Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

5 menit waktu bacaan

ORI, Pilihan Terbaik Investasi di Surat Utang Negara

by lhmdi on 3 August, 2017

tips interview kerja _ Kartu kredit - CekAja.com

Salah satu jenis kegiatan keuangan yang masih kurang familiar bagi masyarakat umum Indonesia adalah  SUN.

SUN atau Surat Utang Negara merupakan surat pengakuan utang yang hadir dalam bentuk mata uang rupiah maupun asing yang pembayaran bunga dan pokoknya dijamin oleh negara. Bagi investor baik dalam dan luar negeri selalu mempertimbangkan SUN sebagai investasi yang tepat di Indonesia.

Sementara itu bagi pemerintah, dengan diterbitkannya surat utang, maka dapat digunakan untuk menunjang defisit APBN ( Anggaran Pendapatan Beelanja Negara) serta menutupi kekurangan kas negara dan mengelola portofolio utang negara.

Mengenal Jenis Surat Utang Negara untuk Masyarakat Umum

tips hemat _ kartu kredit - CekAja.com

Surat utang milik negara sendiri dibagi menjadi dua jenis saat ini. Pertama, Surat Perbendaharaan ngan Negara (SPN) yaitu golongan Surat Utang Negara dengan jangka waktu 12 bulan dengan pembayaran bunga secara diskonto.

Kedua, adalah Obligasi Negara (ON) yaitu jenis surat utang yang memiliki jangka waktu lebih dari dua belas bulan dan menggunakan kupon dan tidak menggunakan kuponvsebagai bentuk keuntungannya.

Kupon yang dimaksud disini jadwal pembayaran yang dilakukan secara berjangka dalam tiga atau enam bulan dalam satu tahun. Sementara itu jenis obligasi tanpa kupon tidak memiliki jadwal pembayaran, namun dijual dengan harga yang lebih ringan dan nilai pokoknya akan dilunasi pada saat jatuh tempo nanti.

Bagi masyarakat umum, dua jenis investasi ini tentunya masih kurang familiar di telinga. Namun, negara, khususnya Indonesia membuka kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk ikut membeli surat utang dari negara.

Surat utang negara yang bisa dikelola oleh masyarakat umum adalah obligasi negara yang diberi nama dengan Obligasi Ritel Indonesia atau dikenal dengan singkatan ORI.

Penerbitan ORI ini memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam memiliki dan berdagang tentang surat obligasi negara.

Individu atau kelompok masyarakat bisa memiliki ORI melalui agen-agen yang ditunjuk langsung oleh negara. Saat ini pemerintah bekerjasama dengan setidaknya 18 agen yang dipercaya memperdagangkan Obligasi Ritel Indonesia untuk masyarakat umum.

Beberapa diantaranya adalah Bank milik pemerintah hingga bank swasta seperti Mandiri, BCA, BNI, Permata, Bukopin, Citibank, Danamaon, Lippo, HSBC, Panin dan Bank Mega.

Sementara itu, terdapat enam perusahaan sekuritas yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menerbitkan Surat Utang Negara. Beberapa diantaranya adalah Danareksa Sekuritas, Indo Preimer Securities, MNC Sekucrities, Trimegah Sekurities Indonesia, Mega Capital Indoneisa dan  Sucorinvest Central Gani.

Sejak diterbitkan pemerintah pada Agustus tahun 2006 untuk masyarakat umum, ORI sebenarnya cukup menapatkan perhatian bagi masyarakat Indonesia. Secara umum, pemerintah menerbitkan obligasi ini untuk masyarakat dalam waktu satu kali setahun.

Jenis surat utang dari negara ini bahkan dapat dibeli bagi investor atau masyarakat umum yang hanya memiliki uang senilai Rp 5.000.000. Nah, bagi kamu yang tertarik dan ingin mencoba untuk berinvestasi di Obligasi Ritel Indonesia ini, caranya sangat mudah.

Tinggal mendatangi agen-agen yang ditunjuk pemerintah, baik itu bank atau perusahaan sekuritas, dan kemudian melengapi persyaratan untuk membeli ORI, maka kamu sudah bisa ikut berinvestasi untuk negara.

Untungnya Investasi ORI

investasi - CekAja.com

Setiap investasi pastinya memberikan keuntungan. Begitu juga jika kamu mencoba membeli Surat Utang Negara dalam bentuk ORI ini.

Isitilah keuntungan ini disebut dengan nama kupon, nah penerbit surat utang yang nantinya akan menentukan nilai kupon tersebut. Secara umum, kupon ini biasanya lebih tinggi nilainya dari bunga deposito.

Selain itu, ORI yang diterbitkan pemerintah juga sangat kecil risiko. Hal ini terjadi karena pemerintah biasanya akan menjaminkan salah satu asetnya, jika terjadi peristiwa gagal bayar.

Nilai kupon ORI sendiri berbeda-beda di setiap serinya. Keuntungan lain yang bisa dirasakan oleh masyarakat adalah nilai pajaknya lebih kecil dari deposito. Berdasarkan Obligasi Ritel Indonesia yang sudah diterbitkan nilai pajaknya hanya 15%.

Jika dibandingkan deposito yag nilai pajaknya hingga 20%, maka inevstasi melalui Obligasi Ritel Indonesia tentunya lebih menguntungkan. Sementara itu, bagi pemerintah, masyarakat yang ikut berpartisipasi membeli ORI dapat membantu pembangunan pemerintah.

Manfaatkan Ori untuk Investasi di Masa Depan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, masyarakat yang hanya memiliki modal sebesar Rp 5.000.000 bisa ikut bergabung dan berinvestasi melalui Obligasi Ritel Indonesia.

Dengan segala macam kemudahan dan keuntungannya, ORI pun bisa dijadikan lagi sebagai investasi untuk masa depan. Investasi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan umum kamu.

Apa saja ya manfaat investasi ORI yang bisa kamu nikmati di masa depan? Berikut beberapa pilihannya:

  1. Menggunakan keuntungan ORI untuk investasi properti

Permasalahan pembelian rumah saat ini masih sering terjadi bagi masyarakat. Salah satu permasalahannya adalah karena uang muka yang terlalu tinggi.

Nah, bagi kamu yang berencana untuk membeli ORI dan mendapatkan keuntungan melalui kuponnya, bisa berinvestasi untuk properti. Properti ini nantinya tentu bisa dijadikan tempat tinggal atau disewakan untuk kepentingan usaha.

  1. ORI untuk inestasi pendidikan dan kesehatan

Biaya pendidikan serta kesehatan saat ini semakin mahal harganya. Selain menggunakan asuransi, kamu stidaknya bisa memanfaatkan untung yang diterima dari ORI untuk berinvestasi lebih besar lagi di pendidikan dan kesehatan.

Bisa untuk diri sendiri, dan bisa juga untuk anak-anak dan keluarga kamu di masa depan nanti.

  1. Keuntungan ORI untuk modal usaha

Keuntungan berikutnya yang bisa kamu manfaatkan adalah stelah mendapatkan keuntungan dari investasi ORI adalah sebagai modal usaha. Dengan keuntungan ORI yang rasanya cukup besar, setidaknya kamu bisa memaksimalkkanya untuk menjalankan usaha.

Bahkan, jika usaha yang kamu jalankan sukses, uang keuntungannya pun bisa digunakan kembali untuk membeli Obligasi Ritel Indonesia.

 

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami