Orang Terkaya di Indonesia 2020, Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Meski dikenal sebagai negara berkembang, yang tingkat ekonominya kurang stabil ketimbang negara-negara maju, Indonesia ternyata masih memiliki banyak sumber daya manusia yang berkualitas dalam soal bisnis. Maka tak heran jika Indonesia juga memiliki banyak miliarder yang berhasil di bidangnya, bahkan menjadi orang terkaya di Indonesia 2020.

orang terkaya di indonesia

Terlebih, negara yang menjadi rumah bagi 269 juta-an orang ini, masih memiliki sekitar 9 persen, atau 24,7 juta warga, yang hidupnya di bawah garis kemiskinan, per September 2019. Sehingga, mungkin akan sangat mengejutkan jika mengetahui bahwa, negara ini ternyata memiliki banyak orang terkaya di Indonesia 2020.

Bahkan, salah satu di antaranya sudah 11 tahun menduduki status, sebagai orang terkaya di Indonesia urutan pertama, hingga saat ini. Jika kamu mengikuti perkembangan dunia pengusaha dan bisnis di Indonesia, mungkin kamu sudah tidak akan asing lagi, dengan nama-nama yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia 2020.

Deretan Orang Terkaya di Indonesia 2020

Mau tahu siapa saja nama-nama yang terdaftar sebagai orang terkaya di Indonesia 2020? Melansir dari Forbes, berikut sejumlah nama orang terkaya di Indonesia per Januari 2020, di mana Prajogo Pangestu berhasil naik 7 peringkat:

1. R Budi & Michael Hartono (Hartono Bersaudara) – USD 37,3 Miliar / Rp526,11 Triliun

R Budi & Michael Hartono - Hartono Bersaudara - Orang Terkaya di Indonesia 2020 Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat

Orang terkaya di Indonesia 2020 pertama, yang berhasil mempertahankan posisi ini selama 11 tahun berturut-turut, adalah Hartono bersaudara. Orang terkaya ini dikenal dengan pengusaha tembakau dan rokok Djarum, yang diwarisi dari ayah mereka (Oei Wie Gwan).

Tidak hanya dari Djarum, mereka juga memiliki aset lainnya, yang sebagian besar diperoleh dari investasi sebesar 51 persen saham, di Bank Central Asia (BCA) dan perusahaan elektronik asli Indonesia, yakni Polytron.

Meski menyandang sebagai orang terkaya di Indonesia, Michael Hartono yang lahir di Semarang, 2 Oktober 1939 ini, memiliki kehidupan yang sederhana. Bahkan, sesekali pemilik mall Grand Indonesia ini, kepergok makan di warung Tahu Pong, Karangsaru, Semarang.

(Baca Juga: Cara Menghemat Uang Ala Orang Jepang yang Bikin Kamu Cepat Kaya)

2. Eka Tjipta Widjaja – USD 9,6 Miliar / Rp135,4 Triliun

Eka Tjipta Widjaja - Orang Terkaya di Indonesia 2020 Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat

Orang terkaya di Indonesia 2020 selanjutnya adalah Eka Tjipta Widjaja. Pernah menjadi penjual biskuit ketika bermigrasi dari Tiongkok ke Indonesia, siapa sangka sekarang ia berhasil menjadi salah satu miliarder di Indonesia.

Dikenal sebagai pemilik Sinar Mas Group, pemilik nama asli Oei Ek Tjhong ini juga terkenal dengan produksi minyak kelapa sawitnya, yang menjadi salah satu yang terbesar di negara ini.

Meski telah tutup usia pada Januari 2019 lalu, hal tersebut nyatanya tidak membuat kekayaan beliau sirna. Pasalnya, harta kekayaan nya telah dialihkan kepada ahli warisnya.

3. Prajogo Pangestu – USD 7,6 Miliar / Rp107,2 Triliun

Prajogo Pangestu - Orang Terkaya di Indonesia 2020 Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat

Orang terkaya di Indonesia 2020 berikutnya, yang berhasil naik 7 peringkat ini adalah Prajogo Pangestu. Pernah menduduki posisi ke-10 dalam daftar orang terkaya di Indonesia 2018, di tahun 2020 ini ia berhasil menduduki posisi ke-3.

Miliarder kelahiran Kebumen 1944 ini, awalnya hanyalah seorang pemotong kayu, namun kekayaan nya terus melonjak berkat bisnis dari polypropylene. Bisnis bahan plastik tersebut ini digunakan untuk memproduksi alat tulis, komponen kendaraan, hingga alat-alat laboratorium.

Selain itu, konglomerat yang juga pernah jadi sopir angkot ini, mengawali bisnisnya di Djati Timber Group, kemudian mendirikan Barito Pasific. Bukan cuma Michael Hartono yang memiliki saham di BCA, Prajogo Pangestu ternyata memiliki sebagian saham di BCA.

4. Susilo Wonowidjojo – USD 6,6 / Rp93,1 Triliun

Susilo Wonowidjojo - Orang Terkaya di Indonesia 2020 Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat

Orang terkaya di Indonesia yang juga bisa dijadikan panutan ini adalah Susilo Wonowidjojo. Pengusaha Indonesia yang memiliki nama asli Cai Daoping ini merupakan anak ketiga dari Surya Wonowidjojo, pendiri perusahaan rokok kretek, Gudang Garam, di Kediri, Jawa Timur.

Sebelumnya, pimpinan Gudang Garam tersebut dilimpahkan kepada Rachman Halim (anak pertama Surya Wonowidjojo). Namun, Rachman meninggal pada 2008, dan pimpinan Gudang Garam digantikan oleh Susilo Wonowidjojo.

Perusahaan rokok asal Kediri ini juga menghasilkan setidaknya sekitar 70 miliar batang per tahun. Sehingga, bisnis tersebutlah yang menjadi salah satu sumber utama kekayaan Susilo.

5. Sri Prakash Lohia – USD 5,6 Miliar / Rp78,9 Triliun

Sri Prakash Lohia - Orang Terkaya di Indonesia 2020 Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat

Berada di urutan kelima dalam daftar orang terkaya di Indonesia 2020, Sri Prakash Lohia ini memang bukan penduduk asli Indonesia. Imigran miskin asal India ini akhirnya membangun bisnis yang kemudian membuatnya menjadi orang terkaya di Indonesia.

Awalnya, Lohia membangun bisnis pemintalan benang, yang dibantu oleh ayahnya. Dari bisnis tersebut, Lohia beralih bisnis menjadi pengusaha bahan dasar botol plastik. Sehingga, kini bisnisnya tersebut menjadi salah satu sumber kekayaannya.

Selain itu, ada bisnis lain yang juga sedang dikembangkannya, yakni industri petrokimia. Di mana perusahaan tersebut sudah melakukan ekspansi hingga ke Benua Afrika.

6. Anthoni Salim – USD 5,5 Miliar / Rp 77,5 Triliun

Anthoni Salim - Orang Terkaya di Indonesia 2020 Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat

Pernah berada di posisi kelima pada tahun sebelumnya, Anthoni Salim kini berhasil naik satu peringkat, ke posisi enam. Pria yang mempunyai nama lain Liem Hong Sien ini, merupakan anak dari pengusaha Sudono Salim,

Lahir pada 25 Oktober 1949, Anthoni Salim kini berperan sebagai pimpinan di Salim Group, yang pernah didirikan ayahnya. Meski pernah mengalami krisis moneter pada 1998, yang membuat ia harus menjual perusahaan miliknya seperti PT. Indocement Tunggal Perkasa, PT. BCA, dan PT. Indomobil Sukses Internasional, namun hal tersebut tidak membuat ia kehilangan kekayaannya.

Pasalnya, ia masih mempunyai perusahaan besar yang tidak ia jual ketika krisis terjadi. Beberapa perusahaan besar tersebut diantaranya adalah PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, dan PT. Bogasari Flour Mills.

Bukan perusahaan biasa, seperti yang kita tahu, kedua perusahaan tersebut merupakan perusahaan penghasil mie instant dan tepung terigu terbesar di Indonesia, bahkan di dunia.

