Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Para Pengusaha Ini Jadi Kaya Karena Nyentrik

by Surtan Siahaan on 26 Desember, 2015

Banyak orang bertanya sebenarnya apa yang diperlukan agar bisa menjadi pengusaha sukses. Selain disiplin mengelola keuangan, salah satu jawabannya mungkin gaya yang nyeleneh bahkan sedikit gila. Tidak sedikit contoh membuktikan orang-orang yang berfikir ganjil seringkali menciptakan peluang.

Berikut ini sejumlah pengusaha yang kaya karena berfikir nyeleneh:

Nick Woodman

Pendiri GoPro, Nick Woodman, adalah contoh yang baik. Woodman adalah seorang pemburu adrenalin tingkat tinggi. Hampir semua olahraga ekstrem yang bisa membahayakan nyawa digemarinya.

Caranya yang aneh dalam menikmati hidup inilah yang menuntun dia menciptakan kamera yang cocok untuk orang-orang sepertinya. Sebelum menemukan GoPro, Woodman telah kehilangan dua bisisnya.

Ia pun memilih melupakan kesehidan dengan berselancar hingag akhirnya menemukan ide yang akan menuntunnya menjadi miliuner. Untuk menyempurnakan kameranya, Woodman bahkan menyepi selama berbulan bulan di dalam sebuah mobil VW tua.

(Baca juga: 10 Perusahaan Ini Malah Lebih Sukses Setelah Ganti Nama)

Elon Musk

Jika kamu penggemar film Iron Man, inilah orang yang menginspirasi Robert Downey Junior saat mengembangkan karakter Tony Stark. Seperti halnya Tony Stark, Elon Musk adalah seorang pengusaha nyentrik yang memiliki ide-ide gila.

Bos perusahaan mobil listrik Tesla Motors ini bahkan tengah mengembangkan proyek antariksa swasta. Nantinya, proyek ini akan memungkinkan orang awam yang memiliki uang untuk melakukan perjalanan wisata ke luar angkasa.

Tidak berhenti di situ, Elon Musk ternyata juga aktif membangun moda transportasi hiper cepat bernama Hyperloop. Dengan transportasi masa depan ini, seseorang dimungkinkan melakukan perjalanan ribuan kilometer hanya dalam hitungan 30 menit.

Sir Richard Branson

Pengusaha nyentrik ini dikenal dengan tampilan yang beda. Branson memang selalu konsisten dengan rambut gondrongnya. Pengusaha yang memiliki 200 perusahaan di lebih 30 negara dengan bendera Virgin Company ini juga masuk dalam daftar orang kaya karena nyeleneh.

Kesuksesan Branson disebabkan oleh tindakannya yang radikal dan sukar ditebak. Hal ini sudah terlihat ketika pengusaha yang selalu tampil santai ini memutuskan berhenti sekolah di umur 15 tahun. Dia berhenti sekolah untuk mulai berbisnis.

Dalam setiap kesempatan, Branson juga sering menyarankan agar anak muda meninggalkan sekolah dan menjalankan hal yang mereka senangi. Menurutnya, meningalkan sekolah merupakan keputusan yang akan membuat seseorang lebih berani.

Mau kredit mobil di 2016, ajukan saja di sini.

Jack Ma

Siapa tidak kenal Jack Ma. Pemilik Alibaba ini disebut sebut sebagai salah satu orang paling kaya di dunia karena kesuksesannya menjalankan Alibaba. Tapi Jack Ma adalah seorang yang unik.

Karena saat kecil dia tidak bisa masuk sekolah karena kemampuan matematikanya yang buruk, Jack Ma kecil yang tidak berputus asa memilih mendatangi hotel-hotel untuk belajar bahasa inggris.

Delapan tahun bergaul bersama banyak turis asing benar-benar mengubah cara pandangnya mengenai hidup. Dia pun merasa cara berfikirnya lebih luas dibandingkan penduduk China kebanyakan.

Jack Ma bahkan memiliki julukan Crazy Jack karena ide-ide bisnis nyeleneh dan ajaib yang dilontarkannya. Sebelum mendirikan Alibaba, Jack Ma bahkan sering ditinggalkan teman karena ide-ide bisnis fantastisnya tersebut.

(Baca juga: Ingin Sukses Memulai Usaha, Jangan Abaikan Hal Ini)

Bob Sadino

“Mau kaya? berhentilah sekolah atau berhentilah kuliah sekarang juga, and start action, karena ilmu di lapangan lebih penting daripada ilmu di sekolahan atau kuliahan”. Itulah salah satu kalimat Bob Sadino yang paling terkenal.

Di antara banyak pengusaha Indonesia, Bob Sadino mungkin salah satu yang paling dikenal karena keunikannya. Om Bob, begitu dia akrab dipanggil, tidak hanya nyeleneh di mulut namun juga dalam pikiran.

Salah satu buktinya ketika Bob sukses berbisnis telur ayam negeri. Saat usahanya sedang di atas angin, dia justru menjual seluruh peternakan ayamnya dan mendirikan supermarket organik. Rupanya keputusannya itu tepat karena banyak tetangga Bob yang akhirnya ikut-ikutan berbisnis peternakan ayam.

Mau tambah modal untuk bisnis? Ajukan di sini.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami