Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Panduan Singkat untuk Kamu yang Berencana Membeli Rumah Pertama

by Surtan Siahaan on 14 Juli, 2016

tabungan beli rumah_kredit rumah kpr - CekAja.com

Membeli rumah pertama bisa menjadi proses yang penuh pertimbangan. Segala keinginan jadi satu, mulai dari keinginan mendapatkan rumah terbaik, hingga mendapatkan cicikan kredit terjangkau saat kamu ingin gunakan fasilitas kredit pemilikan rumah (kpr).

Salah strategi atau terburu buru saat membeli rumah justru bisa merugikan. Untuk itu, cobalah persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Terlebih untuk kamu yang baru pertama kali ingin membeli rumah. Gunakan saja panduan singkat dari CekAja.com berikut ini agar tidak salah memilih rumah dan kredit rumah terbaik:

Cari tahu kelayakan kreditmu

Sebelum berburu rumah, cek dulu apakah kamu layak kredit atau tidak. Maksudnya, sejauh apa bank akan memberi persetujuan atas KPR yang kamu ajukan dan berapa nilai yang berpotensi untuk disetujui.

(Baca juga: Punya Cicilan Kredit Lain Tapi Ingin Ajukan KPR, Pelajari Dulu Simulasinya)

Misalnya, jika kamu berencana membeli rumah senilai Rp 700 juta secara KPR, apakah bank akan menyetujui pinjaman sebesar 80% dari harga rumah atau lebih kecil.

Minimal 3 bank pemberi KPR

Setidaknya kamu harus sudah punya tiga bank yang kamu pilih sebagai pemberi KPR. Gunakan perbandingan kredit rumah online. Dengan begitu, kamu akan menghemat waktu untuk memilih. Kemudian, ketika rumah buruan sudah didapatkan maka pilihannya akan jatuh pada tiga bank tersebut. Pilih bank yang paling berpotensi memberikan pinjaman dan bunga KPR yang paling menarik.

Putuskan lokasi pilihan

Pertimbangkan sejumlah hal seperti akses transportasi, sekolah, rumah sakit, pasar hingga hiburan saat mencari rumah. Jangan sampai karena tertarik dengan harganya yang miring, rumah yang jauh letaknya dari tempatmu beraktivitas jadi pilihan. Pertimbangkan ongkos transportasi yang harus ditanggung di masa depan.

Lakukan survei

Bila kamu cocok dengan sebuah rumah, cobalah untuk melakukan survei secara menyeluruh. Datangi rumah sasaranmu itu sendiri. Tanpa kehadiran marketing pengembang, kamu akan lebih bebas untuk mencari tahu tentang lingkungan rumah tersebut. Kamu pun bisa bebas mewawancarai tetangga yang sudah tinggal di kawasan tersebut bertahun tahun.

Bandingkan harga

Jika mau mendapatkan rumah terbaik, butuh kesabaran yang tinggi. Jangan pernah berhenti membandingkan dan melakukan riset untuk mendapatkan rumah terbaik. Mereka yang terburu-buru saat membeli properti seringkali berakhir dengan kerugian. (Baca juga: 4 Langkah Mudah Membangun Skor Kredit)

Jangan lupakan pengeluaran lain

Punya kualifikasi KPR hingga ratusan juta rupiah bukan berarti kamu harus membeli rumah dengan harga paling mahal yang bisa dijangkau. Bisa-bisa uangmu sudah habis sebelum membayar berbagai pengeluaran lain.

Misalnya pajak, broker fee hingga biaya perawatan khusus bagi pembelian apartemen. Untuk itu, lebih bijak jika kamu bersikap konservatif dalam membeli rumah.

Dapatkan KPR bunga ringan di sini.

Tentang Penulis