Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Baru Pertama ke Bangkok? Cek Panduan Ini!

by Tisyrin N. T on 28 Maret, 2018

traveling ke Thailand - CekAja.com

Anda berencana pelesir ke luar negeri tahun ini? Salah satu kota di Asia Tenggara yang menjadi favorit wisatawan adalah Bangkok. Memasuki Bangkok, Anda bisa menjumpai kota dengan mal-mal besar, rumah tua, kuil, serta jalanan yang dipenuhi penjaja makanan.

Terdapat 8,2 juta orang yang menjadi penghuni ibu kota Thailand tersebut. Kota ini mampu menjadi menarik hingga 26,5 juta orang untuk mengunjunginya setiap tahun.

Waktu yang paling tepat untuk jalan-jalan ke Bangkok adalah pada Desember atau Januari saat cuaca sedang bersahabat. Namun, bulan-bulan tersebut sekaligus merupakan puncak kunjungan wisatawan. Jadi, jika ingin datang di bulan Desember atau Januari, Anda harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

Widget TRV Insurance

Apa Saja yang Menarik di Bangkok?

Foto: Lonely Planet

Ko Ratanakosin dan Thonburi

Pulau buatan Ko Ratanakosin merupakan sebuah titik awal yang pas untuk memulai petualangan Anda. Kuil-kuil Buddha serta istana kerajaan ada di sini, termasuk Wat Phra Kaew dan Grand Palace. Ada pula patung Buddha berbaring berukuran raksasa di Wat Pho.

Sebrangi Mae Nam Chao Phraya (sungai Chao Phraya) menuju Thonburi untuk mengunjungi Wat Arun, salah satu kuil Buddha di Thailand yang paling terkenal. (Baca juga: 5 Tips Irit Biaya Saat Liburan ke Thailand)

Banglamphu

Banglamphu bisa dibilang kawasan di Bangkok yang paling klasik. Ruko antik, pasar yang sibuk hingga kuil emas berkumpul di tempat ini. Jika Anda tidak menginap di sini, datanglah di malam hari dan kunjungi Th Khao San Market untuk membeli berbagai keperluan backpacker, atau minum bir di salah satu bar menyenangkan seperti Hippie de Bar.

Chinatown

Seperti layaknya kawasan Pecinan, jalanan penuh dengan toko-toko berhias warna emas-kuning serta lampu neon ciri khas Cina. Di Wat Traimit, terdapat patung Buddha yang terbuat dari emas murni terbesar di dunia.

Jalanan Chinatown yang begitu hidup, dilengkapi dengan restoran terbuka seperti Nai Mong Hoi Thot dan Th Phadungdao Seafood Stalls yang terkenal. Hal ini menjadikan Chinatown Bangkok tempat terbaik untuk pesta makanan kaki lima.

Siam Square

Mulai dari mal bertingkat-tingkat, pusat perbelanjaan outdoor, dan pasar yang sibuk, menjadikan Siam Square jantung kawasan komersial Bangkok. Mal besar termasuk MBK Center dan Siam Paragon ada di sini.

Anda bisa sekaligus mengunjungi akuarium raksasa Sea Life Bangkok Ocean World di Siam Paragon. Tak jauh dari sana, Anda bisa menjumpai Madame Tussauds Museum yang tersohor. Selain itu, jangan lewatkan museum seni yang menawan yaitu Jim Thompson House.

Riverside, Silom, dan Lumphini

Anda dapat mencium bau sejarah dalam arsitektur bangunan di tepian sungai Chao Phraya. Menuju ke daratan, terdapat Th Silom, kawasan bisnis pada siang hari, dan jika hari sudah gelap berubah menjadi tempat kehidupan malam.

Di dekatnya ada Th Sathon, Anda bisa menjumpai restoran Thailand terbaik di Bangkok yaitu Nahm. Tak jauh dari sana, terdapat Taman Lumphini, zona hijau utama di Bangkok, yang paling baik dikunjungi pada pagi atau sore hari yang sejuk.

Sukhumvit

Daerah kantong Jepang, restoran Perancis, kawasan kehidupan malam Timur Tengah, bar yang norak, semuanya ada di sepanjang Th Sukhumvit, yang bisa disebut sebagai zona internasional tidak resmi Bangkok.

Kawasan ini adalah perwujudan dari Bangkok yang modern, terlihat melalui bar-bar menyenangkan seperti Badmotel dan WTF, serta restoran internasional yang sangat istimewa seperti Jidori-Ya Kenzou dan Little Beast.

Area lain

Anda belum bisa berkata pernah mengunjungi Bangkok tanpa datang ke Chatuchak Weekend Market. Diduga sebagai salah satu pasar terbesar di dunia, tempat itu merupakan kumpulan vendor yang luar biasa. Menyatukan berbagai aktivitas perdagangan mulai dari ikan eksotis sampai sepatu kets vintage.

Cara Berkeliling Bangkok

Bangkok punya dua bandara. Pertama, Suvarnabhumi International Airport yang merupakan bandara utama di Bangkok. Dari atau ke Suvarnabhumi, terdapat pilihan transportasi termasuk taksi bermeter, kereta Airport Link, dan bus kota.

Kedua, Don Muang International Airport, yang merupakan bandara low-cost di Bangkok. Dari sana, pilihan transportasinya termasuk taksi bermeter dan airport bus.

Transportasi publik di Bangkok memang berkembang. Namun, pada wilayah tertentu terutama daerah yang lebih tua seperti Ko Ratanakosin dan Banglamphu, perjalanan dengan transportasi umum tetap sangat memakan waktu.

Startegi terbaik biasanya mengkombinasikan sebuah perjalanan panjang menggunakan BTS atau MRT dengan perjalanan singkat menggunakan taksi.

Menaiki BTS/Skytrain (bts.co.th) mungkin tergolong cara paling efisien dan mudah untuk berkeliling ke pusat Bangkok. Begitu juga dengan MRT (Metro (metro.co.th).

Di luar jam sibuk, taksi Bangkok adalah tawaran yang sangat bagus. Sementara menaiki perahu the Chao Phraya River Express (chaophrayaexpressboat. com.th) adalah cara yang lambat tetapi mantap untuk mengunjungi tempat wisata di bagian kota yang lebih tua.

Amankah Bangkok?

Bangkok pada dasarnya kota yang aman. Insiden kekerasan terhadap turis jarang terjadi. Namun, Anda tetap harus berhati-hati, beberapa cara yang bisa Anda terapkan:

-Jika Anda bukan pedagang atau ahli permata, hati-hati dalam membeli batu di Thailand karena Anda berpotensi terjebak penipuan, yaitu harus membayar dengan harga terlampau tinggi.

-Abaikan penduduk yang ramah dan memberi tahu bahwa atraksi wisata ditutup atau sedang dibersihkan. Ini bisa jadi cara untuk menggiring Anda ke penjualan permata palsu.

-Hindari supir taksi yang menawarkan ongkos datar, yang bisa tiga kali lebih mahal dari tarif argo biasa. Carilah taksi di luar kawasan wisata yang akan membantu menemukan pengemudi yang jujur.

Etika Selama di Bangkok

-Jangan mengatakan sesuatu yang kritis tentang keluarga kerajaan Thailand.

-Bernampilan sopan di gedung-gedung kerajaan dan kuil.

-Jangan memakai sepatu dalam ruangan.

-Hindari konflik atau meninggikan suara dengan penduduk setempat.

-Jangan sentuh kepala orang lain.

(Baca juga: Rupiah Melemah, Siapkan Dana Ekstra untuk Travelling ke Luar Negeri)

Kuliner Bangkok Selain Tom Yam

Foto: Lonely Planet

Anda pasti sudah mengenal makanan khas Thailand tom yam bukan? Anda juga mungkin sudah akrab dengan mango sticky rice dan Thai tea yang banyak dijajakan di Indonesia. Lalu, apalagi daftar kuliner yang patut dicicipi di Bangkok?

Bangkok masih punya sederet kuliner lain yang patut Anda coba. Orang-orang Bangkok sangat menyukai rasa manis. Banyak hidangan yang terbuat dari babi, santan, atau gula aren. Akses yang mudah ke laut juga menjadikan Bangkok berlimpah dengan makanan laut. Sajian Thailand juga  kerap terpengaruh dengan citarasa Cina dan kuliner Muslim.

Selain deretan makanan yang masih asing di lidah Anda, Anda juga bisa menjumpai makanan serupa sate dan martabak di Indonesia. Di Bangkok, orang-orang menyebut martabak dengan nama mataba.

Nah, ini dia nama-nama makanan menarik lainnya yang bisa Anda nikmati di Bangkok.

Pat tai

Makanan Thailand yang sangat terkenal, terdiri dari mie yang dimasak bersama udang, tahu, telur, tauge, dan aneka bumbu.

Mah hor

Makanan ringan kaya rasa yang merupakan kombinasi potongan jeruk mandarin atau nanas dengan topping yang terdiri dari campuran babi, ayam, kacang, gula, dan lainnya.

Kanom beuang

Jajanan mirip taco ini dijual dalam dua pilihan isi. Yang manis merupakan kombinasi telur bebek dan buah yang diawetkan, sementara yang gurih terdiri dari campuran udang kering dan lada putih.

Gooay teeo kooa gai

Mie beras yang dimasak dengan campuran telur, ayam, cumi asin dan minyak bawang putih. Gooay teeo kooa gai terenak bisa Anda jumpai di Chinatown.

Or sooan

Anda juga bisa menjumpai or sooan di Chinatown, hidangan yang menggabungkan adonan lengket, telur dan tiram yang hampir matang. Anda bisa menjumpai or sooan yang terenak di Bangkok di restoran Nai Mong Hoi Thod.

Kow mok

Makanan mirip nasi biryani ini tersaji bersama ayam, saus asam manis serta semangkuk kaldu ayam. Penasaran?

Nah, sebelum jalan-jalan ke Bangkok, jangan lupa melindungi diri Anda dengan membeli asuransi perjalanan. Perjalanan akan terasa lebih aman dan nyaman.

Anda ingin ke Bangkok gratis? Daftar asuransi perjalanan atau produk finansial lainnya melalui CekAja.com. Dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-4 tahun ini, CekAja.com memberikan kejutan kepada para pelanggan berupa hadiah berlibur ke Bangkok serta hadiah menarik lainnya.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami