Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Paham Cara Cek Saldo Bank Mandiri, Langkah Awal Generasi Z Melek Finansial

by CekAja on 22 Maret, 2019

Perkembangan teknologi mau tidak mau, suka tidak suka membuat setiap generasi menyesuaikan diri. Tak terkecuali generasi Z yang lahir ke bumi mulai tahun 2000-an.

Tarik Tunai ATM - CekAja

Ada sebagian dari mereka yang masih berusia balita, tetapi ada pula yang sudah memasuki dunia kerja. Untuk mereka yang sudah mulai bekerja, penting artinya untuk melek secara finansial.

Salah satunya yang paling dasar adalah tahu cara mengecek jumlah saldo yang tersisa di tabungan. Jangan cuma tahu cara menghabiskan uang gaji bulanan.

(Baca juga: Cara Top Up Pinjaman Uang Bank Mandiri)

Gak lucu kan saat hendak mengambil uang di ATM untuk mentraktir gebetan, ternyata jumlah saldo tersisa tidak sampai pecahan terkecil mata uang yang bisa ditarik yaitu Rp50.000. Gagal deh mewujudkan mimpi menjadi kekasih hatinya, cuma karena kamu gak paham cara cek saldo.

Cara Cek Saldo Tabungan Bank Mandiri

Generasi Z bisa mulai diajarkan cara mengecek saldo tabungan sejak memasuki usia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Apalagi saat ini ada beberapa bank yang memiliki program tabungan khusus untuk anak. Kalau kamu adalah nasabah bank Mandiri, kamu bisa segera mengajarkan beberapa cara cek saldo tabungan ini kepada buah hati kamu:

  • Cek Saldo via ATM Mandiri

Cara cek saldo via ATM dianggap paling praktis sekaligus konvensional. Kamu tidak butuh jaringan internet untuk melakukannya. Gunakan kartu ATM kamu pada mesin ATM. Lalu masukkan PIN-nya dan pilih menu informasi rekening untuk mengetahui jumlah saldo tabungan.

  • Cek Saldo via Aplikasi Mandiri Online

Kamu mesti mengunduh dan melakukan registrasi aplikasi Mandiri online terlebih dahulu agar dapat segera menggunakannya. Selanjutnya, kamu bisa login dengan user ID dan password pada aplikasi tersebut. Kemudian, pilih menu informasi tertunda. Aplikasi Mandiri online akan segera menampilkan informasi tentang saldo tabungan dan nomor rekening kamu.

  • Cek Saldo via Mandiri Internet Banking

Cara cek saldo bank Mandiri melalui internet banking cocok bagi kamu yang selalu terhubung dengan internet di laptop. Caranya sangat mudah, kamu mesti mengaktivasi akun terlebih dahulu di cabang bank Mandiri terdekat.

Setelah itu kamu tinggal membuka halaman https://ib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form untuk memasukkan access ID dan access code yang sudah kamu miliki. Selain cek saldo, aktivitas transaksi lainnya juga bisa dilakukan secara mudah melalui Mandiri Internet Banking.

Tak cuma wajib tahu cara mengecek saldo, namun generasi Z juga perlu mengetahui berbagai produk finansial lain yang akan semakin banyak digunakan di masa mendatang. Beberapa diantaranya adalah:

Belajar menggunakan e-wallet

Generasi Z juga perlu khatam soal e-wallet (layanan dompet digital) yang sekarang sudah jadi metode transaksi digital yang praktis dan cepat. Berbagai layanan e-wallet seperti OVO, Gopay, dan LinkAja tentu tak asing bagi kamu.

Itulah sebabnya generasi Z juga mesti mahir menggunakan e-wallet untuk mendukung kemudahan transaksi. Apalagi kini e-wallet juga sering memberikan promo cashback dan diskon yang dapat mendukung gaya hidup hemat.

Penggunaan e-money juga penting

Selain e-wallet, penggunaan e-money juga tak kalah penting. Karena e-money banyak digunakan untuk membayar transportasi umum, belanja, dan sejumlah aktivitas keuangan lainnya.

Tak hanya belajar menggunakan e-money, generasi Z juga wajib tahu cara mengisi saldonya. Sehingga segala aktivitas keuangan semakin praktis bila generasi Z terampil menggunakan e-money.

Mengenal beragam jenis investasi

Literasi finansial tentang investasi memang jarang diberikan sejak dini. Padahal, belajar tentang investasi sangat penting untuk mendukung proses pengelolaan keuangan setiap individu. Jika generasi Z belajar tentang investasi sejak dini, maka generasi tersebut akan lebih cermat mengelola kondisi finansial pribadi.

Mengenal investasi bisa dimulai dengan cara yang paling sederhana, yaitu kepemilikan emas dan deposito. Seiring dengan bertambahnya usia, seseorang siap menerima pengetahuan investasi yang lebih kompleks lagi.

Bukan hanya jenis-jenis investasi yang patut diketahui generasi Z. Cara mengenali penipuan berkedok investasi juga tak kalah penting. Sehingga risiko menjadi korban penipuan berkedok investasi pun dapat diminimalkan.

Investasi yang menjanjikan keuntungan sangat besar memang menggiurkan. Namun, risikonya pun besar dan berpotensi menimbulkan kerugian di kemudian hari.

Pengetahuan tentang fintech online

Ranah bisnis pinjaman online (populer dengan istilah financial technology atau fintech) kini mulai marak di tanah air. Namun, tidak semua platform penyedia pinjaman online memiliki kredibilitas yang baik. Justru banyak platform yang keberadaannya tidak diakui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berisiko membuat peminjam terlilit utang.

(Baca juga: Dirugikan Fintech Abal-abal? Jangan Ngadu ke Netizen Julid Tapi ke Sini)

Generasi Z harus lebih proaktif dan peka mempelajari banyak hal tentang fintech online. Di samping mengidentifikasi platform yang aman dan profesional, pengenalan terhadap fintech online akan membuat generasi Z lebih terampil mengelola kondisi finansial. Karena keberadaan fintech online tak perlu dimanfaatkan bila memang kamu tidak sedang memiliki kebutuhan mendesak.

Bijak menggunakan kartu kredit

Kartu kredit bukanlah alat pembayaran yang asing bagi generasi Z. Sejak masih kecil, kemungkinan besar generasi Z terbiasa melihat orang tuanya menggunakan kartu kredit. Kendati demikian, bukan berarti semua generasi Z memahami penggunaan kartu kredit secara tepat.

Penggunaannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan untuk menopang kondisi finansial pribadi. Sebab kamu harus melunasi tagihannya sampai tuntas. Penggunaan kartu kredit harus disesuaikan dengan kemampuan finansial pribadi. Sehingga risiko terlilit utang kartu kredit dapat diminimalkan.

Bijak saat belanja online

Kemudahan belanja online membuat generasi Z lebih sering melakukannya dibandingkan generasi pendahulu. Namun, aktivitas belanja online harus dibarengi dengan kecermatan memilih barang atau jasa.

Usahakan untuk membandingkan harga produk secara teliti sebelum memutuskan membeli. Sehingga kamu bisa memperoleh barang atau jasa termurah sesuai kebutuhan kamu.

Pemahaman tentang literasi finansial akan membuat generasi Z tumbuh menjadi penerus yang lebih cerdas dan teliti. Bahkan, generasi Z akan termotivasi mengembangkan berbagai produk finansial yang sesuai dengan perubahan zaman.

Kemudahan transaksi digital pun akan semakin mendukung beragam aktivitas kamu di masa depan. Hal tersebut sejalan dengan misi CekAja.com dalam menjadi marketplace pilihan pertamamu dalam mencari produk finansial terbaik di Indonesia.

Kami berkomitmen untuk membantu lebih banyak lagi masyarakat Indonesia dalam menemukan kredit tanpa agunan (KTA), asuransi, kartu kredit, modal bagi pelaku usaha kecil (UKM), dan portofolio investasi sesuai kebutuhan. Gak percaya?  CekAja sekarang juga!

Tentang Penulis