Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Panduan Bagi Fresh Graduate Agar Sukses Dalam Pekerjaan Pertama

by Rafly Aditia on 29 Juli, 2016

mahasiswa tingkat akhir - CekAja.com

Bagi freshgraduate, pekerjaan pertama harus dipersiapkan dengan sangat baik. Sebab, pekerjaan pertama seringkali menentukan kesuksesanmu ke depannya. Oleh karenannya sangat wajar jika kamu merasa antusias dan gugup dalam waktu bersamaan. Tapi, tenang saja. Asalkan semua sudah dipersiapkan dengan baik, rencana kariermu pasti akan berjalan lancar, kok.

Untuk itu, kamu harus persiapkan diri sebaik mungkin. Berikut 5 langkah mempersiapkan diri untuk pekerjaan pertama:

Matangkan diri untuk interview

Biasanya sebelum mendapatkan pekerjaan, kamu bakal mengikuti serangkaian tes hingga interview. Inilah  tahap penentuan apakah kamu bakal diterima bekerja atau tidak. Maka dari itu, siapkan diri sebelum interview untuk melatih apa yang akan kamu sampaikan pada pewawancara.

Meski kamu masih freshgraduate, cobalah meningkatkan kepercayaan diri atas kemampuanmu. Cobalah lebih banyak mendengarkan saat interview dan berbicara seperlunya saja dengan jujur dan tidak berlebihan. Jika kamu memang kompeten, perusahaan pasti akan merekrutmu.  (Baca juga: 5 Tanda Kamu Sedang Hadapi Bencana Finansial)

Pahami budaya kerja

Setelah berhasil mendapatkan pekerjaan, kamu bakal menghadapi dunia baru. Kali ini kehidupan akan berbeda cukup jauh dibandingkan dengan kehidupan saat masih kuliah. Ada beberapa budaya dan kebiasaan kantor yang tidak sesuai dengan budaya mahasiswa. Untuk itu, cobalah pelajari dan beradaptasi.

Tingkatkan Disiplin

Di tempat kerja, jangan pernah kendor dalam hal disiplin. Saat masih mahasiswa kamu mungkin sering datang terlambat, izin, bahkan bolos kuliah. Tetapi jangan bawa kebiasaanmu itu ke kantor. Jika terlalu sering absen entah apapun alasannya, maka akan mempengaruhi penilaian di mata atasan. Bisa-bisa belum sampai masa percobaan usai, kamus udah dipecat.

Terus belajar untuk berkembang

Ada pepatah mengatakan “Orang bijak dan hebat selalu mengosongkan gelasnya setiap bertemu orang lain”. Maksudnya, kamu tidak boleh merasa kemampuanmu lebih hebat dibandingkan orang lain. Apalagi di dunia kerja, ada banyak orang yang punya pengalaman dan kemampuan yang lebih darimu.

Oleh karenannya, jangan cepat berpuas diri. Tetaplah belajar dan jangan berhenti untuk mengembangkan kemampuan.  (Baca juga: 5 Tips Fashion yang Bikin Mahasiswa Baru Tampil Kece Saat Kuliah Perdana)

Jangan lupa perhitungkan seluruh biaya dan gaji

Terakhir, jangan pernah lupa melakukan perencanaan keuangan. Jangan sampai gajimu hanya cukup untuk menyambung hidup dari gajian ke gajian. Bila ingin punya masa depan cerah, selalu upayakan untuk menghemat dan menabung.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk meningkatkan porsi gaji untuk tabungan, mulai dari mengurangi biaya transportasi dengan jalan kaki ke kantor (bagi yang rumahnya dekat) hinggamencari pekerjaan sampingan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.