Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Pakai Aplikasi Mengatur Anggaran itu Penting, Tapi Hati-hati Jangan Sampai Data Kamu Bobol

by JTO on 3 November, 2015

Kemudahan dari sebuah aplikasi telepon pintar memang selalu jadi incaran. Kamu mungkin salah satu pengguna aplikasi pengatur anggaran yang membuatmu cukup memasukkan data-data lalu hasil hitungannya akan langsung keluar dalam tak sampai satu menit.

Aplikasi yang cukup terkenal di dunia seperti Mint.com misalnya, memang bisa membantu kontrol keuangan kamu. Tetapi, tetap saja ada risiko keamanan yang bisa muncul. Kok bisa?

Biasanya, apllikasi ini meminta beberapa informasi yang cukup sensitif seperti nomor kartu kredit dan nomor rekening bank sehingga aplikasi ini bisa mengakses informasi langsung ke dalamnya. Dengan cara seperti itu, bukan tidak mungkin terjadi kebocoran data sehingga akhirnya bisa disalahgunakan oleh pihak jahat. Nah, untuk mencegah hal semacam itu, Becky House dari American Financial Solutions memiliki beberapa solusinya.

 

Gunakan Aplikasi yang Bisa Diandalkan

Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu jenis aplikasi seperti apa yang akan kamu gunakan. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah ada aplikasi yang mencoba menelusuri pendapatan dan pengeluaran kamu dengan mengumpulkan informasi dari seluruh akun finansial kamu. Ini memang memudahkan, tetapi kemudahan itu bisa juga berujung fatal. Jika kamu tidak nyaman dengan itu, cobalah aplikasi lain yang lebih sederhana dan sedikit merepotkan (karena harus memasukkan data secara mandiri).

 

Lindungi Dirimu dengan Kata Kunci

Aplikasi yang cukup bagus melengkapi dirinya dengan kehadiran kata kunci atau password. Dengan adanya perlindungan seperti itu, orang jahil yang ingin membobol data kamu harus bekerja ekstra untuk melakukan aksinya. Hal ini sama seperti melindungi telepon pintar kamu dengan password, ketika ada yang mencurinya, mereka tidak dengan mudah mengakses apapun yang terdapat di dalamnya.

(Baca juga: Aplikasi Android Terbaik untuk Mengelola Keuangan)

 

Gunakan Kata Kunci yang Rumit

Ini memang saran yang sudah sangat lama. Tetapi, tidak ada salahnya juga untuk diingatkan kembali. Cobalah berkreasi secara maksimal untuk menciptakan kata kunci yang aman. Yang jelas, jangan berupa tanggal lahir, alamat, atau hal yang mudah ditebak lainnya.

 

Jangan Mau Masuk Akun Secara Otomatis

Tawaran untuk masuk akun secara otomatis saat sedang berselancar di dunia maya memang sangat memudahkan. Tetapi, seperti yang dijelaskan sebelumnya, kemudahan itu akan berujung pada hal yang bisa merugikan. Jadi, lebih baik sedikit repot untuk kembali membuka akun-akun kamu dari awal agar lebih aman.

(Baca juga: 5 Langkah Sederhana Menghemat Uang)

 

Gunakan Perangkat Lunak Anti-virus

Semua orang tahu mereka harus melakukan satu hal mudah ini tetapi tidak dilakukan. Padahal, ada banyak jenis anti-virus terpercaya yang bisa digunakan untuk lebih melindungi setiap penggunaan data di telepon kamu.

 

Selalu Cermat dengan Informasi Tagihan atau Rekening

Aplikasi pengatur anggaran memiliki fitur yang bisa memberikan sinyal atau tanda untuk setiap aktivitas transaksi di rekening bank ataupun kartu kredit. Itulah mengapa kamu harus rajin-rajin melakukan pemeriksaan ulang. Jika kemudian ada hal yang janggal, segera laporkan pada pihak-pihak berwenang.

 

Berhati-hati Saat Menggunakan Jaringan Internet Publik

Sebaiknya jangan mengakses aplikasi pengatur anggaran ketika sedang menggunakan akses Wi-Fi umum. Akses umum ini sangat rentan diretas. Jika harus membuka aplikasi tersebut, sebaiknya gunakan paket data dari operator telepon kamu saja. Dan, langsung keluar dari akun segera setelah kamu selesai. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk menjaga layar telepon. Salah-salah, bisa saja ada yang sudah mencuri data kamu karena melihat aktivitas kamu di layar.

 

Mulai investasi untuk masa depan Anda di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.