Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Pastikan Jaminan Hari Tua Ini Agar Pensiunmu Lebih Bahagia

by Rafly Aditia on 27 Mei, 2016

kaya saat pensiun_investasi - CekAja.com

Pensiun merupakan masa yang harus dipikirkan sejak kamu muda. Karena, lewat perencanaan yang terorganisir dengan baik maka masa pensiun dapat diarungi dengan rasa bahagia.

Kamu tidak perlu takut lagi untuk hal-hal yang berurusan dengan uang kalau kamu sudah mempersiapkan tabungan masa depan dengan baik. Kalau ingin memiliki masa pensiun lebih bahagia, caranya dengan memastikan bahwa kamu punya 5 hal berikut ini:

Asuransi kesehatan

Biasanya, di usia pensiun kamu akan lebih rentan terkena penyakit. Yang kamu hadapi bukan hanya penyakit biasa, seperti demam, dan penyakit tidak berbahaya lainnya. Risiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker, tumor, serangan jantung, stroke dan sebagainya akan meningkat seiring bertambahnya usia.

Baca juga: 4 Keuntungan BPJS Ketenagakerjaan, Tak Hanya Jaminan Hari Tua

Soalnya biaya pengobatan penyakit tersebut cukup mahal dan bisa menguras harta kekayaanmu. Maka kamu harus memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan akan sangat membantu ketika penyakit berbahaya yang membutuhkan biaya pengobatan mahal menyerang dirimu.

Punya BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai orang yang telah lama bekerja, kamu harus mempunyai BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan ini akan sangat berguna ketika pensiun nanti. Lewat kartu BPJS Ketenagakerjaan, kamu akan mendapatkan sejumlah dana pensiun. Dana pensiun ini nantinya bisa digunakan untuk banyak hal, salah satunya adalah menambah modal usaha.

(Baca juga: Lima Strategi Agar Kamu Jauh Dari Stres Pekerjaan)

Asuransi Jiwa

Setiap yang hidup pasti akan pergi untuk selamanya dari dunia ini. Sebagai orang yang bertanggung jawab, apalagi kalau kamu merupakan tulang punggung keluarga, tentu tidak ingin meninggalkan keluarga dengan beban yang berat. Di sinilah fungsi asuransi jiwa sangat bermanfaat.

Kamu bisa meninggalkan orang yang dikasihi tanpa harus memberatkan mereka secara finansial. Karena lewat asuransi jiwa, urusan finansial keluarga yang ditinggali dapat teratasi.

Pesangon di kantor

Pastinya, kalau sudah memikirkan pensiun kamu berpikir tentang pesangon. Apalagi kalau kamu sudah cukup lama bekerja untuk sebuah perusahan, misalnya sampai berpuluh-puluh tahun lamanya. Sudah menjadi hakmu untuk mendapatkan sejumlah uang pesangon sesuai dengan peraturan dan UU yang berlaku.

Jadi, pastikan bahwa kantor membayar uang pesangon dengan jumlah yang sesuai menurut UU dan kontribusimu selama ini. Dengan uang pesangon, kamu bisa melanjutkan hidup dengan baik selama dapat mengaturnya secara baik pula.

Investasi

Jangan pernah melupakan investasi. Kalau sudah memutuskan untuk pensiun, pastikan kalau kamu memiliki investasi yang cukup dan menjanjikan. Mengapa? Karena investasi merupakan hal yang wajib ada ketika memasuki masa pensiun mengingat kamu tidak lagi menerima gaji bulanan dari kantor.

Dengan uang yang dikembangkan lewat investasi kamu bisa menjalani sisa hidupmu dengan baik. Bahkan, bila investasi sudah menggunung dan sangat menjanjikan masa pensiunmu dapat terasa lebih indah dibandingkan dengan masa keemasan.

(Baca juga: Biaya Untuk Menikah Kurang, Apa Solusinya?)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.