Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pantai Terbaik untuk Menikmati Senja di Tanah Celebes

by Miftahul Khoer on 18 September, 2019

Matahari terbenam alias senja selalu tampak indah kalau dinikmati dari tepi pantai. Selain warna oranye yang menawan, menikmati senja di pantai juga disuguhkan suara deburan ombak yang akan menambah kesyahduan. Apalagi zaman sekarang secara spesifik ada anak indie yang dikenal dengan senja dan kopi.

Pantai Tempat Berselancar

Koleksi pantai yang dimiliki Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sangat terkenal akan keindahan sunset-nya. Penasaran pantai apa saja yang ciamik untuk berburu senja di Tanah Celebes? Berikut rekomendasinya:

1. Pantai Losari

Pantai Losari bisa disebut sebagai landmark-nya kota Makassar, ibukota Sulsel. Pantai tersebut menawarkan pemandangan yang sangat indah. Di lokasi ini, ada tiga anjungan yang bisa digunakan untuk memanjakan mata.

Setiap anjungan menawarkan panorama alam yang berbeda-beda. Kalau hari tengah cerah-cerahnya, senja terbaik juga sangat bisa dinikmati di sini dan tentu saja sangat sempurna.

Di Pantai Losari memang tidak seperti pantai yang lain, di sepanjang pantai ini kamu tidak akan menikmati kelembutan pasir seperti pantai pada umumnya, karena setiap tepiannya terhalang oleh beton.

Akan tetapi jangan kecewa dulu, karena disini tersedia berbagai wahana permainan air yang sangat seru, seperti banana boat, sepeda air, dah bahkan bisa berlayar dengan perahu. Di pantai ini, pengunjung juga bisa bebas memancing.

2. Pantai Tanjung Bira

Pantai ini sudah tidak asing lagi dan bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Pantai Tanjung Bira terkenal dengan degradasi paduan biru, putih dan hijau yang sangat mangagumkan, degradasi ini akan nampak jelas apalagi bila dilihat dari udara.

Tanjung Bira terletak sekitar 210 kilometer dari kota Makassar, bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 4-5 jam. Tepatnya berada di Kabupaten Bulukumba, sekitar 40 km dari pusat kota.

(Baca juga: Menikmati Wisata Pantai, Hutan, Sampai Gurun Pasir di Bintan)

Dengan buaian batu karang yang indah dan pasir putih yang sehalus terigu, pantai ini menjadi primadona baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai Tanjung Bira juga menyajikan sensasi panorama alam yang luar biasa.

Selain menyuguhkan senja terindah, di pantai ini kamu juga bisa menikmati pemandangan dua pulau di seberang yaitu pulau Liukang loe dan pulau kambing, yang tidak berpenghuni.

3. Pantai Baloiya

Pantai ini terletak di Kabupaten Selayar, kabupaten terujung di Sulsel. Kerennya, kabupaten ini memiliki sekitar 130 pulau, bisa dibayangkan dengan pulau sebanyak itu Selayar memiliki pantai yang indahnya tidak tertandingi, termasuk pantai Baloiya ini yang sangat eksotis.

Lokasi tepatnya Pantai Baloiya berada di Kecamatan Bontosikuyu, hanya 10 kilometer dari Kota Benteng, Kabupaten Selayar. Berbeda dari Tanjung Bira yang sudah amat terkenal dan mulai ramai, di Pantai Baloiya, senja bisa dinikmati seperti berada di pantai pribadi.

4. Pantai Lemo

Pantai Lemo berada di daerah Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel. Pantai Lemo telah menjadi destinasi wisatawan baik domestik dan mancanegara. Walau jaraknya cukup jauh dari Kota Makassar, namun suasananya akan membuat terlena dan tidak ingin cepat pulang.

Pasalnya, pantai ini menjadi salah satu pantai yang tepat untuk bersantai ria. Sebab, selain deburan ombak yang akan menemani, mata kamu juga akan dimanjakan dengan jejeran pohon kelapa yang sangat damai.

Tentu saja senja bisa kamu nikmati sambil menggelar tikar di atas pasir putih, ditemani kesayangan.

5. Pantai Mattirotasi

Pantai yang terletak di Jalan Mattirotasi, Parepare, kota kedua paling sibuk di Sulsel. Pantai ini juga memiliki pemandangan lepas ke arah Teluk Parepare.

(Baca juga: 5 Tempat Berselancar di Indonesia yang Wajib Dijajal Anak Pantai)

Pantai Mattirotasi memiliki beberapa gazebo, bangku taman, lintasan jogging, batu-batu andesit berukuran besar penahan abrasi, dan lapangan yang dimanfaatkan warga untuk berolahraga.

Pantai Mattirotasi ramai dikunjungi warga Parepare di hari Minggu dan hari libur untuk berolahraga dan bersantai. Lokasinya yang berada di tengah kota membuat pantai ini menjadi alternatif untuk anak muda Parepare berkumpul setiap hari.

Apalagi di kala sore hari, bukan hanya warga lokal, wisatawan pun akan berbondong-bondong ke pantai ini.

Nah kalau ada kesempatan main ke Celebes, jangan lupa mampir ke beberapa pantai di atas yah? Tentu akan jadi konten menarik juga di media sosial kamu. Selamat liburan, dan jangan lupa lindungi diri dan keluarga dengan asuransi perjalanan terbaik yang bisa didapatkan lewat CekAja.com!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami