendasi dari oleh-oleh khas Surabaya lainnya. Sambal satu ini sangatlah populer di Surabaya sehingga sangat diwajibkan jika kamu membawanya sebagai buah tangan.

Rasa sambal yang begitu pedas akan sukses menggoyangkan setiap lidah yang mencicipinya. Sambal Bu Rudy memiliki tiga varian rasa yang bisa kamu pilih, yaitu sambal bajak, sambal hijau, dan sambal bawang dengan tingkat kepedasan yang beraneka ragam.

Jika kamu menyukasi rasa pedas yang menyengat, maka disarankan untuk mencoba sambal bawang karena dirasa merupakan yang paling pedas diantara dua varian lainnya. Lalu, apa sih yang membedakan sambal Bu Rudy dengan sambal-sambal lainnya?

Rasa sambal Bu Rudy memiliki rasa ciri khas tersendiri, yaitu terdapat rasa udang di dalamnya yang membuat rasa sambal menjadi lebih gurih dan lezat. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir karena oleh-oleh khas Surabaya satu ini juga dipastikan terbebas dari bahan kimia.

Dengan kemasan yang kecil dan ringan, pastinya akan sangat cocok jika kamu membawanya pulang. Meskipun memiliki harga yang tergolong cukup mahal, yakni Rp. 25 ribu, tentu kualitas dan rasa yang diberikan akan sangat sesuai.

(Baca Juga: Pilihan Hotel Murah untuk Keluarga di Kota Surabaya yang Dekat dengan Pusat Kota)
4. Kue Mente

Kue Mente - Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Terkenal, Murah dan Sederhana

Jika kamu penggemar kacang mete, maka wajib hukumnya jika kamu mencoba salah satu oleh-oleh khas Surabaya satu ini. Kue mente merupakan kue ringan yang terbuat dari telur, mentega, garam, gula, minyak nabati, dan mente yang memiliki tekstur yang halus dan lembut.

Biasanya, makanan ringan ini dibungkus dengan kemasan kotak yang cantik dengan logo ikan hiu dan buaya yang menjadi ikon dari kota Surabaya itu sendiri.

Meskipun tampilan bawah kue terlihat gosong, namun sebenarnya itu bukanlah gosong melainkan sisa-sisa dari pemasakan saja. Rasanya pun tidak pahit.

Jika kamu ingin mencari produsen kue Mente terbaik di Surabaya, maka merk ‘Wisata Rasa’ bisa dijadikan sebagai salah satu rekomendasi yang perlu dipertimbangkan.

5. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran - Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Terkenal, Murah dan Sederhana

Kenjeran merupakan sebuah tempat yang terletak di bagian timur Surabaya, sekitar 9 kilometer dari pusat kota. Pantai Kenjeran yang menjadi salah satu tempat wisata disana memiliki hasil laut yang begitu melimpah, dan dikarenakan hal itulah warga setempat turut memanfaatkannya dengan baik.

Nah, salah satu hasilnya yaitu kerupuk Ikan Kenjeran yang juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang wajib kamu cicipi. Baik itu dalam bentuk kerupuk mentah maupun kerupuk siap santap, kerupuk Ikan Kenjeran memiliki rasa yang begitu gurih nan lezat. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Surabaya ini dengan harga Rp. 15 ribu saja.

6. Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro - Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Terkenal, Murah dan Sederhana

Abon memang salah satu jenis makanan yang sudah ada sejak dahulu kala di berbagai wilayah di Indonesia. Di Surabaya itu sendiri, abon itu sendiri merupakan makanan yang cukup terkenal, khususnya yang terdapat di Jalan Padmosusastro Surabaya.

Karena berada di Jalan Padmosusastro, maka abon ini diberi nama Abon Sapi Padmosusastro dengan penggagas utamanya yaitu Ibu Sarti. Resep andalan dari Bu Sarti ini terletak pada santannya yang kental dengan cara pengelolahannya yang harus melalui berbagai step yang juga khas.

Selain itu, yang membuat abon sapi ini menjadi lebih menarik ialah karena dapat bertahan hingga mencapai enam bulan sejak proses produksi. Dan yang lebih menariknya lagi, abon sapi ini juga sangat aman dikonsumsi karena bebas dari bahan pengawet dan telah bersertifikat halal dari MUI pula.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda