Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Pedoman Memilih Asuransi Kesehatan Murah (2)

by JTO on 1 September, 2014

Berbicara tentang asuransi kesehatan tentu saja tidak akan ada habisnya. Dengan banyaknya pilihan asuransi yang ada pasaran, kita tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan kita. Namun hal ini bisa jadi bumerang juga, apabila kita tidak tahu cara memilih asuransi kesehatan yang tepat.

Alih-alih mendapatkan pertanggungan kesehatan yang memuaskan, malah akhirnya kantong jebol. Selain itu, memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kocek kita juga bukanlah perkara mudah. Kita perlu banyak membaca dan membandingkan asuransi satu dengan asuransi lainnya. Walau demikian, bukan berarti mencari asuransi kesehatan yang murah jadi mustahil. (Baca juga: Hindari 7 Penyakit Ini dengan Rutin Berolahraga)

Pada artikel sebelumnya tentang memilih asuransi kesehatan murah, telah dibahas empat langkah yang sebaiknya kita lakukan sebelum memilih asuransi. Langkah tersebut adalah memilih asuransi kesehatan murni, memiliki sistem cashless, memiliki jaringan kerja sama rumah sakit yang luas, dan memilih premi yang tepat.

Pada artikel ini, akan dijelaskan beberapa langkah tambahan yang juga tidak kalah penting dengan langkah-langkah sebelumnya. Apa saja?

Prioritaskan Rawat Inap

Nantinya saat kita diberi pilihan fasilitas pertanggungan oleh pihak asuransi, akan ada pilihan fasilitas pertanggungan untuk rawat inap serta rawat jalan. Tentu saja kita bisa memilih kedua-duanya demi kenyamanan di masa depan. Hanya saja jika bujet kita terbatas, kita perlu memberi proritas pada pertanggungan rawat inap. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan biaya rawat inap biasanya lebih mahal daripada biaya rawat jalan. Sementara kebanyakan biaya rawat jalan sering melulu masalah obat dan biaya pemeriksaan, rawat inap membutuhkan biaya yang lebih bermacam-macam jenisnya seperti biaya kamar, biaya makan, dan lain sebagainya. Kenyamana kita di rumah sakit juga perlu diperhatikan, karena bagaimana pun menggunakan kamar sendiri lebih nyaman jika dibandingkan menggunakan bangsal untuk lima orang. (Baca juga: 5 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Musim Hujan, Pastikan Asuransi Kesehatanmu Menanggungnya)

Prioritaskan Limit Gabungan

Limit adalah batas maksimal biaya pertanggungan yang bisa kita gunakan. Biasanya ada dua macam limit yang digunakan oleh perusahaan asuransi. Pertama, limit per perawatan. Limit ini membatasi jumlah uang yang bisa kita gunakan dalam satu kali perawatan. Artinya, seandainya biaya perawatan kita melebihi limit, maka sisa biaya yang belum terbayar harus kita tutup dari dompet kita sendiri. Kedua, limit gabungan. Limit ini memberi batasan jumlah uang yang bisa klaim namun dalam jumlah total semua perawatan. Limit ini tentu lebih fleksibel digunakan, karena kita bisa dengan leluasa mengatur biaya per perawatan sendiri. Karena itu, asuransi yang menggunakan limit gabungan merupakan pilihan yang paling ideal.

Pastikan Masa Tunggu Penyakit

Dalam asuransi kesehatan terdapat beberapa penyakit yang baru bisa masuk pertanggungan setelah jangka waktu tertentu. Jangka waktu ini biasanya disebut sebagai masa tunggu. Masa tunggu bisa bervariasi mulai dari beberapa bulan bahkan setahun. Penyakit yang memiliki masa tunggu ini ada bermacam-macam, tergantung kebijakan perusahaan asuransi pilihan kita. Karena itu, lebih baik kita menanyakan daftar penyakit tersebut dan juga menanyakan masa tunggunya.

Langsung ke Perusahaan Asuransi

Datang langsung ke perusahaan asuransi pilihan kita merupakan pilihan yang bijaksana. Karena banyaknya macam produk asuransi dan juga rumitnya sistem asuransi itu sendiri, maka kita perlu untuk mendengar langsung tentang produk yang ditawarkan langsung oleh agen asuransi dan jika diperlukan kita bisa bertanya secara detail tentang produk yang menarik minat kita. Jangan terburu-buru mengiyakan penawaran asuransi yang datang melalui telepon!  Seandainya kita tertarik dengan produk yang ditawarkan melalui telepon, sebaiknya kita meminta nomor kontak dan alamat agen asuransi tersebut. Pikirkan dulu semalam atau dua malam sebelum memutuskan untuk menghubungi agen yang tadinya menelepon kita. Setelah itu sebaiknya kita mendatangi perusahaan asuransi tempat agen tersebut bekerja untuk keamanan. (Baca juga: Ada 4 Penyakit Penyebab Terbesar Kematian, Bagaimana Atasinya?)

Empat langkah terakhir untuk memilih asuransi kesehatan murah sudah dipaparkan di artikel ini. Perlu diketahui, arti dari asuransi kesehatan murah di sini adalah asuransi kesehatan yang memenuhi kebutuhan kita, bukan sekedar murah-murahan saja. Asuransi kesehatan bisa jadi sedikit lebih mahal dari perkiraan kita namun kesehatan kita tidak ternilai harganya.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.