Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pejabat Negara Kompak, Indonesia Tak Terjangkit Virus Corona

by Miftahul Khoer on 12 Februari, 2020

World Health Organization (WHO) mencatat korban meninggal dunia akibat virus Corona di China hingga Selasa, 12 Februari 2020 sudah mencapai 1.110 orang.

virus korona china

Saat ini WHO mengusulkan nama resmi penyakit tersebut yakni Covid-19 sejalan dengan kemunculan penyakit tersebut pada akhir tahun 2019.

Virus tersebut menjadi pembicaraan hangat di seluruh dunia. Hampir di setiap negara mewaspadai adanya virus tersebut, termasuk di Indonesia.

Namun, para pejabat negara mengungkap bahwa Indonesia tidak termasuk sebagai salah satu negara yang terjangkit wabah virus Corona. Dampak yang selama ini dikhawatirkan banyak orang juga tidak terlihat.

(Baca juga: Virus Novel Corona Sudah Sampai Indonesia?)
1. Menteri Terawan Agus sebut virus Corona tidak masuk Indonesia

Informasi yang berseliweran di media sosial bahwa virus Corona sudah masuk Indonesia dibantah oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Ia menyebutkan hingga saat ini virus tersebut tidak masuk Indonesia.

“Di era keterbukaan saat ini, , itu berkat Yang Maha Kuasa dan percaya itu doa kita semua, kita nggak mengharapkan untuk ada,” kata Terawan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, seperti dilaporkan CNBC Indonesia pada Selasa (11/2/2020).

Indonesia, klaim Terawan telah memiliki alat canggih yang sudah teruji yakni Polymerase Chain Reaction atau (PCR) untuk memeriksa masuknya virus tersebut ke Indonesia.

DIa mengatakan pemerintah selama ini tidak menutup-nutupi fakta terkait adanya virus tersebut di Indonesia.

2. Menteri Luhut tak ambil pusing

Salah satu negara tetangga yang meningkatkan status kesiagaan akibat virus Corona adalah Singapura.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan mengaku tak ambil pusing dengan status siaga Singapura.

“Biarin saja dia, kan enggak urusan kita itu,” ujar Luhut di Kantor Kementerian Maritim dan Investasi, Jakarta, Selasa, 11 Februari 2020, seperti dilaporkan Tempo.co.

Sejak virus Corona mewabah di China dan beberapa negara lain, Indonesia memang gerak cepat mengantisipasi masuknya virus ganas tersebut.

Misalnya, para petugas mengantisipasi dengan mengecek kedatangan orang-orang yang masuk ke Indonesia mulai dari bandara hingga pelabuhan.

3. Menteri Sri Mulyani sebut sektor keuangan masih aman

Selain kekhawatiran terhadap sektor kesehatan dan transportasi, virus Corona dikhawatirkan juga berimbas terhadap sektor keuangan negara.

Namun, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan hingga saat ini belum ada risiko yang berdampak terhadap pembiayaan yang disalurkan perbankan.

“Hingga saat ini belum ada dampak. Nanti kita antisipasi kondisinya,” ujar Sri Mulyani di Istana Bogor, Selasa 11 Februari 2020.

Berbeda dengan China, sektor ekonomi sangat berpengaruh dengan mewabahnya virus tersebut, terutama bisnis-bisnis kecil sehingga para pengusaha tidak mampu membayar pinjaman kepada perbankan.

4. Jokowi bersyukur

Ribut-ribut 62 warga Indonesia yang dicurigai terjangkit virus Covid-19 langsung dibantah oleh Presiden Jokowi.

Dia menyatakan hasil pengecekan Kementerian Kesehatan, ke-62 orang tersebut negatif terjangkit.

“Kemarin ada 62 yang suspect tapi setelah dicek semuanya, pada posisi negatif. Ini patut kita syukuri,” ujar Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna terkait Antisipasi Kebijakan Ekonomi Global di Istana Kepresidenan, Bogor, Jakarta seperti dilaporkan CNN Indonesia.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengecek 64 orang Indonesia yang dicurigai terkena virus mematikan itu. Dari jumlah tersebut, sebanyak 62 dinyatakan negatif dan dua lagi masih dalam tahap pemeriksaan.

(Baca juga: Vaksin Novel Corona Sudah Ditemukan? China Bakal Patenkan Remdesivir)
Negara-negara terjangkit virus Corona

Selain di Wuhan, China, virus Corona juga menyerang negara-negara lain yakni Malaysia, Singapura, Taiwan Thailand, Vietnam, Jepang, Jerman, Prancis, Kamboja, Kanada, Australia, hingga Amerika Serikat.

Pernyataan Presiden Jokowi patut diamini bahwa Indonesia harus bersyukur tidak terjangkit dan diharapkan memang benar-benar tidak masuk wabah virus Corona.

Para peneliti menyatakan beberapa alasan Indonesia tidak dimasuki virus Corona lantaran memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata mencapai 35-37 derajat celcius sehingga sinar matahari bisa menonaktifkan virus tersebut.

Namun, bukan berarti Indonesia akan terus aman dari virus Corona. Sebagai bangsa, negara harus serius mencegah datangnya Corona yang bisa menyerang siapa saja warga Indonesia.

Tapi kita patut mendukung upaya pemerintah yang selama ini berusaha terus mengantisipasi agar virus Corona tidak masuk ke Indonesia sehingga warga Indonesia tetap sehat dan perekonomian tidak terganggu.

Terpenting jaga kesehatan diri dan keluarga. Biasakan cuci tangan setelah melakukan aktivitas apapun dan lengkapi perlindungan kesehatan dengan asuransi kesehatan.

Bingung pilih produk yang mana? Ajukan di CekAja.com dan temukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.