Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Oscar 2020: Parasite Ukir Sejarah Baru, Joaquin Phoenix Menang Pertama Kalinya

by Sindhi Aderianti on 10 February, 2020

Minggu (9/2), ajang penghargaan film tertinggi di dunia The Academy Awards ke-92 resmi digelar di Dolby Theater Hollywood & Highland Center, Los Angeles, Amerika Serikat. Salah satu di antara pemenang, diketahui berhasil mengukir sejarah baru Oscar 2020.

sejarah baru oscar 2020

Ada sekitar 22 nominasi yang dipertarungkan untuk meraih predikat terbaik dan membawa pulang trofi berlapis emas tersebut. Setiap pemenang tentunya sudah melewati penjurian ketat dari pihak komite Oscar di Hollywood. Nampak jelas dari totalitas mereka dalam menggarap, membintangi atau menghidupkan suatu film.

Penasaran siapa saja yang berhasil menyabet penghargaan Oscar 2020? Berikut daftar pemenang dari seluruh kategori dan nominasinya:

Aktor terbaik: Joaquin Phoenix – Joker

Aktris terbaik: Renée Zellweger – Judy

Aktor pendukung terbaik:  Brad Pitt – Once Upon a Time … In Hollywood

Aktris pendukung terbaik:  Laura Dern – Marriage Story

Sutradara terbaik: Bong Joon Ho – Parasite

Best Picture: Parasite – Kwak Sin Ae dan Bong Joon Ho, Produser

Best original song: “(I’m Gonna) Love Me Again” – dari Rocketman; Musik oleh Elton John; lirik by Bernie

Taupin International Feature Film:  Parasite – Korea Selatan

Desain kostum: Little Women – Jacqueline Durran

Desain produksi: Once Upon a Time … In Hollywood – Desain produksi: Barbara Ling; Dekorasi set: Nancy Haigh

Film Pendek (live action): The Neighbors Window – Marshall Curry

Naskah Adaptasi Terbaik: Jojo Rabbit – Taika Waititi

Naskah Asli Terbaik: Parasite – Bong Joon Ho, Han Jin Won; Cerita oleh: Bong Joon Ho

Film Pendek (animasi): Hair Love – Matthew A Cherry dan Karen Rupert Toliver

Film Fitur Animasi: Toy Story 4 – Josh Cooley, Mark Nielsen, dan Jonas Rivera

Sound Editing: Ford v Ferrari – Donald Sylvester

Sound Mixing: 1917 – Mark Taylor dan Stuart Wilson

Best Original Score: Joker – Hildur Guðnadóttir

Sinematografi: 1917 – Roger Deakins

Film Editing: Ford v Ferrari – Michael McCusker dan Andrew Buckland

Efek Visual: 1917 – Guillaume Rocheron, Greg Butler, dan Dominic Tuohy

Penata Rias dan Rambut: Bombshell – Kazu Hiro, Anne Morgan, dan Vivian Baker

Parasite Ukir Sejarah Baru

Film Parasite mengukir sejarah baru di Oscar 2020. Total penghargaan yang mereka bawa pulang ada 4, antara lain Best Picture, Best Original Screenplay, Best International Feature dan Best Director.

Setelah berhasil masuk ke dalam nominasi Best Foreign-Language Film dan Best Pictures, film yang disutradarai oleh Bong Joon-ho tersebut akhirnya keluar sebagai pemenang film terbaik Academy Awards ke-92.

Hal ini tentu merupakan pencapaian yang membanggakan bagi perfilman Korea Selatan. Untuk pertama kalinya pula selama Piala Oscar digelar, film asal Negeri Gingseng mampu bertengger di nominasi tersebut hingga berhasil memenangkannya.

Parasite sukses menyingkirkan nominee lain dalam kategori Best Picture seperti Joker, Ford v Ferrari, Marriage Story, Little Women, The Irishman, Once Upon A Time… In Hollywood, dan 1917 yang notabene semua adalah film Hollywood.

Dari segi cerita, Parasite adalah jenis film tragicomedy yang punya plot sederhana tapi berhasil memberikan penontonnya sensasi yang seolah belum pernah terlihat. Parasite juga memiliki mix genre. Bukan hanya menyuguhkan drama dan komedi, tapi sentuhan thriller juga perlahan diberikan di pertengahan film hingga membuat penonton semakin penasaran bagaimana endingnya.

Totalitas Bong Joon-ho pun terbukti dari usahanya membangun rumah mewah bergaya arsitektur minimalis dan unfinished milik keluarga Park. Ya, membangunnya bukan menyewa! Bahkan setting banjir yang nampak nyata pun buah dari tangan dingin Joon-ho. Pantas atas kerja kerasnya tersebut, ia juga sukses menyabet penghargaan sutradara terbaik Oscar 2020.

(Baca Juga: Terungkap! Alasan ‘Parasite’ Menang Golden Globes 2020)
Joaquin Phoenix Raih Oscar Pertamanya

Selain Parasite, Joaquin Phoenix pun merasakan kebahagiaan yang sama. Pasalnya, ia berhasil meraih penghargaan sebagai aktor terbaik lewat film Joker untuk pertama kalinya dalam sejarah Academy Awards ke-92. Pria 44 tahun itu sukses menyingkirkan beberapa lawan sengitna yakni Adam Driver dalam film ‘Marriage Story’ dan Leonardo DiCaprio dalam film ‘Once Upon a Time… In Hollywood’.

Phoenix memang banyak banyak dijagokan untuk memenangkan Oscar tahun ini. Ia dinilai mampu menghidupkan kembali karakter musuh bebuyutan Batman itu lewat akting, penampilan fisik, hingga suara ketawa legendarisnya. Demi Joker, Phoenix diketahui rela diet habis-habisan dan berhasil memangkas bobot tubuh sebanyak 52 Lbs atau setara dengan 24 kilogram.

Di beberapa gelaran Oscar terdahulu, pemeran utama film ‘Her’ tersebut sebenarnya pernah masuk ke dalam nominasi aktor terbaik melalui film Walk the Line (2006) dan The Master (2013). Namun, ia tidak berhasil memenangkan penghargaan tersebut.

Saoirse Ronan Jadi Nominee Termuda

Saoirse Ronan yang masih berusia 25 tahun, kembali dinominasikan untuk kali keempat dalam kariernya sebagai aktris. Capaian itu menjadikan bintang ‘Little Women’ ini sebagai bintang termuda kedua yang menerima jumlah tersebut di ajang penghargaan Oscar.

Ronan sebelumnya telah dinominasikan dalam kategori yang sama sebanyak dua kali, yakni lewat film Brooklyn (2016) dan Lady Bird (2018). Sementara di nominasi berbeda, ia juga sempat masuk ke dalam nominasi Aktris Pendukung Terbaik saat masih berusia 13 tahun untuk perannya di film Atonement.

Namun di Oscar 2020, keberuntungan belum berpihak padanya. Nominasi Aktris Terbaik dimenangkan oleh aktris kawakan Renee Zellweger untuk film biopik berjudul ‘Judy’. Meski begitu, Saoirse Ronan tetap menjadi sejarah baru karena menjadi nominee termuda kedua setelah Jennifer Lawrence, selama 92 tahun Academy Awards digelar.

Film nominasi Oscar 2020, ‘Little Woman’ dan ‘1917’ masih tayang di bioskop. Beli tiketnya dengan kartu kredit dan nikmati beragam promonya. Apply kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu hanya melalui CekAja.com.

(Baca Juga: Wajib Tonton, 10 Film Drama Korea Paling Menguras Air Mata)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.