Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pebisnis Online Wajib Tahu: Cara Cek Resi Wahana Express

by Miftahul Khoer on 4 November, 2019

Pengiriman paket menjadi sarana yang krusial dalam aktivitas jual beli online. Pada setiap transaksi, penjual akan mengirimkan barang yang dipesan kemudian memberikan nomor resi kepada pembeli. Selain sebagai bukti kirim, resi ini berguna untuk melacak status pengiriman barang. Oleh karena itu, baik sebagai penjual maupun pembeli, kamu harus menyimpan baik-baik resi bukti pengiriman ini.

cek resi Wahana

Resi pengiriman biasanya tersusun dari angka-angka, atau kombinasi huruf dan angka yang unik. Artinya, setiap nomor resi hanya berlaku untuk satu paket pengiriman. Melalui nomor resi tersebut, kamu bisa mendapatkan informasi terkait pengiriman paket yang dilakukan oleh pihak ekspedisi. Resi pengiriman biasanya memuat beberapa informasi seperti alamat tujuan, nama pengirim, jenis barang, berat barang, dan lain sebagainya.

Di Indonesia, terdapat banyak pilihan jasa ekspedisi. Salah satunya adalah Wahana Prestasi Logistik atau yang biasa disebut dengan Wahana Express. Masing-masing perusahaan penyedia jasa ekspedisi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa dijadikan pertimbangan. Salah satu keunggulan yang bisa dipertimbangkan dari Wahana Express adalah tarif pengirimannya yang termasuk sangat murah mulai dari Rp5.000 saja.

Kalau kamu sedang atau akan menggunakan jasa ekspedisi Wahana Express, ada baiknya kamu mengetahui cara cek resi Wahana. Selain untuk memantau pengiriman barang, kamu juga bisa menggunakan fasilitas ini untuk mengecek keaslian nomor resi dan kejujuran penjual.

Berikut ini beberapa cara cek resi Wahana Express:

1. Cek situs resmi

Sama halnya seperti penyedia jasa ekspedisi profesional lain, Wahana telah menyediakan website resmi yang menyediakan berbagai macam fasilitas. Kamu bisa langsung mengetikkan alamat website resmi www.wahana.com ke browser kamu.

Setelah terbuka, di homepage kamu akan melihat beberapa fitur yang disediakan seperti Lacak Kiriman, Cek Tarif, juga Cari Agen.

Untuk cek resi kiriman, kamu bisa langsung pilih fitur Lacak Kiriman. Masukkan nomor resi ke kolom yang disediakan kemudian klik tombol Lacak. Tak lama kemudian akan muncul laporan status pengiriman barang kamu lengkap dengan lokasi dan jam. Kalau paket barangmu sudah terkirim, maka akan terdapat nama penerima barang sehingga kamu bisa mengetahui siapa yang menerima kalau kebetulan bukan kamu sendiri yang menerima.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur Cek Tarif untuk mengetahui tarif kiriman. Kamu juga bisa menggunakan fitur Cek Agen untuk mengetahui lokasi agen Wahana Express terdekat.

(Baca juga: Saingan Ketat di Jagat Bisnis Online? Yuk, Manjakan Konsumen!)
2. Melalui aplikasi

Untuk meningkatkan layanan, Wahana Express telah mengembangkan aplikasi untuk mempermudah pelanggan. Aplikasi tersebut sudah dapat ditemukan di Google Play Store dalam format Beta. Kamu bisa coba aplikasi ini dengan cara mengunduhnya langsung dari Play Store.

Setelah terpasang, buka aplikasi. Di halaman depan, akan terdapat berbagai pilihan menu utama seperti yang terdapat di website yaitu Lacak, Cek Tarif, Cek Agen, dan Kirim.

Untuk cek resi, kamu bisa langsung pilih fitur Lacak. Masukkan nomor resi di kolom yang telah disediakan. Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi mengenai status kiriman kamu.

Kamu juga bisa mengecek tarif paket kiriman dengan menggunakan fitur Cek Tarif. Kamu cuma perlu memasukkan kota tujuan, kota asal, dan berat barang. Nanti tarif pengiriman barang akan dikalkulasikan secara otomatis.

Di aplikasi ini juga tersedia fitur Cek Agen yang bisa kamu gunakan untuk menemukan lokasi agen Wahana terdekat. Fitur ini sudah terhubung dengan Google Maps sehingga akan memudahkanmu.

3. Datang langsung ke kantor Wahana

Kalau kamu sedang butuh untuk mengecek resi kirimanmu tapi kamu tidak bisa menggunakan kedua cara di atas karena terkendala oleh berbagai hal seperti tidak tersedianya koneksi internet, kamu tetap bisa melacak resi kiriman dengan cara datang langsung ke kantor atau agen Wahana Express terdekat. Nanti petugas akan membantumu dengan menanyakan nomor resi kiriman dan menginformasikan status kiriman serta akan membantumu kalau misalnya terdapat masalah dengan pengiriman.

Demikian tadi cara cek resi Wahana yang bisa kamu coba. Dalam melakukan transaksi online, kamu harus bijak memilih baik penjual maupun layanan yang kamu pakai. Namun setidaknya, transaksi online akan terasa lebih nyaman dan aman kalau kamu bisa memantau status kiriman dengan cara cek resi kiriman, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

(Baca juga: Mau Bisnis Online Laris Manis? Ini 5 Kiatnya)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.