Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Orang-orang Sukses Selalu Lakukan 7 Hal Ini Saat Baru Datang ke Kantor

by Ariesta on 20 Januari, 2016

tips karier _ KPR - CekAja.com

Satu jam pertama di kantor sangatlah penting karena dapat memengaruhi tingkat produktivitas kamu selama seharian.

“Orang-orang sukses paham pentingnya memiliki kontrol atas pagi mereka dan tahu bagaimana menggunakan waktu itu dengan bijaksana,” kata Lynn Taylor, penulis Tame Your Terrible Office Tyrant: How to Manage Childish Boss Behavior and Thrive in Your Job. Orang sukses mampu menyingkirkan kebisingan di jam pertama mereka dan berfokus pada apa yang penting.

Setiap orang memiliki cara unik dan metode tersendiri dalam mengatur prioritas. “Namun orang sukses sudah fokus sejak hari mereka di mulai. Dengan berlatih fokus bertahun-tahun, mereka sadar bahwa ada hal-hal yang harus segera dilakukan dan ada yang bisa ditunda.”

Kalau kamu ingin masuk ke dalam deretan orang sukses, lakukan ini saat baru datang ke kantor.

Bercermin

Bukan berarti bercermin agar tampilan rapi, melainkan menyisihkan waktu mengambil sejenak untuk melihat gambaran besar. “Sangat mudah beraksi spontan di dunia kerja. Tapi orang-orang sukses melihat goal mereka dalam skala besar untuk menentukan prioritas yang lebih baik.” (Baca juga: Di Usia 20-an, Beberapa Tokoh Dunia Ini Ternyata Sudah Memiliki Kesuksesannya Sendiri)

Membuat strategi

Orang sukses memulai hari mereka dengan berpikir masa depan karier dan bisnis. “Sulit untuk mencapai suatu tempat ketika kamu tidak tahu ke mana kamu harus pergi,” kata Laura Vanderkam, penulis buku What the Most Successful People Do Before Breakfast.

Mengecek to-do lists dan kalender

Penting untuk memeriksa apa yang akan kamu hadapi ke depan. Ketinggalan meeting penting atau deadline dapat menyebabkan stres dan bisa mengacaukan keseluruhan harimu.

Menyapa rekan-rekan kerja

Bos atau karyawan yang baik adalah mereka yang peduli dengan tim. “Orang sukses meluangkan waktu untuk menyapa timnya di pagi hari,” kata Taylor. “Tindakan ini memberi dampak signifikan padda sikap dan produktivitas mereka.”

Tidak cek email

“Ada sebuah saran terkenal kalau kita sebaiknya tidak mengecek email di pagi hari,” kata Vanderkam. Mengecek email dalam mengalihkan konsentrasimu dari prioriotas utama. “Meski demikian 99% dari kita pasti mengecek email saat baru duduk di meja kerja. (Baca juga: Tujuh CEO Sukses yang Pernah Kecanduan Ganja)

Tidak mengadakan meeting

“Hal terpenting yang jangan kamu lakukan di jam pertama kerja adalah mengadakan meeting,” saran Vanderkam. “Akan lebih baik untuk mengadakan meeting saat tengah hari setelah makan siang.”

Bersantai

Yang satu ini memang sulit dilakukan oleh banyak orang., tapi orang sukses memahami pentingnya menciptakan suasana tenang sebelum melakukan pekerjaan berat. Meluangkan waktu untuk meregangkan badan dan bernapas dengan tenang membantumu  membuat keputusan sulit,” pungkas Taylor.

Tentang Penulis