7. Tahir – USD 4,8 Miliar / Rp67,7 Triliun

Tahir - Orang Terkaya di Indonesia 2020 Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat

Orang terkaya di Indonesia 2020 selanjutnya, sekaligus pendiri Grup Mayapada ini adalah Tahir. Pengusaha bernama lengkap Dato’ Sri Tahir atau Ang Tjoe Ming ini berkecimpung di bidang real estat, perbankan, dan juga rantai rumah sakit.

Selain itu, Tahir juga memiliki bangunan perdagangan Selat Singapura yang terkenal dan juga Goodway Hotel yang terletak di Batam.

8. Boenjamin Setiawan – USD 4,35 Miliar / Rp61,3 Triliun

Boenjamin Setiawan - Orang Terkaya di Indonesia 2020 Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat

Boenjamin Setiawan adalah orang terkaya di Indonesia berikutnya, yang mendirikan perusahaan Kalbe Farma, yang kini perusahaan tersebut, menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia.

Boenjamin juga mengendalikan rumah sakit Mitra Keluarga, yang mengoperasikan 12 rumah sakit. Meski tajir melintir, ia dikenal sebagai orang yang rendah hati dan cerdas.

9. Chairul Tanjung – USD 3,6 Miliar / Rp50,7 Triliun

Chairul Tanjung - Orang Terkaya di Indonesia 2020 Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat

Siapa yang tak kenal dengan konglomerat, yang berhasil di bidang pertelevisian ini? Ya, Chairul Tanjung, juga masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia 2020. Selain mengendalikan perusahaan media yakni Transmedia, CT Corp Tanjung juga terkenal dengan bisnisnya di bidang lain.

Perusahaan yang kini ia miliki di antaranya adalah perusahaan retail Hypermart, Carrefour atau Transmart, Bank Mega, hingga hotel dan theme park.

Ayah dari Putri Tanjung ini, juga memiliki banyak minat selain di bidang tersebut, dan salah satunya adalah minat terhadap bisnis minyak kelapa sawit.

(Baca Juga: Kaya dan Multi Talenta, 4 Pengusaha Ini Juga Hobi Bermusik)

10. Jogi Hendra Atmadja – USD 3 Miliar / Rp42,3 Triliun

Jogi Hendra Atmadja - Orang Terkaya di Indonesia 2020 Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat

Pemilik perusahaan Mayora yakni Jogi Hendra Atmadja ini, ternyata juga masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia 2020. Berdiri sejak 1977, perusahaan Mayora, yang memproduksi biskuit Roma Kelapa ini, terletak di Tangerang.

Selain produk makanan ringan, PT. Mayora juga merambah ke produk minuman kemasan, seperti Teh Pucuk Harum, hingga Le Minerale yang bekerja sama dengan PT. Tirta Fresindo Jaya.

Tidak hanya Mayora, ia juga memegang tiga perusahaan pangan lainnya, seperti PT. Unita Branindo, PT. Torabika Eka Semesta, dan PT. Kakao Mas Gemilang.

Itulah deretan orang terkaya di Indonesia 2020. Bagaimana? Kamu juga ingin seperti mereka? Tidak hanya pintar berbisnis dalam membuka usaha, mereka juga pintar dalam berinvestasi.

Nah, kamu juga bisa loh berinvestasi, meski dari jumlah yang sedikit. Karena, saat ini tidak hanya untuk para pengusaha saja yang bisa berinvestasi, kamu yang merupakan pekerja kantoran, pedagang, hingga mahasiswa, bisa melakukan investasi.

Yuk Investasi Sejak Dini

Kamu bisa melakukan investasi mulai dari investasi saham, reksadana, emas, dan lain-lain. Untuk informasi lebih lengkap terkait jenis-jenis investasi, kamu bisa mendapatkannya di situs Cekaja.com.

Di Cekaja.com, kamu juga bisa sekaligus membandingkan, investasi mana yang cocok denganmu. Jadi, tunggu apa lagi! Yuk, investasi sejak dini!

[widg-inv]