Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pekan Menyusui: Follow Influencer dan Akun Inspiratif Seputar ASI Yuk!

by Tisyrin N. T on 6 Agustus, 2019

Mumpung masih berada dalam Pekan Menyusui Sedunia (World Breastfeeding Week) yang berlangsung setiap tanggal 1-7 Agustus, mari kita mengenal para influencer serta akun Instagram inspiratif yang banyak berbagi tips seputar air susu ibu (ASI) yuk!

tips seputar ASI - Instagram

Menjalankan peran sebagai ibu menyusui memang tak semudah yang terlihat. Apalagi bagi seorang ibu baru yang belum berpengalaman. Tentunya ketika bertemu kendala ini itu, akan mudah merasa panik dan bingung. Nah, untungnya para ibu zaman now mudah sekali dalam mengakses informasi termasuk lewat media sosial Instagram.

Instagram bukan cuma untuk pamer lho, karena tak sedikit orang yang memanfaatkan media sosial yang satu ini untuk berbagai berbagai tips dan ilmu yang sangat berguna. Apalagi semenjak Instagram mengeluarkan fitur Instagram Story dan penggunanya dapat mengelompokan unggahannya pada Highlight dengan memberi tema tertentu. Dengan begitu, para pengikut sebuah akun Instagram dapat dengan mudah membaca berbagai unggahan yang menarik.

Nah, buat kamu para ibu menyusui, jangan dulu panik dan bingung ya kalau ketemu berbagai masalah saat menyusui. Kamu bisa follow para influencer serta akun inspiratif berikut ini yang bisa jadi problem solver buat kamu:

1. @olevelove

Akun milik seorang working mom bernama Citra Ayu Mustika ini punya 108.000 pengikut. Tidak salah kalau pengikutnya bejibun, karena akun Instagram @olevelove ini banyak berbagi tips seputar ASI. Citra bahkan menyebut dirinya sebagai tetegram karena banyak berbagi seputar ASI di Instagram.

Citra adalah ibu dari dua orang anak yaitu Zaida dan Faiza. Lewat akun Instagram @olevelove, Citra banyak bercerita tentang perjalanan menyusui kedua buah hatinya. Mengingat dirinya menyusui anak pertama dalam kondisi hamil anak kedua, Citra juga berbagai tips bagaimana menyusui ketika hamil. Wanita yang bekerja di salah satu bank BUMN ini juga banyak berbagi tips seputar pumping (memompa) ASI.

Kamu juga bisa menemukan berbagai pembahasan lain mulai dari tips ASI untuk ibu rumah tangga (IRT) sampai pembahasan mengenai bingung puting dan media untuk minum ASI perah (ASIP). Uniknya, Citra juga berbagi tips seputar kehidupan pasutri melalui akun Instagramnya.  

(Baca juga: Manfaat Ruang Laktasi Bagi Busui Kantoran)
2. @rennatapranata

Seorang ibu bernama Rennata Hartati Pranata juga tak sungkan berbagai tips seputar ASI melalui akun Instagram @rennatapranata. Rennata adalah ibu dari Byantara dan Bianca. Nah, kalau ibu-ibu lain banyak mengandalkan alat pompa ASI baik elektrik atau manual, Rennata justru hanya menggunakan tangannya saja untuk memompa ASI.

Maka, Rennata pun menjelaskan berbagai hal seputar marmet kepada para pengikutnya di Instagram. Marmet adalah teknik memerah ASI menggunakan tangan tanpa bantuan mesin pompa atau alat penyedot. Nah, teknik ini juga akan sangat berguna bagi para ibu yang terbiasa menggunakan pompa ASI tetapi suatu ketika lupa membawa peralatannya. Kalau kamu penasaran sama teknik ini, segera saja follow akun @rennatapranata ya!

Rennata juga membahas tentang banyak hal menarik lainnya termasuk cara menyajikan ASIP yang benar, tips membawa ASIP beku saat mudik atau liburan, tips seputar ASI ketika listrik mati, jadwal pumping, dan lain-lain. Berkat unggahannya yang inspiratif, akun @rennatapranata ini sudah memiliki hingga 45.000 pengikut.

3. @asiku.banyak

Akun Instagram @asiku.banyak memiliki hingga 163.000 pengikut karena unggahannya terbilang sangat lengkap membahas berbagai hal seputar ASI. Kalau kamu ibu baru yang masih awam sekali soal ASI dan menyusui, segera deh follow akun ini.

Kamu akan menemukan pembahasan mengenai posisi menyusui, pumping, ASIP, menyusui ketika sakit, dan sebagainya. Kalau kamu punya masalah seputar menyusui seperti puting lecet dan flat nipple alias puting datar, kamu juga bisa menemukan jawaban solusinya di akun ini.

Jadi, sebelum panik dan bingung, ada baiknya kamu baca-baca dulu berbagai pembahasan yang diunggah akun @asiku.banyak ya! Semangat menyusui!

(Baca juga: Coba 8 ASI Booster Ini, Bisa Sampai Tumpah Lo!)
4. @tyaagustyana

Akun Instagram @tyaagustyana ini adalah milik seorang working mom yang harus menjalani eping alias exclusive pumping. Maksudnya adalah, sang anak yang bernama Keenan berhenti menyusui secara langsung (direct breastfeeding) sejak usia 4 bulan dan hanya minum ASIP dari botol susu karena suatu alasan.

Kalau kamu ingin tahu lebih jauh seputar eping, coba saja follow akun yang punya 4.546 pengikut ini. Namun, karena usia anaknya telah menginjak lebih dari dua tahun, @tyaagustyana tidak lagi banyak membagikan informasi tentang ASI. Kamu bisa menelusuri unggahan-unggahan lamanya ketika masih menyusui jika ingin menemukan pembahasan mengenai tips seputar ASI.

Di akun ini, kamu bisa baca-baca soal bagaimana menyiasati ketika produksi ASI sedikit dan harus kejar tayang. Maksudnya yaitu ketika tidak mampu mengumpulkan stok ASI di freezer karena jumlahnya sedikit sehingga harus langsung memberikannya pada bayi.

Kamu juga akan menemukan tips menarik lain seputar mastitis (radang payudara), kapan dot atau botol harus diganti, bayi bingung puting, hingga tips menyapih.

Nah, kalau kamu butuh alat pembayaran praktis untuk membeli berbagai alat tempur bagi ibu menyusui, manfaatkan saja kartu kredit. Cek pilihannya di CekAja.com!

 

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami